BRI Fellowship Journalism Kembali Dibuka, Ini Persyaratannya

Untuk para jurnalis di seluruh Indonesia nih

Jakarta, IDN Times – Dalam rangka mendukung dan mengembangkan insan pers/media yang berkompetensi tinggi, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atau BRI kembali menyelenggarakan BRI Fellowship Journalism 2023.

Pelaksanaan program beasiswa magister atau S-2 yang ditujukan untuk insan media ini menjadi yang ke-4 kalinya dan merupakan bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR) BRI Peduli.

Tak hanya itu, program ini juga menjadi bukti nyata dari komitmen perseroan untuk terus berupaya menciptakan economic dan social value, dengan mengusung tema "Kebangkitan UMKM Indonesia melalui Transformasi Digital".

1. BRI mendukung keberlanjutan karir bagi para jurnalis

BRI Fellowship Journalism Kembali Dibuka, Ini PersyaratannyaWakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto (Dok . BRI)

Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto mengungkapkan bahwa BRI senantiasa terlibat aktif dalam memberikan kontribusi yang berdampak nyata bagi masyarakat, salah satunya termasuk insan media. Menurutnya, peran insan pers sangat penting karena merupakan pionir dan jembatan informasi bagi publik.

"Dengan adanya BRI Fellowship Journalism 2023, diharapkan akan dapat mendukung keberlanjutan karir bagi para jurnalis. Dukungan BRI ini juga didedikasikan untuk para jurnalis yang menghadapi kesulitan ekonomi akibat dampak pandemi pada beberapa tahun terakhir", ujarnya.

BRI sebagai bank terbesar di Indonesia yang fokus dalam pemberdayaan UMKM secara nasional, mengajak insan media untuk turut serta membangkitkan semangat UMKM Indonesia melalui karya mereka. Tulisan, foto, maupun karya jurnalistik lainnya diyakini dapat membawa semangat optimisme bagi khalayak publik, terutama para pelaku usaha UMKM.

2. Terbuka bagi reporter, fotografer, dan editor

BRI Fellowship Journalism Kembali Dibuka, Ini PersyaratannyaPenerima BRI Fellowship Journalism 2021 (Dok. BRI)

BRI Fellowship Journalism 2023 terbuka bagi reporter, fotografer, dan editor se-Indonesia yang ingin berkontribusi menyokong kebangkitan UMKM Indonesia melalui transformasi digital.

Calon pendaftar bisa mengirimkan karya jurnalistik-nya berupa artikel, foto, dan video dengan melampirkan 1 buah link pemberitaan dengan tema ‘Kebangkitan UMKM Indonesia melalui Transformasi Digital’ atau ‘Tanggung Jawab Sosial BRI untuk Negeri’.

Naskah harus orisinil, tidak mengandung SARA dan pornografi, serta ditulis selama periode Januari - Februari 2023. Seluruh persyaratan dikirimkan melalui website https://bri.co.id/fellowshipjournalism dengan periode pendaftaran dibuka pada tanggal 1 - 28 Februari 2023, kemudian pengumuman Hasil Seleksi pada bulan Maret 2023, journalist on site: Maret - April 2023, dan pengumuman peraih beasiswa pada Mei 2023.

Perlu diketahui, hanya karya jurnalistik terbaik yang nantinya diikutkan dalam Journalist Schollarship.

3. Maksimal berusia 40 tahun dan sudah UKW

BRI Fellowship Journalism Kembali Dibuka, Ini PersyaratannyaPerwakilan jurnalis yang lolos seleksi BRI Fellowship Journalism 2021 menerima hadiah beasiswa kuliah S2 dari BRI Peduli, Kamis (7/4/2022). (dok. BRI Peduli)

Sementara syarat khusus lainnya yakni; calon peserta merupakan jurnalis media (online/cetak/elektronik) se-Indonesia, sudah lulus S-1, sudah mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) minimal sertifikasi wartawan muda, bekerja di media yang terdaftar resmi di Dewan Pers, berusia maksimal 40 tahun pada 31 Januari 2023, dan mengisi formulir pernyataan kesediaan mengikuti Program Journalist on Site selama 2 bulan, seandainya terpilih sebagai finalis.

Baca Juga: Lewat Lenong Singkat, Penerima Beasiswa BRI Ajarkan Murid SD Menabung

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya