Comscore Tracker

6 Hal Positif yang Akan Kamu Rasakan dari Patah Hati 

Ikhlas adalah obat sakit hati terbaik

Medan, IDN Times - Perihal patah hati, wajar terjadi jika kamu memutuskan untuk memulai sebuah cinta dan membangun hubungan. Setiap konsekuensi harus siap kamu terima walaupun itu sangat menyakitkan.

Namun, patah hati tak selamanya berdampak buruk. Untuk bisa merasakan hidup yang tenang, terkadang kamu butuh untuk pernah merasakan sakit hati. Sakit hati akan menempah hatimu untuk menjadi pribadi yang lebih kuat. Tak hanya itu, ternyata banyak juga hal-hal yang berdampak positif bagimu. Berikut IDN Times merangkumnya!

1. Menemukan definisi cinta yang sebenarnya

6 Hal Positif yang Akan Kamu Rasakan dari Patah Hati Photo by Anthony Tran on Unsplash

Setiap orang pasti memiliki definisi cinta yang berbeda-beda karena pelajaran dan pengalaman pun tidak sama. Seseorang yang telah menemukan cinta sejatinya, mereka pasti akan beranggapan bahwa cinta merupakan sebuah hal yang paling membahagiakan di dunia.

Sebaliknya, orang-orang yang terluka karena cinta pasti akan menganggap bahwa hal tersebut merupakan racun yang bisa melukai hati. Dengan sakit hati yang kamu rasakan karena patah hati, kamu pasti akan menemukan definisi cinta versimu sendiri. Hal itu akan bisa sangat bermanfaat bagi perjalanan cintamu selanjutnya.

2. Dirimu akan belajar bahwa rasa sayang bukan untuk main-main

6 Hal Positif yang Akan Kamu Rasakan dari Patah Hati Unsplash.com/abigailfaith

Ketika kamu dikhianati oleh cinta, dirimu pasti beranggapan bahwa orang yang mengkhianatimu adalah paling jahat di antara manusia lain. Selain itu, kamu juga pasti merasa bahwa cinta yang seharusnya tidaklah seperti itu.

Cinta merupakan sebuah hal yang sangat suci dan tak boleh dibuat main-main. Kamu pasti akan belajar dari sakit hatimu itu tentang bagaimana menghargai cinta dan memperlakukannya seperti selayaknya. Pikiranmu yang seperti itu akan sangat membantumu untuk meminimalisir kegagalan cinta yang mungkin saja terjadi bagi perjalanan cintamu selanjutnya.

3. Ikhlas adalah obat sakit hati terbaik

6 Hal Positif yang Akan Kamu Rasakan dari Patah Hati pexels.com/Ismael sanchez

Banyak orang setuju bahwa ikhlas adalah obat sakit hati terbaik. Namun tidak seperti mudahnya dalam pengucapan, mempraktikkan diri untuk selalu ikhlas adalah hal yang tersulit di hidup ini.

Bagaimana tidak sulit, membiarkan orang tersayang pergi begitu saja adalah hal yang cukup menyakitkan. Meskipun dia memang telah menyakitimu, tetapi rasa sayang itu tidak akan luntur seketika. Dengan patah hati yang kamu alami, dirimu akan belajar bagaimana seni mengikhlaskan yang sebenarnya. Ingatlah bahwa semua hal akan bisa karena terbiasa, tidak terkecuali mengikhlaskan.

Baca Juga: 5 Perilaku Sepele Ini Bisa Memperburuk Sakit Hati yang Kamu Alami

4. Kamu pasti memiliki tekad untuk bisa lebih baik dari sebelumnya

6 Hal Positif yang Akan Kamu Rasakan dari Patah Hati hipwee.com

Kamu pasti memiliki tekad untuk bisa lebih baik dari sebelumnya. Semua orang pasti menginginkan hal itu karena beranggapan bahwa terjebak di ruang yang hampa adalah hal yang paling tak mengenakkan. Air mata yang kamu kucurkan ketika dia pergi, akan membuatmu menjadi lebih kuat dari sebelumnya.

5. Percayalah bahwa semua yang kamu lakukan di dunia ini pasti ada timbal baliknya

6 Hal Positif yang Akan Kamu Rasakan dari Patah Hati unsplash.com

Dengan patah hati yang diderita, kamu pasti menginginkan hubungan percintaan yang tidak kandas lagi. Satu-satunya cara untuk mewujudkan hal tersebut adalah dengan memperbaiki diri. Percayalah bahwa semua yang kamu lakukan di dunia ini pasti ada timbal baliknya.

6. Kamu akan lebih mengerti bagaimana sebuah perasaan harus dihargai

6 Hal Positif yang Akan Kamu Rasakan dari Patah Hati pexels.com/matheus ferrero

Tidak semua manusia memiliki tingkat kerapuhan hati yang sama. Cobalah melihat pada dirimu sendiri, ketika seseorang menyakitimu, apakah kamu bisa sangat tegar seperti tidak ada yang terjadi padamu? Jika tidak, jangan menyalahkan pada dirimu sendiri. Kapasitas hati setiap orang memang tidak bisa digeneralisir. Sakit hati yang kamu terima bertubi-tubi akan membuatmu lebih memahami apa arti menghargai.

Baca Juga: Berhenti Bohong, 5 Tanda Ini Jelas Menunjukkan Kalau Kamu Sakit Hati

Topic:

  • Masdalena Napitupulu
  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya