Comscore Tracker

5 Cara untuk Mengatasi Kebiasaan Suka Menunda Pekerjaan

Akibatnya terpaksa buru-buru saat deadline

Tahukah kamu? Kebiasaan suka menunda-nunda pekerjaan malah akan membuatmu menjadi lebih ribet, karena pekerjaan yang seharusnya bisa selesai di awal malah menjadi menumpuk. Akhirnya malah membuatmu ngebut mengerjakan semuanya dengan secepat mungkin. Malah bisa-bisa kamu menyelesaikan pekerjaanmu tersebut sudah mepet dengan tanggal deadline, sehingga membuatmu jadi lembur.

Padahal jika kamu mengerjakan sebelumnya dan tidak menundanya maka hal tersebut tidak akan terjadi. Jika sudah seperti itu, selain membuat ribet dirimu sendiri, hasil pekerjaanmu juga tidak maksimal karena kamu yang terburu-buru menyelesaikannya. Sehingga yang namanya double check pekerjaan bisa saja terlewatkan karena keterbatasan waktu yang kamu miliki.

Kamu bisa mengatasi kebiasaan menunda pekerjaan dengan tersebut dengan lima cara ini. 

1. Pekerjaan kecil akan menumpuk jika tidak langsung dikerjakan

5 Cara untuk Mengatasi Kebiasaan Suka Menunda Pekerjaanilustrasi bekerja (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Suka menunda pekerjaan biasanya terjadi saat kamu sedang bekerja, kemudian datang pekerjaan lainnya. Selain berpikir nanggung karena sedang bekerja, kamu juga berpikir bahwa pekerjaan yang datang tersebut adalah pekerjaan kecil atau sepele, sehingga kamu berpikir bisa nanti melakukannya. Namun sayangnya, justru pekerjaan yang kecil atau sepele tersebutlah yang mudah terlupakan.

Ingatlah bahwa pekerjaan kecil sekalipun jika kamu biarkan menumpuk, maka akan menjadi besar dan akhirnya menimbulkan masalah untukmu, misalnya terlewatkan untuk kamu kerjakan. Oleh karena itu, jika memang pekerjaan tersebut adalah pekerjaan yang kecil, maka sebaiknya langsung kamu kerjakan. Tidak ada salahnya menyisipkan sebentar pekerjaan kecil tersebut di sela-sela pekerjaan yang sedang kamu kerjakan sekarang. 

2. Hilangkan kekhawatiran yang berlebihan pada pekerjaan tersebut

5 Cara untuk Mengatasi Kebiasaan Suka Menunda Pekerjaanilustrasi mood buruk (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Sering kali yang terjadi saat menunda-nunda pekerjaan adalah kamu yang terlalu overthinking terhadap pekerjaan tersebut. Kamu memiliki kekhawatiran yang terlalu berlebihan, seperti takut salah mengerjakannya karena mood-mu yang sedang buruk atau kamu merasa tidak cukup waktu untuk mengerjakannya karena sudah mau jam pulang kerja. Padahal tidak ada salahnya kamu mengerjakan seadanya jika memang waktu kerjamu sudah mau berakhir.

Lebih baik kamu mencicil pekerjaan tersebut hingga jam kerjamu selesai, dibandingkan kamu menunda-nunda pekerjaan tersebut untuk esok harinya. Kecuali kamu ada kegiatan atau hal lain yang lebih urgent untuk kamu lakukan. Jangan buang waktumu dengan tidak melakukan apa-apa dan hanya menunggu jam pulang kerja yang sebentar lagi datang atau jika mood-mu sedang buruk maka kamu bisa istirahat sejenak untuk mengembalikan mood-mu tersebut dan kemudian mengerjakan pekerjaan itu. 

Baca Juga: 5 Jenis Pekerjaan yang Hasilnya Jasa, Mulai Dokter Hingga TNI

3. Buat daftar pekerjaan-pekerjaan apa saja yang harus diselesaikan

5 Cara untuk Mengatasi Kebiasaan Suka Menunda Pekerjaanilustrasi membuat daftar pekerjaan (pexels.com/Judit Peter)

Jika memang kamu menunda pekerjaan karena jadwal kerjamu yang sudah padat atau ada pekerjaan urgent dan pekerjaan yang lebih penting hingga tidak bisa kamu tinggalkan. Maka solusi agar kamu tidak melupakan pekerjaan yang kamu tunda tersebut adalah dengan membuat daftar pekerjaan yang harus diselesaikan. Masukkan list pekerjaan yang sudah kamu tunda tersebut. Biasakan dirimu mengecek daftar pekerjaan yang harus kamu selesaikan di pagi hari saat mau bekerja atau saat kamu sudah selesai mengerjakan pekerjaanmu yang sebelumnya.

Jika perlu buatlah note di laptop dan di layar komputermu agar kamu bisa mengingat pekerjaan tersebut. Sehingga saat pekerjaanmu yang sebelumnya sudah selesai, kamu akan langsung memgingat pekerjaan yang sudah kamu tunda tersebut. Dengan begitu akan meminalisir kesalahan melupakan pekerjaan yang kamu tunda. Kamu juga akan sadar bahwa masih ada pekerjaan yang mesti kamu kerjakan berdasarkan daftar pekerjaan yang sudah kamu buat atau note yang kamu tempel di laptop dan layar komputermu. Kelebihan lainnya juga akan membuatmu berpikir untuk tidak membuang-buang waktu karena masih memiliki pekerjaan yang harus dilakukan. 

4. Jangan memaksakan diri untuk memenuhi semua ekspektasi yang tinggi

5 Cara untuk Mengatasi Kebiasaan Suka Menunda Pekerjaanilustrasi bekerja (pexels.com/olia danilevich)

Berusaha melakukan semua pekerjaan dengan sebaik mungkin wajar kamu lakukan, apalagi jika kamu ingin segera mewujudkan karier yang kamu impikan secepat mungkin. Namun kamu juga tidak perlu memaksakan dirimu untuk melakukannya. Jangan sampai kamu tidak memberikan toleransi pada dirimu sendiri akibat ekspektasimu yang terlampau tinggi tersebut.

Kamu ingin setiap pekerjaan yang kamu lakukan sesempurna mungkin, sehingga kamu menghabiskan banyak waktu untuk satu pekerjaan, maka tentunya pekerjaan lainnya akan kamu tunda. Mengecek pekerjaan memang baik, namun jika sampai berulang-ulang kali mengeceknya atau mencoba berbagai macam metode untuk menyelesaikannya maka akan menyita banyak waktumu, hingga akhirnya kamu malah mengabaikan pekerjaanmu yang lainnya. Jangan selalu menunda pekerjaanmu, karena hal tersebut akan menjadi kebiasaan untukmu. 

5. Hentikan pikiran suka menggampangkan pekerjaan

5 Cara untuk Mengatasi Kebiasaan Suka Menunda Pekerjaanilustrasi menggampangkan pekerjaan (pexels.com/Tony Schnagl)

Terkadang pikiran suka menggampangkan pekerjaanlah yang membuatmu menjadi biasa menunda pekerjaan. Kamu merasa bahwa pekerjaan tersebut bisa dilakukan nanti karena mudah dan memakan waktu sebentar untuk mengerjakannya. Padahal itu baru persepsimu saja, namun terkadang saat mengerjakannya ternyata tidak semudah itu.

Belum lagi saat kamu mengerjakannya sudah mendekati deadline, tiba-tiba ada saja gangguan atau masalah yang datang. Tentunya akan membuatmu pusing karena banyak yang harus kamu selesaikan dan itu di luar prediksimu yang tadinya kamu berpikir hanya mengerjakan pekerjaan yang mudah itu saja. Nah, hal tersebut terjadi karena kamu yang terlalu meremehkan pekerjaan yang menurutmu mudah tersebut. Oleh karena itu, hentikan pikiran suka menggampangkan pekerjaan agar kamu tidak menunda mengerjakannya.

Menunda-nunda pekerjaan termasuk dalam kebiasaan buruk yang harus kamu hentikan. Selain membuat kamu menjadi malas, hal tersebut juga dapat menghambat perkembangan kariermu di tempat kerja. Oleh karena itu, atasi kebiasaan suka menunda pekerjaan dengan lima trik di atas

Baca Juga: 5 Harapan tentang Pekerjaan yang Kadang Tak Sesuai dengan Realita

Shella Rafika Sari Photo Community Writer Shella Rafika Sari

.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya