Tiket Pesawat Mahal, Mudik Naik Kapal Diprediksi Meningkat 12 persen

Pelindo I siapkan layanan prima di 8 pelabuhan

Medan, IDN Times - Harga tiket pesawat melambung sekitar 70 persen dari harga biasanya sejak beberapa bulan terakhir. Sudah dilakukan penurunan sekitar 16 persen, namun harganya tetap saja mahal, terlebih saat mudik sekarang ini.

Harga tiket dari Bandara Kualanamu Medan ke bandara-bandara perintis di Sumut pun juga ikut mengalami kenaikan.

Untuk menghemat budget, kapal pun kini jadi alternatif calon pemudik agar bisa pulang ke kampung halaman.

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) tengah merampungkan persiapan mudik 2019. Delapan cabang di bawah naungan Pelindo I juga melakukan persiapan jelang mudik.

Ke delapan cabang tersebut adalah Pelabuhan Belawan, Sibolga, Gunung Sitoli, Tanjung Balai Asahan, Dumai, Tanjung Balai Karimun, Tanjung Pinang, dan Tembilahan.

"Selain menjaga kenyamanan, persiapan ini juga untuk mengantisipasi lonjakan arus penumpang yang kami prediksi meningkat," ujar VP Public Relations Pelindo 1, Fiona Sari Utami, Minggu (26/5).

1. Ada peningkatan arus penumpang di Pelabuhan Belawan

Tiket Pesawat Mahal, Mudik Naik Kapal Diprediksi Meningkat 12 persenAntara FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Peningkatan diprediksi terjadi di Pelabuhan Belawan. Pelindo memrediksi, akan terjadi peningkatan sebanyak 12,05 persen dibandingkan tahun lalu.

Pelabuhan Belawan diprediksi akan dilalui sebanyak 38.338 penumpang yang naik dan turun. Sedangkan pada tahun lalu hanya 34.216 penumpang.

Untuk puncak arus mudik diperkirakan terjadi pada H-5 lebaran, sebab sejak 22 Mei jumlah penumpang sudah mencapai 2900.

"Jadi memang mendekati lebaran, angkutan lebaran yang jadwal biasanya  satu kali (nanti) bisa tiga kali seminggu. Jadi menjelang arus mudik semakin meningkat lagi jadi 3.000 an," ujar Fiona.

Baca Juga: Harga Tiket Pesawat Akan Turun 15 Persen, Ini Kata Menteri Perhubungan

2. Semua layanan untuk pemudik terus diperhatikan kesiapannya

Tiket Pesawat Mahal, Mudik Naik Kapal Diprediksi Meningkat 12 persenANTARA FOTO/Aswaddy Hamid

Pelindo juga melakukan sejumlah persiapan. Antara lain kesiapan dermaga, Sistem dan Prosedur Pelayanan Kapal Sembako serta gudang dan lapangan penumpukan. Kemudian peralatan bongkar muat, tenaga operasional di lapangan serta kesiapan informasi dan teknologi (IT).

Fasilitas umum tambahan juga akan disiapkan, seperti tenda, toilet, metal detector, tenaga medis serta fasilitas parkir tambahan. “Lalu media informasi kepada penumpang dan pengantar/penjemput, seperti sound system, spanduk, banner dan leaflet.,” ujar Fiona.

3. Dua garbarata permudah pelayanan kepada pemudik untuk naik dan turun kapal

Tiket Pesawat Mahal, Mudik Naik Kapal Diprediksi Meningkat 12 persenIDN Times/M.Idris

Terminal Penumpang Bandar Deli Pelabuhan Belawan kini sudah berkapasitas sebanyak 2.500 orang. Belawan juga telah dilengkapi dengan dua unit garbarata yang semakin memudahkan penumpang untuk naik turun dari kapal menuju dermaga dan sebaliknya.

Pelindo 1 juga telah memodernisasi Terminal Penumpang di Pelabuhan Sibolga yang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 17 Maret 2019. Modernisasi juga dilakukan terhadap Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Balai Asahan dengan luas keseluruhan 1.480 m2.

“Pelabuhan ini sudah dilengkapi fasilitas modern yang setara dengan bandara serta berdesain unik berbentuk kerang dengan memadukan nuansa kearifan lokal,” pungkasnya

Baca Juga: Harga Tiket Resmi Turun, Ini 5 Cara Supaya Mudik Jadi Lebih Murah Lagi

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya