Comscore Tracker

Jelang Penutupan Jalur Mudik, 1.144 Pemudik Jalur Laut Tiba di Sumut

Ini adalah ketibaan terakhir sebelum jalur mudik disekat

Medan, IDN Times – KM Kelud bersandar di Pelabuhan Belawan, Kota Medan, Senin (3/5/2021) siang. Kapal itu membawa pemudik dari sejumlah pelabuhan dengan tujuan Sumatra Utara.

Totalnya, ada 1.144 pemudik yang turun di Belawan. Mereka adalah pemudik terakhir jalur laut yang masuk ke wilayah Sumut sebelum pelarangan mudik.

1. Sebagian besar penumpang berasal dari Jawa

Jelang Penutupan Jalur Mudik, 1.144 Pemudik Jalur Laut Tiba di SumutPenumpang KM Kelud tiba di Pelabuhan Bandar Deli Belawan, Medan, Sumatera Utara, Senin (3/4/2021). Sebanyak 1.144 penumpang yang berasal dari Jakarta, Batam dan Tanjungbalai tiba di Pelabuhan Bandar Deli Belawan, Medan. (Istimewa)

Kepala Bagian Operasi PT Pelni Medan Harbin Simamora kembali memastikan jika hari ini adalah terakhir kalinya melayani penumpang sebelum penutupan jalur mudik. Sebagian besar penumpang KM Kelud berasal dari Pelabuhan Tanjung Priok dan Batam.

Sementara untuk keberangkatan terakhir, PT Pelni akan melayani pelayaran penumpang dari Belawan tujuan Batam pada Selasa (4/5/2021) besok.

"Setelahnya pada 11 Mei 2021, kami hanya melayani untuk pelayanan logistik," katanya, Senin (3/5/2021).

Baca Juga: 7 Pintu Masuk ke Sumut Disekat, Pemudik yang Melanggar akan Diisolasi

2. Para penumpang wajib bawa surat keterangan bebas COVID-19

Jelang Penutupan Jalur Mudik, 1.144 Pemudik Jalur Laut Tiba di SumutPenumpang KM Kelud tiba di Pelabuhan Bandar Deli Belawan, Medan, Sumatera Utara, Senin (3/4/2021). Sebanyak 1.144 penumpang yang berasal dari Jakarta, Batam dan Tanjungbalai tiba di Pelabuhan Bandar Deli Belawan, Medan. (ANTARA FOTO/Adiva Niki)

Zuraidah, salah seorang penumpang mengatakan, sebelum naik ke atas kapal dirinya harus memenuhi berbagai persyaratan. Mereka tetap menjalankan protokol kesehatan selama di tas kapal.

"Dari awal keberangkatan, semua penumpang wajib menerapkan protokol kesehatan serta melampirkan surat kesehatan yang menyatakan bebas dari Covid-19," katanya.

3. 73 posko akan sekat pemudik dari dan menuju Sumut

Jelang Penutupan Jalur Mudik, 1.144 Pemudik Jalur Laut Tiba di SumutIDN Times/Shemi

Pemerintah Provinsi Sumatra Utara akan menyekat pintu masuk ke daerah tersebut untuk mencegah arus mudik. Sejumlah strategi persiapan akan diberlakukan.

Untuk menghalau pemudik, Pemprov Sumut sudah mendirikan 73 posko penyekatan. Sebanyak 10 posko untuk perbatasan antarprovinsi dan 63 posko untuk perbatasan antarkabupaten/kota.

Posko-posko tersebut diisi oleh Polisi, TNI, Satpol PP, Dinas Kesehatan dan Dinas Perhubungan. Petugas di posko-posko tersebut akan melakukan pengecekan pada Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) sebelum diperbolehkan melanjutkan perjalanan atau diperintahkan memutar balik.

"Evaluasinya, Sumut adalah baik. Saya yakin rakyat Sumut kalau diberi penjelasan, diberikan pengertian mudah-mudahan semuanya nurut. Kita cegat, kita hambat bahkan hentikan perkembangan COVI-19," kata Gubernur Sumut Edy Rahmayadi beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Jangan Mudik saat Pandemik! Ada 73 Posko Siaga di Perbatasan Sumut

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya