Comscore Tracker

[BREAKING] Kabut Asap Pekat, Sudah 5 Penerbangan dari Kualanamu Batal

Bandara kecil terancam ditutup

Deli Serdang, IDN Times - Dalam tiga hari terakhir, kondisi kabut asap Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) kondisinya kian menebal di Sumatera Utara. Jarak pandang menjadi lebih pendek.

Dampak yang paling fatal dirasakan karena jarak pandang itu adalah penerbangan. Sejumlah penerbangan dari Bandara Internasional Kualanamu, Deli Serdang terpaksa dibatalkan.

Hingga pukul 11.00 Wib, tercatat sudah 5 penerbangan di Bandara Kualanamu yang dibatalkan. Kelimanya yakni Wings Air IW 1296/1297 yang melayani rute Kualanamu-Silangit-Kualanamu; IW 1410/1411 yang melayani rute Kualanamu-Rembele, Takengon, Aceh-Kualanamu; IW 1216/1215 yang melayani Kualanamu-Aek Godang-Kualanamu; IW 1156/1155 yang melayani rute Kualanamu-Ferdinan Lumban Tobing, Pinang Sori, Tapanuli Tengah-Kualanamu; dan IW 1239/1238 yang melayani rute Kualanamu-Pinang Kampai, Dumai-Kualanamu.

“Jarak pandang di bandara tujuan sangat rendah sehingga pesawat tidak dapat mendarat di bandara dimaksud,” jelas Manager of Branch Communication and Legal Bandara Kulanamu Wishnu Budi Setianto, Senin (23/9).

Bahkan dia menjelaskan, gangguan penerbangan sudah terjadi sejak tujuh hari lalu.

Dari catatan Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), jarak pandang di Kualanamu berkisar 1.200 hingga 1.500 meter. Jarak pandang ini masih memungkinkan bagi bandara yang memiliki instrumen landing yang memadai.

“Bagi bandara yang memiliki instrumen landing, visibility minimal 800 meter, sedangkan di bandara-bandara kecil yang tidak memiliki instrumen landing, visibility harus 5.000 meter,” papar Kepala Otoritas Bandara Wilayah II Bintang Hidayat.

Kondisi kabut asap juga mengancam sejumlah bandara untuk tutup. Khususnya sejumlah bandara kecil.

"Jika situasi jarak pandang dan lainnya memburuk, segera akan dilakukan koordinasi dan menerbitkan NOTAM (Notice to Airmen) penutupan Bandara Dr FL Tobing hingga kondisi cuaca cerah kembali,” kata Kepala Bandara FL Tobing, Farel LumbanTobing.

Kemarin, 2 pesawat batal mendarat di Bandara FL Tobing, yakni Garuda dari Jakarta dan Wings Air dari Kualanamu.

“Visibility atau jarak pandang, bandara di bawah 2 kilometer," ucapnya.

Baca Juga: Kabut Asap, Dua Penerbangan dari Kualanamu ke Penang Batal

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya