Tiba-tiba Lompat ke Danau Toba, Penumpang Kapal Ihan Batak Tewas

Perempuan sempat dibawa ke RSUD Parapat

Simalungun, IDN Times - Seorang perempuan tiba-tiba melompat dari atas Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Ihan Batak yang sedang bergerak di perairan Danau Toba dari Pelabuhan Ajibata, Kabupaten Toba menuju pelabuhan Ambarita, Kabupaten Samosir, Kamis (2/2/2023) sore hari. Perempuan itu ditemukan meninggal dunia.

1. Peristiwa itu sempat direkam penumpang kapal

Tiba-tiba Lompat ke Danau Toba, Penumpang Kapal Ihan Batak TewasPetugas mengangkat tubuh korban (Istimewa/IDN Times)

Peristiwa ini sempat direkam penumpang kapal dan telah dibagikan di akun Facebook. Dalam video itu, KMP (Kapal Motor Penumpang) Carolina telah mendekati KMP Ihan Batak guna melakukan pencarian. Berselang beberapa menit, tubuh perempuan yang diketahui bernama Roseli Situmeang tersebut akhirnya terlihat mengambang.

Pada video berdurasi sekitar 4 menit itu terlihat ada dua orang laki-laki turun ke danau guna mengevakuasi perempuan berusia 39 tahun itu. Pada saat diangkat, perempuan itu terlihat sudah tidak sadarkan diri. Usai dievakuasi, KMP Karolina langsung menuju daerah pelabuhan Ajibata.

Baca Juga: 2 Tersangka Kasus Kredit SPK Bank Sumut Rp1,4 Miliar Ditahan

2. Perempuan tersebut sempat dibawa ke RSUD Parapat

Tiba-tiba Lompat ke Danau Toba, Penumpang Kapal Ihan Batak TewasPelabuhan Penyeberangan Ajibata, Kabupaten Toba, Sumatra Utara. (dok. YouTube Sekretariat Presiden)

Kapolsek Parapat, AKP Joni Silalahi membenarkan adanya kejadian tersebut dan perempuan yang diketahui beralamat di Jalan Parapat, Kecamatan Siantar Marimbun, Kota Pematang Siantar itu sempat di bawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Parapat. Namun nyawa korban tidak dapat diselamatkan.

"Yang menangani peristiwa itu Kapolsek Lumban Julu. Sebentar lagi sudah mau diberangkatkan (jenazahnya) ke Simpang Dua, Pematangsiantar," katanya saat dikonfirmasi.

Polisi tidak melakukan penyelidikan karena orang tua korban yakin bahwa kejadian itu bukan karena tidak pidana.

3. Keluarga meminta polisi tidak melakukan autopsi

Tiba-tiba Lompat ke Danau Toba, Penumpang Kapal Ihan Batak TewasKeluarga sedang menunggu hasil pemeriksaan pihak RSUD Parapat (Istimewa/IDN Times)

Kapolsek Parapat mengatakan, pihaknya turun ke lokasi rumah sakit dan mendapatkan informasi bahwa orang tua korban sudah mendatangi surat pernyataan agar polisi tidak melakukan autopsi.

"Menurut keterangan keluarganya, korban ini sudah berulangkali berusaha bunuh diri. Jadi pada saat di atas kapal, mereka lalai. Tidak memerhatikan korban tiba-tiba melompat," ujarnya.

Sementara Kapolsek Lumban Julu, AKP Robinson Sembiring, Polres Toba ketika dikonfirmasi mengaku bahwa pihaknya sedang melakukan persiapan penyerahan jenazah kepada keluarga korban untuk dibawa ke Kota Pematangsiantar.

Ia juga menjelaskan hasil keterangan yang mereka kumpulkan, keluarga memberitahukan bahwa korban mengalami trauma atas masalah saat melahirkan sehingga ketika teringat masa lalunya membuat korban langsung berniat bunuh diri.

Baca Juga: Kecelakaan Maut di Tol Tebing Tinggi-Medan, 2 Orang Tewas

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya