Comscore Tracker

Bantuan Sembako Pemprov Sumut yang Dikembalikan Akhirnya Dikirim Ulang

Sebelum diserahterimakan terlebih timbang kembali

Simalungun, IDN Times - Setelah sempat dipulangkan, bantuan pangan kepada masyarakat Simalungun yang terdampak virus corona atau COVID-19 dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) telah diserahkan kembali kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun, Kamis (21/5) di Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) COVID19 di Jalan Asahan, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun.

Sebelumnya, pendistribusian bantuan paket pangan sempat menuai masalah dan terpaksa dikembalikan ke Pemprov Sumut lantaran berat dan kualitasnya tidak sesuai dari apa yang telah ditetapkan. Persoalan ini terungkap saat dua orang anggota DPRD Sumut, yaitu Rony Reynaldo Situmorang dan Hidayah Herlina Gusti turut mengawasi pendistribusian ke Simalungun, Senin (18/5) yang lalu membuka beberapa sample dibuka dari kardusnya dan ditimbang menggunakan 2 alat timbangan.

Hasilnya beras berisi (variatif) 8,5 - 9,5 kg dan gula 1,75 kg, alias kurang dari ketentuan.

1. Sebelum diserahkan, bantuan terlebih dahulu dicek dan ditimbang

Bantuan Sembako Pemprov Sumut yang Dikembalikan Akhirnya Dikirim UlangDPRD Sumut bersama Kadis Perindustrian dan Perdagangan Pemprov Sumut membuka kardus berisi paket pangan (IDN Times/Patiar Manurung)

Serah terimah bantuan tetap dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pemprov Sumut , Zonni Waldi kepada Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Simalungun, Zainal Saragih, namun tetap disaksikan langsung enam anggota DPRD Sumut, yakni Rony Reynaldo Situmorang, Mangapul Purba, Saut Bangkit Purba, Iskandar Sinaga, Zunaidi dan Gusmiyadi.

Sebelum serah terima, DPRD Sumut terlebih dahulu membuka empat kardus dari tiga mobil truck pengangkut sebagai sample dalam memastikan tidak terulang kembali seperti masalah sebelumnya. Hasilnya, semua item bantuan sudah sesuai dari yang ditetapkan, yakni beras 10 Kg beras, minyak 2 Kg, gula 2 Kg dan mie instan 20 bungkus. Untuk bantuan yang dapat diserahkan saat ini sekitar 10.020 paket dari 78.659 paket yang dialokasikan ke Simalungun, sedangkan sisanya akan menyusul.

Baca Juga: Miris! Isi Tidak Sesuai, Bantuan dari Pemprov Sumut Dikembalikan

2. Pemprov Sumut berharap bantuan dapat segera disalurkan sebelum lebaran

Bantuan Sembako Pemprov Sumut yang Dikembalikan Akhirnya Dikirim UlangKadis Perindustrian dan Perdagangan Pemprov Sumut, Zonli Waldi memberikan keterangan pers (IDN Times/Patiar Manurung)

Usai serah terimah, Kadis Perindustrian dan Perdagangan Sumut Zonni Waldi berharap bantuan tersebut segera disalurkan kepada masyarakat. Ia pun berpesan kepada Pemkab Simalungun, jika ada warga yang berhak mendapatkan bantuan namun belum terdaftar agar segera ditindak lanjuti.

"Kalau ada orang belum dapat tapi dia berhak menerima bantuan,  tolong dibuat catatannya.  Sesuai kesepakatan dan keputusan, itu tanggung jawab dari Pemkab Simalungun. Apabila dana APBD nya tidak ada maka bisa disanggupi melalui dana desa masing-masing. Kita berharap semua terpenuhi," ucapnya.

Mengenai kejadian sebelumnya, Zonni Waldi pun berharap semua pihak bekerja dengan tanggung jawab. "Pak gubernur memberikan apresiasi kepada anggota DPRD Sumut yang sudah mengawal kegiatan ini. Pak gubernur juga memerintahkan kepada kita semua, baik dari sisi pelaksana dari pemerintah maupun rekanan agar bekerja dengan hati nurani, dengan kejujuran, keberanian dan tanggung jawab. Gubernur juga berpesan agar semua masyarakat mengawasi," ujarnya.

3. DPRD Sumut minta warga merekam dan menimbang bantuan sebelum diterima

Bantuan Sembako Pemprov Sumut yang Dikembalikan Akhirnya Dikirim UlangRony Reynaldo Situmorang, DPRD Sumut minta warga merekam bantuan sebelum diterima (IDN Times/Patiar Manurung)

Pada kesempatan itu,  Rony Reynaldo Situmorang bersama dewan lainnya mengajak masyarakat agar ikutserta mengawasi penyaluran bantuan dengan cara menimbang kembali barang yang diterima.

"Bantu kami mengawasi bantuan ini karena kami anggota DPRD Sumut tidak akan mampu mengawasi satu per satu bantuan ini. Kami mengimbau masyarakat, sebelum menerima paket sembako ini, tolong di  videokan, lihat apa isinya, harus berisi beras 10 Kg beras,  minyak 2 Kg, gula 2  Kg dan mie instan 20 bungkus. Direkam dari awal,  ditimbang beras, gula dan minyaknya," ucapnya.

Ia mengatakan, DPRD Sumut mengharapkan setiap bantuan dijalankan dengan benar dan DPRD siap menerima informasi dari masyarakat dan jika ditemukan masih ada kecurangan, semua DPRD Sumut dari Dapil 10 sepakat mengkawal dan membawanya ke jalur hukum. Mereka mengaku  ingin memastikan bahwa bantuan diterima masyarakat sesuai dengan ketentuan.

"Jika ada temuan,  ayok kita sama-sama mengawasi, sama-sama bergerak, dan kami siap menerima laporan dari masyarakat dan mari kita sama melaporkan kepenegak hukum jika ada temuan," kata  politisi NasDem tersebut sembari menekankan bahwa apa yang terjadi sebelumnya bukan untuk menghambat distribusi bantuan tapi lebih memastikan hak rakyat disalurkan dengan tepat.

Baca Juga: Bantuan Sembako Pemprov Kurang Takaran, Gubernur Edy: Gak Boleh Jahat!

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya