Yayasan Haji Anif Bikin Sayembara Desain Masjid, Ini Pemenangnya 

Bagi yang belum beruntung, masih bisa ikut pada 15 Juli

Medan, IDN Times - Yayasan Haji Anif konsisten ambil bagian dalam pengembangan Masjid di Indonesia. Untuk mendukung hal itu, yayasan yang diprakarsai oleh Haji Anif ini membuat sekaligus 3 Sayembara Desain Arsitektur Masjid Al Musannif. Di antaranya, Sayembara model 99 Masjid Al Musannif, Sayembara Mihrab Masjid Al Musannif dan Sayembara Pengembangan Masjid Al Musannif.

Dua dari tiga Sayembara tersebut telah selesai dilakukan. Dewan juri telah mengumumkan para pemenang Sayembara Model 99 Masjid dan Sayembara Mihrab Masjid Al Musannif.

Pihak juri memutuskan 10 terbaik dari masing-masing Sayembara, dan memilih terbaik pertama, kedua, ketiga dan favorit. Sebanyak 13 juri termasuk pemrakarsa, Yayasan Haji Anif yang diwakili Musa Rajekshah telah memutuskan, dan hadiah telah diberikan pada Selasa (11/5/2021).

Baca Juga: Sebelum Meninggal, Ustaz Tengku Zulkarnain Sempat Telepon Ustaz Somad

1. Nantinya masjid akan dibangun di seluruh Indonesia dengan satu desain tipikal

Yayasan Haji Anif Bikin Sayembara Desain Masjid, Ini Pemenangnya IDN Times/Masdalena Napitupulu

Usai menyerahkan hadiah, Musa Rajekshah mengatakan, Yayasan Haji Anif berkomitmen untuk terus berkontribusi bagi masyarakat luas, khususnya penyediaan fasilitas umum masjid. Bersama dengan Arsitektur USU, gelaran ini juga sejalan dengan visi dan misi Yayasan Haji Anif.

Terkait tiga Sayembara tersebut, Ijeck mengatakan, pihaknya terinspirasi dari 99 nama Allah yang baik atau Asmaul Husna. "Sayembara model 99 masjid Al Musannif ini, nantinya akan dibangun di seluruh Indonesia dengan satu desain tipikal, dan disesuaikan dengan kebutuhan di wilayah tersebut seperti daya tampung atau luasnya," ujarnya. 

2. Peserta tidak hanya berasal dari Sumut, namun juga berasal dari provinsi lain

Yayasan Haji Anif Bikin Sayembara Desain Masjid, Ini Pemenangnya IDN Times/Masdalena Napitupulu

Ketua Panitia, Dwira Nirfalini Aulia, didampingi Sekretaris Panitia Sayembara Desain Arsitektur Masjid Al Musannif, Beny OY Marpaung mengatakan, antusias masyarakat untuk ikut cukup tinggi. Peserta tidak hanya berasal dari Sumut, namun juga berasal dari Provinsi lain.

"Deadline pengumpulan kedua Sayembara tersebut di tanggal 2 Mei. Sayembara untuk desain 99 masjid ada 90 peserta tapi yang berhasil memasukkan atau submit karya sesuai dengan ketentuan hanya 38 karya atau hanya 42 persen. Sementara Sayembara Mihrab dari 62 peserta hanya 17 karya atau 27 persen yang berhasil," ujarnya.

3. Berikut nama pemenang lomba desain

Yayasan Haji Anif Bikin Sayembara Desain Masjid, Ini Pemenangnya IDN Times/Masdalena Napitupulu

Beny mengatakan, departemen arsitektur sudah mengumumkan Juara 1, 2, 3 dan juara favorit Sayembara Proyek Model Desain Arsitektur 99 Masjid Al-Musannif.

Juara pertama diraih oleh Aikha Nabilal Qisthi asal Medan, juara dua diraih oleh Septian Ivan Putra dari Surabaya, juara ketiga diraih oleh Ahmad Tara dari Medan dan Favorit dari Jakarta, dengan nama Firmansyah Bachtiar.

Pemenang Sayembara Proyek Desain Mihrab Masjid Al Musannif, juara satu diraih oleh Rikka Dona asal Medan, kedua oleh Adam Juan Kevin asal Bandung, juara ketiga diraih oleh Bobby Danu Priatna asal Medan dan Favorit dari Medan dengan nama Wisnu Pranata.

4. Bagi yang belum beruntung masih bisa ikut pada 15 Juli 2021

Yayasan Haji Anif Bikin Sayembara Desain Masjid, Ini Pemenangnya IDN Times/Masdalena Napitupulu

Sementara bagi yang belum beruntung masih bisa ikut, pada Sayembara Desain Pengembangan Masjid Al Musannif yang dibuka sampai 15 Juli mendatang. 

Baca Juga: Single Parent, 9 Pesona Mayang Yudittia Pemeran Michelle Ikatan Cinta

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya