Comscore Tracker

Paslon Medan akan Jalani 3 Sesi Debat, Wajib Bahas Masalah COVID-19 

APK akan tuntas dalam pekan ini

Medan, IDN Times - Komisioner KPU Medan mulai memersiapkan debat kandidat untuk para pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan. Divisi Parmas dan SDM, Edy Suhartono mengatakan para pasangan akan melakoni 3 kali debat sebelum Pilkada 2020.

Soal materi debat, akan ada satu yang wajib dimasuki yakni penanganan COVID-19 di Kota Medan.

1. Mekanisme debat, paslon akan berpasangan dan saling lempar pertanyaan

Paslon Medan akan Jalani 3 Sesi Debat, Wajib Bahas Masalah COVID-19 Calon Wali Kota Medan Akhyar Nasution memberi keterangan kepada jurnalis (IDN Times/Prayugo Utomo)

Edy mengatakan, debat calon Wali Kota Medan akan mulai dilakukan 7 November, 21 November, dan 5 Desember. Sementara itu, untuk mekanisme debat nantinya juga setiap paslon akan saling berhadapan satu sama lain.

"Selama tiga kali debat, paslon akan secara berpasang-pasangan berhadapan satu sama lain. Paslon satu kasih pertanyaan ke paslon kedua, begitu juga sebaliknya," jelasnya, pada Jumat (23/10/2020).

2. Para panelis dihadirkan dari para akademis lintas Universitas

Paslon Medan akan Jalani 3 Sesi Debat, Wajib Bahas Masalah COVID-19 Bobby Nasution menyalami Akhyar Nasution dan Salman Alfarisi (Dok.IDN Times/istimewa)

Selain itu, para panelis yang dihadirkan terdiri dari para akademisi lintas universitas seperti Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), dan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU).

"Nanti juga akan ada video yang dimunculkan didebat kedua serta melemparkan pertanyaan dan jawaban di antara Paslon. Itu mau dikonkritkan dengan tim panelis. Intinya di setiap debat masalah penanganan COVID-19 akan dimasukkan," ungkapnya.

Baca Juga: Jelang Pilkada, Kejari dan KPU Medan Kerja Sama Bantuan Hukum  

3. Ada enam tema materi debat yang akan diperbincangkan paslon

Paslon Medan akan Jalani 3 Sesi Debat, Wajib Bahas Masalah COVID-19 Ketua Bawaslu Medan, Payung Harahap (IDN Times/ Indah Permata Sari)

Sebagai informasi tambahan, sebelumnya juga menuturkan ada enam tema materi debat yang akan diperbincangkan. Seperti kesejahteraan masyarakat, pelayanan publik, masalah pembagunan daerah/nasional, memperkokoh NKRI dan kesatuan bangsa, serta mengenai strategi penangan COVID-19.

Dalam kentestasi Pilkada Medan menghadirkan dua calon. Pasangan calon nomor urut satu, yakni Akhyar - Salman. Pasangan calon nomor urut dua, yakni Bobby-Aulia.

4. KPU juga memastikan APK paling lama tuntas dalam pekan ini

Paslon Medan akan Jalani 3 Sesi Debat, Wajib Bahas Masalah COVID-19 Bobby Nasution - Aulia Rahman mendaftar ke KPU Medan (IDN Times/Indah Permata Sari)

Di sisi lain, Edy mengatakan untuk penyediaan Alat Peraga Kampanye (APK) untuk setiap Paslon di Pilkada Medan 2020 paling lama siap dalam pekan ini.

"Terkait APK paling lama dalam Minggu ini. Karena sudah mau sepuluh hari prosesnya dari tanggal 14 Oktober 2020. Ya kemarin kita tanya sekretariat untuk memastikan pencetakan itu harus segera siap karena sudah cukup lama juga," jelasnya, Jumat (23/10/2020).

Baca Juga: Kunjungi Rumah Tahfiz Qur'an, Akhyar Dilaporkan ke Bawaslu Medan

Topic:

  • Indah Permatasari Lubis
  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya