Comscore Tracker

Rektor USU Dilantik Besok, Edy Minta Runtung Cabut Sanksi Muryanto

Edy selaku MWA akui tak memihak kanan kiri

Medan, IDN Times - Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) yang telah terpilih yakni Muryanto Amin, untuk periode 2021-2026 akan dilantik Kamis (28/1/2021) di Jakarta.

Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi sebagai Majelis Wali Amanat USU, mengatakan bahwa pelantikan bakal digelar pukul 14.00 WIB besok.

"Sekarang, sudah diputuskan besok dilantik jam 2, kita harus loyal. Untuk itu, kita kembalikan tugas USU, tugas USU itu proses belajar mengajar, menjadikan sumber daya manusia yang berguna, yang bermanfaat. Saya berharap konflik ini selesai," ucapnya.

1. Edy selaku MWA akui tak memihak kanan kiri

Rektor USU Dilantik Besok, Edy Minta Runtung Cabut Sanksi MuryantoGubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Toba Lilin 2020 di Markas Kepolisian Daerah Sumut Jalan Sisingamangaraja Medan, Senin (21/12/2020). (Foto Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprov Sumut : Veri Ardian)

Menurut Edy, walaupun sempat ada terjadi perdebatan maka hal itu merupakan perbedaan untuk berpikir yang sah. Sehingga, harus mengikuti wewenang MWA.

"Di negara kita ini harus tunduk terhadap yang terpimpin, siapa dia Kementerian Pendidikan. Tetapi perlu dicatat, menteri juga MWA. Sekarang terjadi persoalan di USU, yang satu menyatakan itu plagiat, yang satu menyatakan itu tidak plagiat," tuturnya.

Dirinya juga mengatakan bahwa, ia selaku Gubernur tak memihak ke kanan dan ke kiri.

Baca Juga: 7 Kejanggalan dalam Kasus Self-Plagiarism Rektor USU Terpilih

2. Harapan Gubernur Sumut agar tak ada konflik lagi

Rektor USU Dilantik Besok, Edy Minta Runtung Cabut Sanksi MuryantoGubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi melantik 10 Penjabat Sementara (Pjs) Bupati/Walikota dan Penjabat (Pj) Bupati Pakpak Bharat di Pendopo Rumah Dinas Gubernur, Jalan Sudirman, Medan, Jumat (25/9/2020).(Humas Sumut)

Edy berharap bahwa konflik yang terjadi dalam hal tersebut akan selesai. Sehingga tak menjadi permasalahan karena Indonesia merupajan negara demokrasi.

"Apabila ada pendapat-pendapat, negara kita ini negara demokrasi, lakukan yang Arif dan bijaksana, tidak merusak, tidak mengganggu tujuan USU," ungkapnya.

3. Edy minta SK Runtung soal sanksi terhadap Muryanto dicabut sebelum dilantik

Rektor USU Dilantik Besok, Edy Minta Runtung Cabut Sanksi MuryantoGubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi melantik 10 Penjabat Sementara (Pjs) Bupati/Walikota dan Penjabat (Pj) Bupati Pakpak Bharat di Pendopo Rumah Dinas Gubernur, Jalan Sudirman, Medan, Jumat (25/9/2020).(Humas Sumut)

Mengenai pelantikan Muryanto pada esok hari, Edy memberi pesan agar SK yang dikeluarkan rektor USU saat ini Runtung Sitepu, yang menyatakan Muryanto Amin terbukti Self-Plagiarism agar dicabut karena SK itu bisa menjadi penghalang Muryanto menjadi Rektor USU yang baru.

"Kalau itu tidak dicabut kan gak bisa, itu ditunggu sampai besok, itu urusan yang berwenang, bukan urusan rektor. Gubernur selaku MWA itu menjaga kestabilan di Sumatera Utara," jelasnya.

Baca Juga: Rektor USU Pamit: Saya Memilih Menjadi Dosen dan Berladang

Topic:

  • Indah Permatasari
  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya