Comscore Tracker

Akhyar Nasution Dilantik Jadi Walikota Definitif Besok

Biro Otonomi Daerah Provinsi Sumut jadwalkan pelantikan

Medan, IDN Times - Usai keluarnya SK dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri), maka Akhyar Nasution besok diagendakan akan dilantik sebagai Wali Kota Definitif. Pelantikan Akhyar dilakukan di Rumah Dinas Gubernur Sumut, pada Kamis (11/2/2021).

Biro Otonomi Daerah Provinsi Sumatera Utara, telah menjadwalkan agenda pelantikan Akhyar. Hal ini dibenarkan oleh Kepala Dinas Kominfo Sumut, Irman.

1. Akhyar Nasution dilantik oleh Gubernur Sumut di Rumah Dinas

Akhyar Nasution Dilantik Jadi Walikota Definitif BesokPlt Wali Kota Medan Akhyar Nasution saat duduk di taman (Plt Wali Kota Medan Akhyar Nasution saat memantau taman di kota Medan (Dok.IDN Times/istimewa)

Irman mengatakan bahwa, agenda pelantikan yang dilakukan pada esok hari yakni Akhyar Nasution dilantik menjadi Walikota Medan oleh Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi pada siang hari, pukul 13.00 WIB.

"Benar besok pak Akhyar akan dilantik oleh Gubernur Sumut, pukul 13.00 WIB di Aula Tengku Rizal Nurdin," ucapnya.

Baca Juga: Pemerintah Menunggak 8 Bulan Insentif COVID-19, Nakes di Medan Demo

2. Pelantikan dilakukan karena telah keluar SK Mendagri

Akhyar Nasution Dilantik Jadi Walikota Definitif BesokPlt Wali Kota Medan Akhyar Nasution bersama para millennial Medan (Plt Wali Kota Medan Akhyar Nasution saat memantau taman di kota Medan (Dok.IDN Times/istimewa)

Berdasarkan SK yang telah keluar dari Menteri Dalam Negeri, maka pelantikan ini dilakukan untuk menjalankan hak sebagai Walikota Definitif, Akhyar Nasution menggantikan Dzulmi Eldin yang sebelumnya menjadi Walikota Medan.

"Pelantikan ini dilakukan karena sudah keluarnya SK dari Mendagri, jadi hak-hak beliau untuk dilantik harus dijalankan," ujarnya.

3. Akhyar menilai akan menjadi wali kota pemegang rekor sebagai pejabat yang paling singkat

Akhyar Nasution Dilantik Jadi Walikota Definitif Besokpemkomedan.go.id

Sebelumnya, DPRD kota Medan telah melakukan sidang paripurna hasil pengusulan Akhyar Nasution menjadi Wali Kota Medan definitif dengan sisa masa jabatannya.

Serta membacakan hasil keputusan tentang pemberhentian Dzulmi Eldin sebagai Wali Kota Medan sisa masa jabatan tahun 2016-2021. Namun, Akhyar menilai pemerintah telah vakum dalam urusan pengangkatan wali kota definitif, dikarenakan surat keluar dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) terhitung sudah 3 bulan lamanya sejak 15 Oktober 2020.

"Saya gak tahu dimana nyangkutnya, apa motivasinya saya gak tahu. Saya positif thinking aja melihat situasi ini, insyaallah mohon doa dan dukungan dalam 3 minggu ke depan prosesnya berjalan," ujarnya usai rapat DPRD Medan, pada 26 Januari 2021.

Dirinya mengatakan akan menjadi wali kota pemegang rekor pejabat yang paling singkat.

"Walaupun nanti akhirnya saya lah di Indonesia pegang rekor pejabat wali kota yang tersingkat di Indonesia. Mungkin tidak sampai seminggu. Itu pun kalau kesampaian, kalau gak kesampaian mungkin lewong juga ini," ucapnya.

Baca Juga: Kisah Nakes COVID-19, Gaji Hanya Rp1 Juta dan Beli Baju Hazmat Sendiri

Topic:

  • Indah Permatasari
  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya