10 Potret Perayaan Diwali di Medan, Tetap Bercahaya di Tengah Pandemik

Meski terbatas, perayaan Diwali berlangsung khidmat

Medan, IDN Times - Diwali atau Deepavali merupakan hari kemenangan bagi umat Hindu yang berasal dari etnis India.

Diwali berasal dari dua kata yaitu deepa yang berarti lampu yang menyala dan avali. Tahun ini dirayakan pada 4 November 2021. Diwali ini merupakan peristiwa lampu cerita dewa dan dewi selama sepuluh hari berkumpul dan bersatu untuk menghancurkan kejahatan.

Pada hari ke-10 ini para dewa dan dewi berhasil memenangkan hari kemenangan pembawa cahaya kebaikan disebut Deepavali, Deewapali atau Dewali.

Perayaan hari diwali ini sangat berbeda dengan tahun sebelumnya. Tak terkecuali di Kota Medan. Masih dalam suasana pandemik, meski tak dihadiri banyak orang tetap syahdu.

1. Perayaan Diwali atau disebut juga pesta cahaya bagi umat Hindu

10 Potret Perayaan Diwali di Medan, Tetap Bercahaya di Tengah PandemikFoto Suasana Ibadah Perayaan Hari Diwali (IDN Times / Eva Nurazizah)

2. Masih di tengah pandemik COVID-19, pesta cahaya hanya dilakukan dengan waktu yang singkat dan jumlah orang dibatasi di dalam Kuil Shri Mariamman

10 Potret Perayaan Diwali di Medan, Tetap Bercahaya di Tengah PandemikFoto Berdoa dengan menggunakan Lampu lilin menyala (IDN Times / Eva Nurazizah)

3. Pantauan IDN Times di Kuil Shri Mariamman, sejumlah umat Hindu melakukan ibadah dengan membawakan lilin sebagai salah satu simbol perayaan Diwali.

10 Potret Perayaan Diwali di Medan, Tetap Bercahaya di Tengah PandemikFoto Umat Hindu Upacara adat Membawa Lilin Menyala (IDN Times / Eva Nurazizah)

4. Pandemik Covid-19 membuat seremoni upacara adat dilakukan secara bergiliran di dalam Kuil dimulai dari pukul 07.00-12.00 WIB

10 Potret Perayaan Diwali di Medan, Tetap Bercahaya di Tengah PandemikFoto Berdoa dengan Hikmat (IDN Times / Eva Nurazizah)

5. Simpel, pakaian Catur Guru hanya menggunakan kaos putih dilengkapi dengan sarung.

10 Potret Perayaan Diwali di Medan, Tetap Bercahaya di Tengah PandemikFoto Catur Guru menerima Sesembahan (IDN Times / Eva Nurazizah)

Baca Juga: Perayaan Diwali 5123 Kaliyuga, Ini Harapan Umat Hindu di Medan

6. Adat mencuci kaki sebagai tanda pembersih, sebelum masuk ke dalam Kuil

10 Potret Perayaan Diwali di Medan, Tetap Bercahaya di Tengah PandemikFoto Adat mencuci kaki (IDN Times / Eva Nurazizah)

7. Sebelum masuk, membakar lidi sebagai dupa di depan pintu

10 Potret Perayaan Diwali di Medan, Tetap Bercahaya di Tengah PandemikFoto Membakar dupa dengan lidi (IDN Times / Eva Nurazizah)

8. Menyalakan banyak lilin di atas meja merupakan ritual yang sakral wajib dilakukan umat Hindu.

10 Potret Perayaan Diwali di Medan, Tetap Bercahaya di Tengah PandemikFoto Upacara Ritual Lampu Menyala (IDN Times / Eva Nurazizah)

9. Mengelilingi dewi sembari membawa lilin sebanyak tiga kali adalah ritual dalam Diwali.

10 Potret Perayaan Diwali di Medan, Tetap Bercahaya di Tengah PandemikFoto Mengelilingi Kuil Menggunakan Lilin yang Menyala (IDN Times / Eva Nurazizah)

10. Penghormatan kepada dewa dan dewi sebagai bentuk ucapan syukur merupakan hal penting di perayaan ini

10 Potret Perayaan Diwali di Medan, Tetap Bercahaya di Tengah PandemikFoto Ritual Sakral Menggunakan Lilin Menyala (IDN Times / Eva Nurazizah)

Baca Juga: Diwali 2021, Gubernur Edy Kenang Rumah Nenek di Lingkungan India Tamil

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya