Comscore Tracker

Tahun Ini Inalum akan Tanam 300 Ribuan Bibit Pohon di Danau Toba

Siap berkolaborasi lintas sektoral lestarikan Danau Toba

Karo, IDN Times- Upaya melestarikan dan menjaga kawasan Danau Toba di Sumatra Utara terus dilakukan PT Inalum. Perusahaan BUMN aluminium itu pun siap bekerja sama lintas sektoral untuk mendukung misi tersebut. 

Hal itu disampaikan Direktur Hubungan Kelembagaan PT Inalum, Dany Amrul Ichdan dalam kegiatan Rapat Koordinasi Tim Penyelamatan Ekosistem Danau Toba dan Penyerahan Bibit Pohon yang bertempat di Convention Hall Simalem Resort (8/6/2022).

Pria yang juga menjabat Holding Industri Pertambangan MIND ID itu menyebut Inalum terus berkomitmen agar terwujudnya program nasional yaitu menjadikan Kawasan Danau Toba sebagai Kawasan Destinasi Wisata Super Prioritas. 

“PT Inalum mendukung setiap program lingkungan sebagai langkah untuk memperkuat ekosistem ekonomi dan ekologi di Kawasan Danau Toba. Apalagi Danau Toba sudah ditunjuk sebagai Kawasan Destinasi Wisata Super Prioritas. Oleh karena itu perlu dukungan lintas sektor baik dari pemerintah pusat, entitas perusahaan, hingga elemen masyarakat agar bisa bermanfaat untuk masyarakat” ujar Dany.

1. Ada 308.148 bibit pohon yang akan ditanam di Danau Toba

Tahun Ini Inalum akan Tanam 300 Ribuan Bibit Pohon di Danau TobaPenanaman bibit pohon di kawasan Danau Toba (Dok.Istimewa)

SEVP Sumber Daya Manusia dan Pendukung Bisnis PT Inalum (Persero) Benny Wiwoho mengatakan, tahun 2022 ini akan ada 308.148 bibit pohon yang akan ditanam di Kawasan Danau Toba dan program tersebut berkolaborasi dengan berbagai pihak.

“Penanaman pohon merupakan program rutin tahunan PT Inalum (Persero) yang pada tahun 2022, perusahaan merencanakan penanaman pohon sebanyak 308.148 pohon yang terdiri atas program Konservasi Daerah Tangkapan Air (DTA) Danau Toba oleh Inalum sendiri 130 ribu pohon dengan luas sekitar 260 Ha dan program Jasa Pengelola Sumber Daya Alam bersama PJT1 sebanyak 178.148 pohon dengan luas sekitar 445,37 Ha. Komitmen ini merupakan dukungan penuh PT Inalum terhadap program pemerintah Indonesia yang menjadikan wilayah Danau Toba sebagai Kawasan Destinasi Wisata Super Prioritas,’ ujar Benny.

Baca Juga: Asyiknya Mendaki Bukit di Ekowisata Harangan Girsang Paradise 

2. Sebanyak 28 ribu bibit Macademia telah disebar di 7 kabupaten/kota

Tahun Ini Inalum akan Tanam 300 Ribuan Bibit Pohon di Danau TobaBibit macademia yang akan ditanam di kawasan Danau Toba (Dok.Istimewa)

Sementara itu, Holding Industri Pertambangan MIND ID dalam mendukung pelestarian Kawasan Danau Toba telah mengalokasikan 50 ribu bibit Macademia. Sebanyak 28 ribu bibit telah disebarkan ke 7 Kabupaten/Kota antara lain Kabupaten Toba, Simalungun, Humbang Hasundutan, Dairi, Samosir, Karo, dan Tapanuli Utara. Sementara 28 ribu bibit sisanya akan disebarkan kelompok masyarakat yang ada di 7 kabupaten/kota tersebut.

3. Kawasan Danau Toba akan lebih maju dalam hal ekonomi

Tahun Ini Inalum akan Tanam 300 Ribuan Bibit Pohon di Danau TobaInalum bekerja sama lintas sektoral untuk pelestarian ekosistem Danau Toba (Dok.Istimewa)

Dany menambahkan bahwa Holding Industri Pertambangan MIND ID memiliki semangat untuk mewujudkan Noble Purpose. For Civilization, For Prosperity, and a Brighter Future. Menurutnya, jika Noble Purpose diterapkan di Kawasan Danau Toba maka akan match dengan visi nasional melalui Kementerian BUMN terkait TJSL/CSR BUMN yaitu berfokus pada Pengembangan UMKM, Pelestarian Lingkungan, dan Peningkatan SDM.

“Dengan berkolaborasi antara PT Inalum (Persero), Holding Industri Pertambangan, Pemerintah, dan seluruh elemen masyarakat, maka kami yakin kalau Kawasan Danau Toba akan lebih maju dalam hal ekonomi karena adanya kenaikan kelas dari UMKM, meningkatnya kualitas sumber daya manusia setempat, dan tetap terjaganya kawasan Danau Toba dengan pelestarian pohon dan manajemen waste management yang baik. Ini adalah pekerjaan rumah bersama-sama dari kita semua yang harus terukur dan tepat sasaran,” tambah Dany.

Baca Juga: Mengenal Sejarah Danau Toba Lewat Pusat Informasi Geopark Kaldera

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya