Comscore Tracker

Polisi Minta Peta Potensi Rawan ke KPU untuk Awasi Pilkada Medan 2020

Sinergi Polrestabes Medan dan KPU

Medan, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan dan Polrestabes Medan menyatakan kesiapan dalam bekerjasama menyukseskan Pilkada September 2020 mendatang. Segala potensi masalah harus diantisipasi sejak dini.

Ketua KPU Kota Medan Agussyah Ramadani Damanik mengapresiasi kunjungan Kapolrestabes Kota Medan yang baru Kombes Pol Jhonny Edison Isir ke Kantor KPU Kota Medan, Jalan Kejaksaan, No 37, Senin (13/1).

1. KPU Medan memiliki peta potensi kerawanan penyelenggaraan kepemiluan

Polisi Minta Peta Potensi Rawan ke KPU untuk Awasi Pilkada Medan 2020Kapolrestabes Medan Kombes Pol Johnny Eddizon menyambangi kantor KPU Medan (Dok.IDN Times/istimewa)

Dalam kesempatan itu disampaikan perkembangan tahapan Pilkada 2020 yang sudah berlangsung dan yang akan berlangsung ke depannya.

Agussyah berharap kerjasama yang baik terbangun untuk mencapai tujuan suksesnya Pilkada Medan 2020 baik dari sisi partisipasi pemilih, pengawasan dan stabilitas. Karena itu dalam setiap tahapan KPU Kota Medan akan selalu menggelar rapat koordinasi dengan berbagai stakeholder terkait di Kota Medan.

Agussyah menyampaikan KPU Kota Medan nantinya akan memiliki peta potensi kerawanan dari sisi penyelenggaraan kepemiluan yang perlu disandingkan dengan potensi masalah yang dimiliki Polrestabes Medan dari sisi keamanan. Untuk itu perlu ada kerjasama dan koordinasi yang baik.

Baca Juga: KPU RI Akan Uji Coba Pelaksanaan e-Rekap, Medan Jadi Pilot Project

2. Pengawasan meminimalisir kecurangan

Polisi Minta Peta Potensi Rawan ke KPU untuk Awasi Pilkada Medan 2020Kapolrestabes Medan Kombes Pol Johnny Edison menyambangi kantor KPU Medan (Dok.IDN Times/istimewa)

Salah satu potensi kerawanan yang biasanya muncul adalah dari sisi pendataan pemilih. Karena hal ini terkait dengan tinggi rendahnya partisipasi pemilih. Migrasi pemilih dari luar Kota Medan masuk ke Kota Medan jelang pemilihan biasanya terjadi. Apalagi jika ada mobilisasi. Hal ini menjadi potensi masalah yang perlu diantisipasi bersama.

Kapolrestabes Kota Medan Kombes. Pol. Jhonny Edison Isir menyebutkan untuk dari sisi kepolisian sukses pilkada adalah bagaimana pemilihan bisa berlangsung aman dan damai. Sedangkan dari sisi penyelenggara adalah tingkat partisipasi pemilih dan dari sisi pengawasan bagaimana meminimalisir kecurangan. Ketiga hal tersebut tentu perlu kerjasama dan koordinasi yang baik dalam mewujudkannya.

3. Kapolrestabes meminta gambaran potensi kerawanan penyelenggara untuk melakukan antisipasi

Polisi Minta Peta Potensi Rawan ke KPU untuk Awasi Pilkada Medan 2020Kapolrestabes Medan Kombes Pol Johnny Edison menyambangi kantor KPU Medan (Dok.IDN Times/istimewa)

Kapolrestabes Medan dalam kesempatan itu juga meminta gambaran umum potensi kerawanan dari sudut pandang penyelenggara. Agar dirinya juga dapat mengetahui langkah yang dapat dilakukan dari sisi keamanan.

Adapun tujuan dari kunjungan ini adalah untuk memperkenalkan diri, dimana Kapolrestabes Medan, baru bertugas di Medan. Selanjutnya Kapolrestabes Medan juga ingin membangun komunikasi dan sinergitas yang sudah terjalin selama ini dengan Kapolres sebelumnya.

Baca Juga: Ke Kampus UMN Al Washliyah, KPU Medan Sosialisasi Rumah Pintar Pemilu

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya