Comscore Tracker

LPPM UMN Al Washliyah Sosialisasikan Program KUBe ke Masyarakat Desa

Kolaborasi dosen dan mahasiswa

Medan, IDN Times - Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Muslim Nusantara (UMN) Al Washliyah telah selesai melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat kepada ibu-ibu PKK di Desa Medan Senembah Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang.  Dalam kegiatan yang dilakukan di kantor desa tersebut, tim PKM UMN yang juga melibatkan beberapa mahasiswa melalui skema Program Kemitraan Masyarakat (PKM), mensosialisasikan program KUBe kepada masyarakat di sana.

Kegiatan ini merupakan pelaksanaan tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi, yang salah satunya adalah Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Kegiatan Pengabdian ini merupakan pendanaan dari nternal UMN Al Washliyah tahun anggaran 2019.

1. Kolaborasi beberapa dosen multi disiplin ilmu

LPPM UMN Al Washliyah Sosialisasikan Program KUBe ke Masyarakat DesaSosialisasi program KUBe oleh UMN Al Washliyah ke masyarakat (Dok.IDN Times/istimewa)

Dosen Fakultas Ekonomi UMN, Ardhansyah Putra Harahap mengatakan kegiatan ini hasil kolaborasi beberapa dosen.

"Kegiatan pengabdian ini berkolaborasi antar dosen multi disiplin ilmu yang dilaksanakan pada tanggal 23 November 2019 lalu,” ujar Ardhansyah Putra Harahap di kampus UMN Jalan Garu II Medan, Senin (9/12).

Ardhansyah Putra Harahap sebagai ketua (bidang ilmu akuntansi) dan M.Dhani Habra (bidang ilmu manajemen) saling bekerja sama dan berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan maupun pendapatan para kelompok Ibu PKK melalui sosialisasi Program KUBe.

Baca Juga: Pesan Plt Wali Kota Medan di Momen Milad ke-89 Al Washliyah

2. Program KUBe sangat dibutuhkan masyarakat untuk berwirausaha

LPPM UMN Al Washliyah Sosialisasikan Program KUBe ke Masyarakat DesaSosialisasi program KUBe oleh UMN Al Washliyah ke masyarakat (Dok.IDN Times/istimewa)

KUBe adalah Kelompok Usaha Bersama, yang merupakan kelompok keluarga miskin yang dibentuk, tumbuh, dan berkembang atas prakarsanya dalam melaksanakan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan sosial keluarga.

Salah satu mitra bernama ibu Sumiati menjelaskan kegiatan pengabdian ini sangat bermanfaat dan dibutuhkan oleh mereka. “Sosialiasi tentang program KUBe ini dapat menambah wawasan dan lebih termotivasi untuk berwirausaha secara berkelompok sehingga dapat menambah pendapatan kami,” kata Bu Sumiati.

3. Melibatkan beberapa mahasiswa program akuntansi UMN Al Washliyah

LPPM UMN Al Washliyah Sosialisasikan Program KUBe ke Masyarakat DesaDosen FE UMN Al Washliyah Ardhansyah Harahap saat sosialisasi program KUBe ke masyarakat (Dok.IDN Times/istimewa)

Dalam pelaksanaannya juga melibatkan beberapa mahasiswa dari program studi akuntansi UMN Al Washliyah. Aparat Desa Medan Senembah melalui Bapak Azrai Sulaiman selaku Kepala Desa Medan Senembah menuturkan, kegiatan seperti ini sangatlah dibutuhkan oleh masyarakat desa.

“Saya sangat berterima kasih dan bangga kepada Kampus UMN Al Washliyah tetap dapat melaksanakan pengabdian kepada masyarakat walaupun berjarak jauh dari desa kami” tuturnya. 

Baca Juga: Al Washliyah Tekankan Pentingnya Pendidikan Berbasis Akhlak

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya