HUT Bhayangkara, Pemko Binjai Hibahkan Tanah dan Bangunan ke Polisi

Personil polri berprestasi dapat hadiah

Binjai, IDN TImes - Puncak peringatan HUT Bhayangkara ke-73 Polres Binjai, Rabu (10/7), memunculkan beberapa fakta menarik dan kesan istimewa, tidak hanya bagi satuan, tetapi juga terhadap personel Polri di jajarannya.

Salah satunya penghibahan tanah dan bangunan untuk Polres Binjai. Simak ulasan lebih lengkapnya berikut ini!

Baca Juga: HUT Bhayangkara, Kapolda Sumut Akui Masih banyak Kekurangan Pelayanan 

1. Diramaikan ribuan peserta

HUT Bhayangkara, Pemko Binjai Hibahkan Tanah dan Bangunan ke PolisiIDN Times/Handoko

Sama seperti periode sebelumnya, upacara peringatan HUT Bhayangkara ke-73/2019 Polres Binjai tetap dipusatkan di Lapangan Merdeka Kota Binjai, yang dihadiri unsur forkopimda dan tokoh masyarakat Kota Binjai.

Namun berbeda dari tahun sebelumnya, jumlah peserta upacara diperkirakan lebih dari 1.000 personel. Mereka itu gabungan personel TNI/Polri, petugas dan aparatur daerah setempat, anggota ormas, serta mitra kepolisian.

Dalam kegiatan itu, Wali kota Binjai, Muhammad Idaham dipercaya sebagai inspektur upacara, yang sekaligus tampil membacakan amanat Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

"Dari seluruh peserta upacara ini, sepertinya merupakan personel yang sengaja kita undang. Sementara lainnya sengaja datang atas inisiatif mereka sendiri," ungkap Kasubbag Humas Polres Binjai, Iptu Siswanto Ginting.

2. Nasi tumpeng untuk personel Polri

HUT Bhayangkara, Pemko Binjai Hibahkan Tanah dan Bangunan ke PolisiIDN Times/Handoko

Usai pelaksanaan upacara peringatan HUT Bhayangkara Ke-73, Polres Binjai selanjutnya menggelar acara syukuran dan jamuan makan bersama dengan seluruh elemen masyarakat di Markas Polsek Binjai Kota.

Menariknya, pembukaan kegiatan itu ditandai dengan prosesi serahterima dan penyuapan nasi tumpeng oleh Kapolres Binjai, AKBP Nugroho Tri Nuryanto, kepada perwakilan personel Polri tertua dan termuda di jajarannya.

"Kesuanya antara lain, AKP TH Gurusinga, selaku perwakilan perseonel Polri tertua dan Bripda Indra Perwira, tidak lain perwakilan personel Polri termuda," sebut Kabag Sumda Polres Binjai, Kompol Syaiful Bahri.

3. Hibah tanah dan bangunan

HUT Bhayangkara, Pemko Binjai Hibahkan Tanah dan Bangunan ke PolisiIDN Times/Handoko

Puncak peringatan HUT Bhayangkara ke-73/2019 juga memberikan kesan istimewa bagi Polres Binjai. Pasalnya, Korps Bhayangkara itu menerima hibah sebidang tanah dan bangunan dari Pemerintah Kota Binjai.

Objek hibah tersebut merupakan sebidang tanah dan bangunan yang selama ini dipinjam pakaikan Pemerintah Kota Binjai kepada Polres Binjai untuk Markas Polsek Binjai Barat.

Serah terima sertifkat hibah tanah dan bangunan itu sendiri dilakukan Wali kota Binjai, Muhammad Idaham, dan Kapolres Binjai, AKBP Nugroho Tri Nuryanto, saat Syukuran HUT Bhayangkara ke-73 di Markas Polsek Binjai Kota.

"(Hibah) ini merupakan bentuk apresiasi Pemerintah Kota Binjai kepada Polres Binjai, karena mampu bersinergi dan bekerjasama mewujudkan situasi kamtibmas di daerah," ucap Wali kota Binjai, Muhammad Idaham.

4. Berikan hadiah untuk personel Polres berprestasi

HUT Bhayangkara, Pemko Binjai Hibahkan Tanah dan Bangunan ke PolisiIDN Times/Handoko

Selain menggelar upacara dan syukuran memperingati HUT Bhayangkara ke-73/2019, Polres Binjai juga menyerahkan hadiah kepada beberapa personel Polri yang dianggap berprestasi.

Dalam hal ini, seluruh hadiah diberikan kepada tiga personel Bhabinkamtibmas (Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) berpestasi, tiga poskamling terbaik, dan tiga polsek dengan daya deteksi gangguan kamtibmas terbaik.

Untuk kategori Bhabinkamtibmas berprestasi, hadiah diberikan kepada Bhabinkamtibmas Desa Sidomulyo Polsek Binjai, Aiptu Simon Sumarmata, Bhabinkamtibmas Kelurahan Sukamaju Polsek Binjai Barat, Aiptu Suriono, dan Bhabinkamtibmas Desa Kuala Air Hitam Polsek Selesai, Aiptu Muliadi.

Lalu, hadiah untuk kategori poskamling terbaik diberikan kepada Poskamling Dusun IV, Desa Sei Limbat, Kecamatan Selesai, melalui Bhabinkamtibmas Aiptu M Idris, Poskamling Lingkungan V, Kelurahan Sukaramai, Kecamatan Binjai Barat, melalui Bhabinkamtibmas Aiptu Sudarsono, dan Poskamling.

Lingkungan V, Kelurahan Rambung Barat, Kecamatan Bunjai Selatan, melalui Bhabinkamtibmas, Aiptu Abdi Tampubolon.

Kemudian, hadiah untuk kategori polsek dengan daya deteksi gangguan kamtibmas terbaik diberikan kepada Polsek Binjai melalui Aiptu P Siahaan, Polsek Binjai Utara melalui Iptu Triono, dan Polsek Selesai melalui Aiptu P Nainggolan.

"Hadiah yang diberikan ini bukan semata-mata bentuk penghargaan saja, melainkan bagian dari pengakuan satuan atas loyalitas, dedikasi, dan kinerja setiap personel," seru Kapolres Binjai, AKBP Nugroho Tri Nuryanto.

Baca Juga: Bikin Merinding, 5 Atraksi di Acara HUT Bhayangkara Polda Sumut

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya