Gubernur Beri Bonus untuk Atlet Sumut Berprestasi di Peparnas 

Bonus Rp11 juta sampai Rp100 juta

Medan, IDN Times- Keberhasilan atlet-atlet Sumatra Utara meraih prestasi di ajang Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) 2021 mendapat apresiasi Pemprov Sumut. Para atlet meraih medali mendapat bonus dari pemerintah. 

Pemberian bonus ini diberikan bertepatan dengan Hari Disabilitas Internasional di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur di Medan, Senin (13/12/2021). Bonus diberikan melalui perwakilan atlet dan pelatih peraih medali, demi menjaga prokes COVID-19.

Para atlet yang hadir antara lain Evi Yunita Pohan, perak diwakili pejudo putra, Juanda, dan lifter putra Chandra Efendi mewakili perunggu. 

1. Peraih medali emas mendapat Rp100 juta

Gubernur Beri Bonus untuk Atlet Sumut Berprestasi di Peparnas Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi memberikan bonus kepada atlet peraih medali di Peparnas 2021 (Dok.IDN Times/istimewa)

Pemberian bonus kepada para atlet National Paralympic Committee (NPC) Sumut adalah peraih medali di Peparnas 2021. Peraih emas diguyur bonus senilai Rp100 juta, kemudian medali perak Rp 50 juta, dan perunggu Rp30 ribu. Bonus juga diberikan kepada pelatih. Atlet yang atletnya meraih emas mendapat Rp20 juta, perak Rp15 juta, dan perunggu senilai Rp11 juta.

Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi mengapresiasi prestasi NPC Sumut yang sukses mengantarkan masuk posisi 5 besar di Peparnas Papua.  "Saya apresiasi kepada para atlet NPC. Anda dengan kondisi terbatas, masih bisa membesarkan diri Sumut ini. Dari 34 provinsi, anda masuk 5 besar. Saya bangga dengan kalian," ujar Edy.

Baca Juga: Koleksi 27 Emas, Sumut Finish di Lima Besar Peparnas 2021

2. Atlet disabilitas mendapat prestasi pandemik di tengah pandemik

Gubernur Beri Bonus untuk Atlet Sumut Berprestasi di Peparnas Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi memberikan bonus kepada atlet peraih medali di Peparnas 2021 (Dok.IDN Times/istimewa)

Prestasi atlet disabilitas dinilai fantastis. Meski di tengah keterbatasan, paralimpian sukses menjaga martabat Sumut di kancah nasional. Seperti diketahui Sumut  

"Dengan serba kekurangan, tapi anda masih bisa memberikan Sumut bisa. Dan Anda bisa membuktikan itu. Sementara yang sempurna saja belum bisa buat yang maksimal bagi Sumut," ujar Edy.

Edy mengajak seluruh kaum difabel untuk tidak menyerah dan mandiri dengan memanfaatkan skill. Selain menjadi atlet berprestasi, bisa diisi dengan pengembangan usaha, seperti menjadi pelaku UMKM. 

"Kepada para disabilitas, bukan hanya olahraga yang bisa kalian tempuh. Tapi melalui kopi dan usaha lainnya. Banyak orang kita yang sempurna, malah banyak di pinggir jalan meminta," ungkapnya. 

Sementara Evita bersyukur para atlet NPC Sumut menerima bonus. "Terima kasih kepada pak gubernur yang telah memberikan perhatian kepada kami atlet NPC Sumut. Perjuangan kami selama ini diapresiasi dengan bonus yang kami terima ini," katanya.

3. NPC Sumut menargetkan prestasi yang lebih baik di Peparnas 2024

Gubernur Beri Bonus untuk Atlet Sumut Berprestasi di Peparnas Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi memberikan bonus kepada atlet peraih medali di Peparnas 2021 (Dok.IDN Times/istimewa)

Sementara NPC Sumut, Alan Sastra Ginting berharap Peparnas 2024 nanti bisa meningkatkan prestasi. Ini membuktikan atlet disabilitas untuk tidak minder dan bisa membuktikan menjadi orang yang bisa berprestasi melalui olahraga.

"Momentum hari disabilitas ini kita berharap menjadi kesempatan bagi mereka dan kita semua kaum penyandang disabilitas bahwa kita juga bisa berbuat lebih daripada non disabilitas. Kita tunjukkan bahwa NPC Sumut bisa menjadi yang terbaik di Peparnas 2024 nanti. Kita sangat apresiasi sekali penghargaan dari pemerintah provinsi," ucap Alan. 

Baca Juga: Atlet NPC Sumut Diarak Usai Pulang dari Papua, Edy: Saya Bangga!

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya