Bobby Nasution, Menantu Jokowi yang Jadi Pemimpin Termuda Kota Medan

Berawal dari pengusaha jadi wali kota

Medan, IDN Times- Kota Medan dipimpin oleh seorang millennial. Ya, Bobby Nasution pada Pilkada 2020 lalu terpilih untuk menjadi Wali Kota Medan berpasangan dengan Aulia Rachman sebagai wakilnya.

Menantu Presiden Joko 'Jokowi' Widodo ini menjadi kepala daerah termuda yang memimpin Kota Medan sepanjang sejarah di usia 30 tahun. Berikut profil dari Bobby Nasution.

1. Masa kecil Bobby Nasution

Bobby Nasution, Menantu Jokowi yang Jadi Pemimpin Termuda Kota MedanWali Kota Medan Bobby Nasution bersama Ketua BNN Sumut Brigjen Pol Atrial dan Koordinator Kampung Sendiri Bobby Nasution (IDN Times/Doni Hermawan)

Bobby Nasution merupakan putra bungsu dari Erwin Nasution, Mantan Direktur Utama PTPN 4 yang kini dilebur jadi Perkebunan Nusantara. Almarhum yang memberikan bibit pekerja keras pada Bobby Nasution dan sosok penting dalam keluarganya.

Meskipun lahir di Medan, Bobby banyak bersekolah di luar. Bobby Nasution memulai pendidikan dasarnya di SD Muhammadiyah 02 Pontianak, Kalimantan Barat. Bobby dan kedua kakaknya, Inge Amalia Nasution dan Poppy Dewinta Nasution, harus berpindah ke Lampung untuk mengenyam pendidikan disana karena tugas sang ayah. Ia lalu bersekolah di SMP Negeri 22 Bandar Lampung.

Menginjak bangku SMA, Bobby melanjutkan pendidikannya di SMA Negeri 09 Bandar Lampung. Selepas tahun kelulusannya, Bobby Nasution memilih kota hujan Bogor sebagai tempat ia belajar selanjutnya. Bobby mendapatkan gelar sarjana dari Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor.

Tidak terhenti sampai disana, Bobby Nasution melanjutkan pendidikan magisternya di Fakultas Manajemen dan Bisnis di universitas yang sama.

2. Tumbuh menjadi pengusaha

Bobby Nasution, Menantu Jokowi yang Jadi Pemimpin Termuda Kota MedanBobby Nasution usai mengikuti tes psikologi untuk calon kepala daerah (IDN Times/ Indah Permata Sari)

Bobby tak mengikuti jejak sang Ayah untuk kerja di perusahaan BUMN. Dia memilih jalannya sendiri menjadi seorang pengusaha.

Saat menginjak bangku kuliah, Bobby memulainya dengan usaha properti yakni dengan menjual rumah yang telah direnovasi. Bobby juga berperan dalam proyek Malioboro City Yogyakarta.

Bobby Nasution juga tercatat sebagai pemegang saham Takke Group sekaligus berperan sebagai Direktur Marketing pada tahun 2016.

Bobby juga memiliki usaha sejak tahun 2013 berupa gerai kopi yang ia namakan Veteran Coffee. Gerai kopi yang ia dirikan mengusung sajian kopi khas Sumatera Utara. Bobby mengekspansi bisninya dengan mendirikan Kopi Jolo.

 

Baca Juga: Geber Renovasi Total Stadion Teladan, Bobby juga Temui Menteri PUPR

3. Namanya mencuat saat menikahi Kahiyang Ayu

Bobby Nasution, Menantu Jokowi yang Jadi Pemimpin Termuda Kota MedanBobby Nasution dan istrinya Kahiyang Ayu (Dok.IDN Times/istimewa)

Nama Bobby Nasution mulai muncul ke publik setelah secara mengejutkan diumumkan sebagai calon suami dari Kahiyang Ayu, putri Presiden Joko 'Jokowi' Widodo.

Ternyata Kahiyang adalah teman kuliah Bobby saat melanjutkan pendidikan magisternya di Fakultas Manajemen dan Bisnis IPB. Cinta mereka diresmikan dalam mahligai pernikahan pada 8 November 2017 di Surakarta, Jawa Tengah. Kemudian pesta meriah juga digelar di Medan. Dari pernikahannya dikaruniai 2 orang anak.

4. Terjun ke dunia politik mengikuti jejak sang Kakak hingga terpilih jadi Wali Kota Medan

Bobby Nasution, Menantu Jokowi yang Jadi Pemimpin Termuda Kota MedanBobby Nasution-Aulia Rachman saat debat kedua Pilkada Medan 2020 (Dok.IDN Times/istimewa)
  • Bobby awalnya tak dikenal di dunia politik tanah air. Meskipun tidak terlahir dalam keluarga politisi, Inge Amalia Nasution, kakak kandung Bobby Nasution merupakan anggota termuda DPRD Kota Medan yang menjabat pada periode 2014 – 2019. Saat itu, usia Inge Amalia Nasution belum genap 25 tahun.

Namun Bobby berhasil memikat perhatian warga Medan. Dia terpilih sebagai Wali Kota Medan bersama Aulia Rachman sebagai wakilnya setelah mengalahkan Akhyar Nasution-Salman Alfarisi. Dia didukung PDI Perjuangan, Gerindra, PAN, Golkar, PPP, Masdem, PSI, Hanura, hingga Gelora. Hasilnya Bobby-Aulia meraih 393.327 suara. Bobby resmi dilantik 26 Februari 2021.

Baca Juga: Bobby Serahkan Rancangan Renovasi Stadion Teladan ke Menpora

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya