Al Washliyah dan NU Satukan Pandangan Bangun Jemaah di Medan

Perkuat silaturahim antar ormas

Medan, IDN Times - Pengurus Daerah (PD) Al Jamiyatul Washliyah Medan siap menyatukan pandangan dengan pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (NU) Medan dalam membangun keumatan di kota Medan. Hal itu menjadi visi bersama saat silaturahmi pengurus Al Washliyah Medan ke kantor PC NU Medan di Jalan Palang Merah, Jumat (5/7).

Ketua PD Al Washliyah Medan Drs H A'zam Nasution mengatakan silaturahmi ini sengaja digelar ke ormas-ormas Islam yang ada di kota Medan dengan tujuan menyatukan visi dan misi untuk membangun penguatan umat di berbagia bidang. Turut hadir Ketua Majelis Pendidikan Dedi Suhairi dan Sekretaris Majelis Dakwah, H Mu’as Tanjung dan pengurus Al Washliyah, mahasiwa dan pemuda.

Baca Juga: Mahasiswa Al Washliyah Labuhanbatu Deklarasikan Lawan Hoaks

1. Silaturahim dengan bangun kembali keumatan

Al Washliyah dan NU Satukan Pandangan Bangun Jemaah di MedanIDN Times/Doni Hermawan

"Alhamdulillah kita dapat berkumpul dengan saudara-saudara kita pengurus PCNU Medan. Jadi kehadiran kami di sini dengan maksud silaturahim bagaimana menyatukan pendapat sehingga keumatan ini dapat terbangun kembali. Kontestasi politik setahun belakangan ini membuat banyak umat berjalan sendiri-sendiri. Kami berharap pertemuan ini jadi ajang kita lebih baik," kata A'zam.

"Kepentingan umat lebih besar buat kita dari pada kepentingan lainnya. Selain itu silaturahim ini kita gelar agar alih generasi. Sudah saatnya kita berbicara lagi di masjid-masjid sebagai tonggak mempersatukan umat. Mungkin selama ini ada yang terlupaka," tambahnya.

2. Sebelumnya juga kunjungi Muhammadiyah dan FPI

Al Washliyah dan NU Satukan Pandangan Bangun Jemaah di MedanIDN Times/Doni Hermawan

PD Al Washliyah Kota Medan Sebelumnya juga bersilaturahim ke PD Muhammadiyah Kota Medan pada tanggal 2 Juli 2019 di kantor PDM Kota Medan. Mereka disambut oleh ketua Muhammadiyah Anwar sembiring, sekretaris dan unsur pengurus lain.

"Sebelumnya kami juga bersilaturahim ke kantor FPI (Front Pembela Islam) dan Muhammadiyah. Kita hanya berbeda organisasi. Baju kita sama hijau tapi visi dan misi kita semua sama untuk menyatukan keumatan dan kepentingan jemaah di atas segalanya," kata A'zam.

3. NU ingin belajar ke Al Washliyah kelola bisnis pendidikan

Al Washliyah dan NU Satukan Pandangan Bangun Jemaah di MedanIDN Times/Doni Hermawan

Sementara itu Ketua PCNU Medan Burhanuddin SE mengatakan pada dasarnya tak ada perbedaan antara Nahdlatul Ulama dan Al Washliyah. "Kita sama-sama berpaham Ahlul Sunna wal Jamaah. Lewat silaturahim ini kita harapkan bisa saling bertukar komunikasi. Ada program keumatan yang bisa kita satukan kenapa tidak karena visi misi kita tidak jauh berbeda. Apalagi jelang kontestasi politik di Medan. Kita harapkan kota Medan ini bisa lebih maju dan tidak stagnan seperti sekarang. Saling bertukar pandangan tentang pembangunan jemaah di Medan," kata Burhanuddin.

Burhanuddin mengatakan PCNU Medan sendiri baru dilantik pada 9 April 2019. PCNU Medan kini sudah mengembangkan lagi sayapnya di kota ini setelah sempat tenggelam 10 tahun. "Sekarang kami sudah ada 21 kecamatan, 8 majelis wakil cabang sampai ke tingkat ranting. Banyak program yang kami bangun. Kami harus belajar banyak ke Al Washliyah dan Muhammadiyah mengelola bisnis pendidikan. Insyaallah ke depannya kami bisa mengikuti jejak di bidang itu dan bidang lainnya," tambahnya.

Baca Juga: Harlah Nahdlatul Ulama, Khofifah-Yenny Wahid Temui Anies Baswedan

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya