Rekontruksi Pembunuhan Eks DPRD Langkat, Ada 91 Adegan di 7 Lokasi

Digelar hingga malam hari di tujuh TKP

Langkat, IDN Times - Sebanyak 91 adegan diperagakan oleh kelima tersangka dalam rekonstruksi pembunuhan mantan anggota DPRD Langkat, Paino.

Rekonstruksi yang selesai pada pukul 22.00 WIB, Rabu (8/3/2023) dilakukan di beberapa Tempat Kejadian Perkara (TKP) untuk merencanakan menghabisi nyawa Paino.

Adapun yang menjadi lokasi tempat kejadian perkara pertama didekat tepi sungai pinggir jalan Dusun I Karya Sakti, Desa Besilam Bukit Lembasa, Kecamatan Wampu, Kabupaten Langkat, Sumatra Utara.

1. Gudang sawit milik otak pelaku menjadi lokasi terakhir rekontruksi

Rekontruksi Pembunuhan Eks DPRD Langkat, Ada 91 Adegan di 7 LokasiRekontruksi kasus pembunuhan eks DPRD Langkat yang digelar dibeberapa lokasi tempat kejadian (IDN Times/ istimewa)

Lokasi kedua masih dialamat yang sama, tapi berpindah tempat ke warung Amiran. Begitu juga dengan lokasi ketiga masih di alamat yang sama, tetapi berpindah di salah satu rumah warga bernama Ganda.

Kemudian lokasi keempat dan kelima masih d ialamat yang sama, namun lokasi ke empat di titi rusak perkebunan sawit dan lokasi kelima simpang Bukit Hati. Pada lokasi keenam rekontruksi berpindah ke alamat Dusun VII Karya Sakti, Desa Besilam Bukit Lembasa, Kecamatan Wampu, Langkat, atau dirumah mpok Atik.

Kemudian, di lokasi ketujuh yang menjadi lokasi terakhir yaitu di gudang sawit milik tersangka Luhur Sentosa Ginting alias Tosa yang juga merupakan otak pembunuhan.

Baca Juga: Keluarga Harap JC Ungkap Fakta Tersembunyi Kematian Eks DPRD Langkat 

2. Dipimpin langsung oleh kapolres dengan mengerahkan 100 personel

Rekontruksi Pembunuhan Eks DPRD Langkat, Ada 91 Adegan di 7 LokasiRekontruksi kasus pembunuhan eks DPRD Langkat yang digelar dibeberapa lokasi tempat kejadian (IDN Times/ istimewa)

Sedangkan itu, rekontruksi ini dipimpin langsung oleh Kapolres Langkat, AKBP Faisal Rahmat Husein Simatupang didampingi Kajari Stabat, Mei Abito Harahap.

"Rekonstruksi perkara tindak pidana diperagakan 91 adegan. Di mana menggambarkan kronologis adegan dari awal perencanaan tindak pidana, sampai dengan selesai terjadinya tindak pidana yang dilakukan oleh masing-masing tersangka," kata Kapolres Langkat, AKBP Faisal Rahmat Husein Simatupang, Kamis (9/3/2023).

Tak hanya itu, selama rekonstruksi berlangsung, sedikitnya ada 100 personel yang dilibatkan dalam rekontruksi, di antaranya personel dari Brimob Polda Sumut. "Ada 100 personel yang kita libatkan dalam rekontruksi. Kuasa hukum terdakwa dan korban juga kita libatkan," jelas Faisal.

3. Ancaman hukuman mati, polisi amankan lima tersangka pelaku pembunuh

Rekontruksi Pembunuhan Eks DPRD Langkat, Ada 91 Adegan di 7 LokasiRekontruksi kasus pembunuhan eks DPRD Langkat yang digelar dibeberapa lokasi tempat kejadian (IDN Times/ istimewa)

Rekontruksi yang dilakukan pun berjalan dengan aman dan lancar. Kelima tersangka disangkakan melanggar Pasal 340 KUHPidana subsider Pasal 338 KUHPidana Jo Pasal 55 Ayat (1) ke 1e KUHPidana.

Sebelumnya Polres Langkat bersama Polda Sumut sudah mengamankan lima orang tersangka terkait penembakan eks atau mantan anggota DPRD Langkat Paino.

Kelima tersangka tersebut adalah Luhur Sentosa Ginting alias Tosa (26) sekaligus otak pelaku, Dedi Bangun (38) eksekutor, Persadanta Sembiring (43), Heriska Wantenero alias Tio (27), dan Sulhanda Yahya alias Tato (27).

Otak pembunuhan, Tosa Ginting merencanakan pembunuhan itu karena, bisnis keluarganya mengumpulkan kelapa sawit dari warga, kalah bersaing dengan korban yang terus mengalami penurunan.

Baca Juga: Seorang Pelaku Pembunuh Eks DPRD Langkat Ajukan Justice Collaborator

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya