Comscore Tracker

Haji Terus Tertunda, 2 Calon Jemaah Binjai Meninggal Dunia

290 jemaah haji tunggu kepastian untuk haji tahun ini

Binjai, IDN Times - Pandemik yang masih berlanjut membuat nasib 290 orang jemaah calon haji asal Kota Binjai, Sumatra Utara masih belum bisa dipastikan. Hal ini sempat diutarakan Staf Seksi Penyelenggara Haji/Umrah Kementerian Agama (Kemenag) Binjai, Yuni, saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (26/2/2021).

"Untuk ibadah haji tahun 2021 sampai saat ini belum dapat dipastikan. Kita bilang jadi, ternyata gak jadi. Makanya kami pun masih menunggu informasi lebih lanjut dari pemerintah," kata Yuni.

Jumlah jemaah calon haji Kota Binjai, saat ini berkurang dari 292 menjadi 290. Hal ini disebabkan ada jemaah calon haji yang meninggal dunia. "Dua orang sudah meninggal dunia," ungkapnya didampingi sejumlah staf lainnya.

1. Pandemik COVID-19 tunda keberangkatan jemaah calon haji

Haji Terus Tertunda, 2 Calon Jemaah Binjai Meninggal DuniaANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Diakui dia, bisa saja keberangkatan jemaah calon haji akan dilaksanakan atau kembali ditunda. Kondisi ini disebabkan pandemi COVID-19 yang tak kunjung mereda, baik di dalam negeri maupun manca negara.

"Makanya kita belum bisa memberikan kepastian. Sebab, kabarnya pun umrah saat ini kembali dihentikan," terang dia.

Baca Juga: 897 Jemaah Ajukan Pengembalian Setoran Pelunasan Haji 2020

2. Keberangkatan tertunda hingga beberapa tahun

Haji Terus Tertunda, 2 Calon Jemaah Binjai Meninggal DuniaSuasana Haji di tengah pandemik COVID-19 tahun 2020 (Youtube.com/Makkah Live - Hajj 2020)

Padahal, Yuni menyebutkan, jumlah jamaah calon haji asal Kota Binjai, yang mencapai 290 orang merupakan jamaah calon haji yang semestinya berangkat pada 2020 lalu.

"Kalau tahun ini haji ditunda, maka jemaah calon haji tahun 2020 akan diberangkatkan pada tahun berikutnya. Artinya, di saat ibadah haji dibuka, maka jemaah haji tahun 2020 yang akan diberangkatkan," jelasnya.

3. Dua jemaah calon haji meninggal dunia sebelum berangkat

Haji Terus Tertunda, 2 Calon Jemaah Binjai Meninggal DuniaCalon haji yang gagal berangkat (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)

Pihaknya akan terus menginformasi perkembangan terbaru. Terutama dari pemerintah pusat.

"Yang pasti, setiap informasi akan disampaikan oleh masing-masing Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) kepada jamaah calon haji. Jika ada yang mau datang ke Kemenag juga dipersilahkan, kami siap memberikan perkembangan informasi selanjutnya," tegasnya.

Baca Juga: Cerita Calon Jemaah Haji Bandung 7 Tahun Menanti, Gagal Haji Tahun Ini

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya