Comscore Tracker

Pertumbuhan Jualan Online Dua Tahun Terakhir Naik 400 Persen

Begini cara aman berbisnis online

BATUBARA, IDN Times - CEO dan Co-Founder riseloka.com, Fadli Fahmi Panjaitan menjelaskan bahwa pertumbuhan jual beli online di Indonesia dalam dua tahun terakhir mencapai 400 persen.

Syarat implementasi teknologi, yaitu pertama, perusahaan harus waspada dan terbuka terhadap pengaruh teknologi untuk mendapatkan manfaat dari teknologi tersebut. Kedua, waspada karyawan bergantung dengan tools dan owner kecanduan membeli tools. Ketiga, terbuka terhadap perubahan yang dapat meningkatkan efektifitas kinerja.

“Mulai dari mana kamu berada, gunakan apa yang kamu miliki, dan lakukan apa yang kamu bisa,” ujarnya saat Webinar Literasi Digital di Kabupaten Batu Bara, Provinsi Sumatera Utara bertajuk “Digitalisasi UMKM di Masa Pandemi”.

1. Prinsip belanja online sama dengan belanja offline

Pertumbuhan Jualan Online Dua Tahun Terakhir Naik 400 PersenIlustrasi e-commerce (IDN Times/Arief Rahmat)

Vice President evermos.com, Mohammad Iqbal menuturkan prinsip belanja online sama dengan belanja offline. Kita harus menata produk di etalase dengan rapi. Kita harus menyediakan customer service.

“Kita harus perbaiki listing dan promosinya. Cara mendigitalkan produk, yaitu produk, promosi, pricing (tidak harus “asli” untuk terlihat keren), dan place (usaha tidak harus di ruko). Pada dasarnya, semua bisnis bisa didigitalkan. Semoga kita bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri,” jelasnya.

2. Begini cara aman berbisnis online

Pertumbuhan Jualan Online Dua Tahun Terakhir Naik 400 PersenIlustrasi e-commerce (IDN Times/Arief Rahmat)

Praktisi dan Akademisi TIK, Anwar Sadat, menyampaikan cara aman bisnis online, yaitu tahu kebutuhan pasar, manfaatkan e-commerce platform, perbanyak metode pembayaran, pilih jasa pengiriman aman, hati-hati pesanan Borongan, catat semua transaksi, dan bergabung dengan komunitas.

“Cara aman belanja online, yaitu carilah rekomendasi, cari informasi sebanyak-banyaknya, jangan mudah percaya, testimoni bukan jaminan. Cara menangkal penipuan, yaitu simpan semua bukti transaksi, formulir pemesanan, bukti transfer, riwayat percakapan online, riwayat email, selalu minta nomor resi pengiriman,” ungkapnya.

3. Cara agar bisnis online bisa bertahan di masa pandemik

Pertumbuhan Jualan Online Dua Tahun Terakhir Naik 400 PersenIlustrasi e-commerce (IDN Times/Arief Rahmat)

Akademisi IPB, Soni Trison mengatakan beberapa fungsi kearifan lokal, yaitu konservasi dan pelestarian sumber daya alam; pengembangan sumber daya manusia; pengembangan kebudayaan dan ilmu pengetahuan, sebagai petuah, kepercayaan, sastra dan pantangan; bermakna sosial, misalnya upacara integrasi komunal/kerabat; bermakna sosial, misalnya pada upacara daur pertanian; bermakna etika dan moral; dan bermakna politik.

“Keunggulan sistem kerja Jepang, yaitu teamwork, peka terhadap sekitar, hubungan senior dan junior, permanent employment system, dan service yang unggul. Pendorong budaya kerja, yaitu faktor ekonomi, sosial kontrol yang baik, sense of belonging (terhadap pekerjaan/bidang), rentai sekinin (tanggung jawab bersama), pencapaian target dan insentif,” jelasnya.

Putipama selaku Key Opinion Leader menyampaikan bagaimana cara agar bisnis online bisa bertahan di masa pandemi ini, yaitu pertama, cari kesempatan untuk buka usaha. Kedua, kita harus cepat tanggap dengan konsumen, baik berupa masukan dan komentar.

Ketiga, kita harus perhatikan kebutuhan konsumen. Keempat, berikan konsumen ide, promo, gratis ongkos kirim, dan diskon.

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya