Capai Vaksinasi Tertinggi, Jokowi Apresiasi Bupati Pakpak Bharat

Jumlah warga Pakpak yang divaksinasi mencapai 82 persen

Pakpak Bharat, IDN Times - Presiden Republik Indonesia Joko 'Jokowi' Widodo, mengapresiasi prestasi Kabupaten Pakpak Bharat sebagai peringkat pertama pemberi dosis vaksinasi Covid-19 di Provinsi Sumatera Utara.

Apresiasi ini disampaikan oleh Presiden Jokowi saat Presiden melaksanakan rapat bersama Forkopimda serta Bupati/Wali Kota se-Sumut di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Jabatan Gubernur, Jalan Jenderal Sudirman, Medan, Kamis (16/9/2021).

Saat Presiden Jokowi mengecek angka capain vaksinasi, Jokowi menyebut Kabupaten Pakpak Bharat bagus sekali. "Bagus sekali Pakpak Bharat mencapai 82 persen," kata Jokowi.

Jokowi kemudian mendorong kepala daerah yang masih rendah tingkat vaksinasi untuk segera memperbaiki. Jokowi meminta Pangdam I/BB dan Kapolda Sumut membantu melakukan vaksinasi di daerah itu.

"Saya minta Pangdam, Kapolda dikerahkan, dikejar, nanti saya minta panglima TNI ditambah vaksinator sehingga daerah-daerah yang masih angkanya 7, 8, 11, 12 persen ini dikejar," tegas Jokowi.

Baca Juga: 4 Putra Sumut yang Masuk Daftar 100 Orang Terkaya di Indonesia

1. Dua kali raih peringkat pertama vaksinasi di Sumut

Capai Vaksinasi Tertinggi, Jokowi Apresiasi Bupati Pakpak BharatBupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor, saat menghadiri rapat koordinasi bersama Presiden Joko Widodo di Medan (Dok. IDN Times/Istimewa)

Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor mengaku apresiasi yang disampaikan presiden RI Joko Widodo merupakan hadiah terbesar bagi seluruh masyarakat Kabupaten Pakpak Bharat, Forkopimda,TNI/Polri serta tenaga kesehatan sebagai garda terdepan di lapangan.

"Apresiasi dari bapak Presiden ini merupakan motivasi bagi seluruh stakeholder untuk semakin meningkatkan pelayanan vaksinasi Covid-19 sehingga masyarakat khususnya di Kabupaten Pakpak Bharat bisa seluruhnya mendapatkan vaksin mulai usia 12 hingga masyarakat dewasa," ujar Franc.

Menurutnya, capaian peringkat tertinggi sementara se-Sumut ini merupakan kali kedua yang diperoleh Pakpak Bharat, setelah sebelumnya juga mencapai peringkat pertama berdasarkan data yang dirilis oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Sumatera Utara tanggal 13 Agustus 2021 yang lalu yang tercatat Dosis I 59,74 persen dan dosis II 41,99 persen.

Masih menurut Bupati Franc, dirinya saat ini juga mendorong segenap unsur dan lapisan masyarakat untuk berperan aktif dalam pelaksanaan vaksinasi usia 12-17 tahun agar segera tuntas di Kabupaten Pakpak Bharat

"Ini adalah salah satu upaya mempercepat pencapaian herd immunity atau kekebalan kelompok khususnya di kalangan pelajar SMP dan SMA di daerah kita ini, sehingga bisa terhindar dari Covid-19 dan pembelajaran tatap muka bisa secepatnya diberlakukan," jelasnya.

2. Franc berharap anak-anak SMP dan SMA untuk bisa menjadi pelopor vaksinasi

Capai Vaksinasi Tertinggi, Jokowi Apresiasi Bupati Pakpak BharatBupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor, saat menghadiri rapat koordinasi bersama Presiden Joko Widodo di Medan (Dok. IDN Times/Istimewa)

Franc berharap agar seluruh anak-anak SMP dan SMA untuk bisa menjadi pelopor vaksinasi bagi rekan-rekan dan keluarga.

"Meskipun sudah divaksin tetap harus melaksanakan protokol kesehatan, jika keluar rumah jangan pernah melepas masker. Jadilah anak yang cerdas, isilah waktu dengan hal yang bermanfaat dan positif," katanya.

Ia juga terus mengimbau dan meminta setiap masyarakat yang belum melakukan vaksinasi supaya segera melakukan vaksinasi guna mempercepat pemulihan kondisi normal di wilayah Pakpak Bharat. Dirinya juga berkomitmen mendukung percepatan persentase vaksinasi di Provinsi Sumatera Utara.

Untuk mempermudah masyarakat dalam mendapatkan vaksin dosis I dan Dosis II, Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor, pemkab Pakpak Bharat juga telah membentuk posko pelayanan terpadu vaksinasi Covid-19 yang berada di Gedung Serba Guna Salak, tepatnya di depan Rumah Dinas Bupati Pakpak Bharat dan dibuka hari Senin-Jumat pukul 09.00 -15.00 WIB.

Data terakhir yang diperoleh dari Dinas Kesehatan Kabupaten Pakpak Bharat, jumlah anak usia 12-17 yang sudah tervaksinasi di wilayah Kabupaten Pakpak Bharat adalah dosis I sebanyak 98,48 persen dan dosis II sebanyak 18,94 persen. Sedangkan jumlah total keseluruhan persentase capaian vaksinasi di Kabupaten Pakpak Bharat adalah Dosis I 83,26 persen dan Dosis II 52,89 persen.

3. Temui Jokowi naik avanza

Capai Vaksinasi Tertinggi, Jokowi Apresiasi Bupati Pakpak BharatBupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor menggunanakan mobil dinas jenis Toyota Avanza (Dok. IDN Times/Istimewa)

Saat menghadiri acara pengarahan Presiden Jokowi di Medan, Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor terlihat sangat berbeda dengan para kepala daerah lain yang hadir pada kesempatan tersebut.

Kebanyakan para kepala daerah menggunakan kenderaan mewah, namun orang nomor satu di Kabupaten Pakpak Bharat tersebut malah terlihat menggunakan kenderaan sederhana, yaitu mobil plat merah, jenis Toyota Avanza berwarna putih.

Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor, saat turun dari kenderaan terlihat menggunakan seragam Pakaian Dinas Harian (PDH) Aparatur Sipil Negara(ASN) berwarna coklat muda, langsung menuju Aula Tengku Rizal Nurdin di Kompleks Rumah Dinas Gubernur Sumatera Utara dengan terlebih dahulu melewati pemeriksan persyaratan Protokol Kesehatan.

"Kehadiran saya disini untuk memenuhi undangan pengarahan dari Pak Presiden Joko Widodo," kata Franc.

Ketika ditanyakan kenderaan berplat merah Bernomor Polisi BB 1 Z yang ditumpanginya, Bupati Pakpak Bharat menyatakan kenderaan tersebut adalah kenderaan dinasnya.

"Iya ini kenderaan operasional saya. Ya harus kita sesuaikanlah dengan kondisi dan kemampuan daerah kita" ujar Franc

Ia mengaku biasa saja. Bahkan dirinya juga mengaku sering melakukan kunjungan kerjanya di daerah dengan menggunakan kenderaan roda dua jenis Vespa.

"Biasa saja, kalau di Pakpak Bharat saya malah sering menggunakan kenderaan roda dua saat melakukan kunjungan kerja, gak apa kan?" ujarnya.

Baca Juga: Donald Sihombing Tak Masuk Daftar Orang Terkaya Lagi, Ini Penyebabnya

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya