Gubernur Edy Rahmayadi Jamin Tes Virus Corona dan Pengobatan Gratis

Yuk kita lawan virus corona guys

Medan,IDN Times – Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi memastikan, seluruh biaya pengecekan kesehatan terkait COVID-19 atau corona gratis. Hal itu diungkapkan Edy Rahmayadi saat ditemui di Kantor Gubernur, Selasa (17/3).

“Semua biaya ditanggung oleh pemprov karena ini adalah darurat. Kalau sudah darurat berarti pemerintah daerah yang menanggung,” ungkap Edy Rahmayadi.

1. Pemprov Sumut siapkan 330 kamar isolasi

Gubernur Edy Rahmayadi Jamin Tes Virus Corona dan Pengobatan GratisRumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik menyiagakan 11 ruangan isolasi untuk pasien terjangkit virus corona (Albert Ivan Damanik for IDN Times)

Pihaknya juga sudah menyiagakan 330 kamar isolasi di sejumlah rumah sakit yang ada di Sumut. Pemprov Sumut juga tengah berkoordinasi dengan Polda Sumut untuk penambahan ruang isolasi hingga 1.000 kamar.

“Rumah Sakit akan memuat ruang isolasi  yang benar-benar memenuhi persyaratan tentang penanganan wabah ini,” kata mantan Ketua PSSI itu.

Baca Juga: Sumut Siaga Corona, Gubernur Edy: Masyarakat Jangan Panik

2. Ada 8 Pasien dalam Pengawasan di RSUP Adam Malik dan 22 Orang dalam Pemantauan

Gubernur Edy Rahmayadi Jamin Tes Virus Corona dan Pengobatan GratisRSUP H Adam Malik (IDN Times/Indah Permata Sari)

Pemprov Sumut juga sudah membentuk gugus tugas penanganan COVID-19. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) ditunjuk sebagai koordinator gugus tugas. Gugus Tugas itu berisi berbagai macam instansi terkait.

Data yang dihimpun, saat ini ada 8 Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang dirawat di ruang isolasi Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik, Medan. Sementara itu ada 22 Orang Dalam Pemantauan (ODP) di sejumlah daerah di Sumut.

Sebelumnya sudah ada 2 orang PDP yang sudah pulang dari RSUP Haji Adam Malik. Untuk diketahui, meski berstatus PDP, beleum tentu pasien yang dirawat positif terjangkit corona. Yang berhak mengumumkan positif atau tidaknya adalah dari Kementerian Kesehatan setelah keluar hasil penelitian dari Balitbang Kemenkes RI.

3. Gubernur Sumut juga sudah keluarkan surat edaran untuk peningkatan kewaspadaan terhadap risiko corona

Gubernur Edy Rahmayadi Jamin Tes Virus Corona dan Pengobatan GratisSurat edaran Gubernur Sumatera Utara (Dok.IDN Times/istimewa)

Sebelumnya, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi menerbitkan surat edaran tentang peningkatan kewaspadaan terhadap risiko penularan infeksi COVID-19. Surat bernomor 440/2666/2020 itu ditandatangani Edy hari ini, Selasa (17/3).

Surat itu berisi tentang imbauan kepada para pelajar SMA, SMK dan SLB negeri dan swasta untuk belajar mandiri di rumah masing-masing.

“Mulai hari ini anak-anak kita bukan diliburkan tetapi belajar di rumah dengan menggunakan media yang ada e-learning, ada yang menggunakan WA atau pekerjaan-pekerjaan rumah yang diberikan guru dan sekolah masing-masing sehingga murid-murid itu tetap belajar di rumahnya masing-masing diawasi oleh orangtuanya,” ungkap Edy Rahmayadi.

Baca Juga: Edy Rahmayadi: Anak Sekolah Bukan Diliburkan, Tapi Belajar di Rumah

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya