Pemerintah Aceh Mulai Salurkan Bantuan Masa Panik untuk Korban Banjir

Dampak banjir terus meluas, Dinsos inisiatif tambah bantuan

Banda Aceh, IDN Times - Pemerintah Provinsi Aceh mulai mengirimkan bantuan masa panik untuk korban banjir yang terjadi beberapa hari terakhir di lintas utara dan timur dalam provinsi ini, pada Senin (3/1/2021).

Bantuan tersebut disalurkan oleh Dinas Sosial Provinsi Aceh  serta Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) usai menerima perintah dari Gubernur Aceh, Nova Iriansyah. Ia menyebutkan dirinya mengikuti perkembangan dan memantau situasi banjir yang terjadi.

“Saya prihatin dan menaruh rasa kepedulian yang amat besar terhadap bencana ini,” kata Nova, dalam keterangan tertulis yang diterima, pada Selasa (4/1/2021).

1. Menyalurkan bantuan ke lokasi darurat bencana banjir

Pemerintah Aceh Mulai Salurkan Bantuan Masa Panik untuk Korban BanjirTangkap layar dari video kondisi banjir di Kabupaten Aceh Timur, Aceh. (Dokumentasi warga untuk IDN Times)

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBA, Ilyas mengatakan, pihaknya telah menindaklanjuti arahan gubernur Aceh agar segera menyalurkan bantuan logistik kepada masyarakat yang terkena dampak sesuai dengan standar dan norma pelayanan darurat bencana banjir di kabupaten kota. Langkah tersebut sebagai wujud tanggung jawab dan rasa kepedulian Pemrintah Aceh

“Menyalurkan bantuan untuk masyarakat terdampak bencana banjir utamanya untuk masyarakat terdampak di kabupaten kota yang telah berstatus darurat bencana banjir,” kata Ilyas.

2. Bantuan diharapkan segera disalurkan ke masyarakat

Pemerintah Aceh Mulai Salurkan Bantuan Masa Panik untuk Korban BanjirPemerintah Provinsi Aceh mulai menyalurkan bantuan masa panik untuk korban banjir di lintas utara dan timur Aceh. (Foto: Istimewa)

BPBA sendiri menyalurkan bantuan logistik ke wilayah Kabupaten Aceh Timur. Bantuan itu diterima langsung Kalak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Timur, Ashadi.

“Harapan Pak Gubernur agar bantuan tersebut secepatnya didistribusikan kepada masyarakat terdampak secara berkeadilan dan tepat sasaran,” kata Ilyas.

Adapun bantuan logistik yang diserahkan, berupa beras 5.000 Kg, minyak goreng 500 liter, gula pasi 250 Kg, air mineral dalam kemasan 400 kardus, telur ayam 6.000 butir, serta mi instan 500 kardus.

3. Dinas Sosial berinisiatif menambah barang bantuan masa panik

Pemerintah Aceh Mulai Salurkan Bantuan Masa Panik untuk Korban BanjirIlustrasi bantuan bahan pangan untuk masyarakat terdampak COVID-19. ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman

Sehubungan dengan itu, bantuan juga diserahkan ke wilayah Kabupaten Aceh Utara. Bantuan tersebut diberangkatkan dari Kota Banda Aceh, pada Senin (3/1/2021) malam dengan diantar langsung oleh Kepala Dinas Sosial Provinsi Aceh, Yusrizal. Selanjutnya, bantuan diserahkan kepada Kepala Dinas Sosial Kabupaten Aceh Utara, Fuad Mukhtar, pada Selasa (4/1/2021).

Yusrizal mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi terkait penanganan banjir terutama menyangkut pendistribusian bantuan serta kondisi terkini masyarakat yang terkena dampak banjir.

Dia juga menyampaikan, sebelum musibah banjir ini terjadi, pihaknya telah menyetok barang di setiap gudang yang ada. Akan tetapi, dikarenakan banjir di beberapa kabupaten kota di Aceh terus meluas, sehingga pihaknya berinisiatif untuk menambah bantuan.

“Dinas Sosial Aceh berinisiatif untuk menambah barang bantuan masa panik untuk masyarakat dalam bentuk sandang dan pangan,” ucap Yusrizal.

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya