Comscore Tracker

Mahasiswa Ditemukan Tewas Gantung Diri di Lantai 2 Warung Kopi di Aceh

Korban adalah mahasiswa yang kuliah di Jakarta

Aceh Besar, IDN Times - Warga yang menghuni kamar indekos di lantai dua warung kopi (warkop) 512 di Gampong Lam Bheu, Kecamatan Darul Imarah, Kabupaten Aceh Besar, Aceh, pada Selasa (4/1/2022) geger. Pasalnya, sekitar pukul 01.30 WIB, salah seorang penghuni kamar ditemukan tewas dengan posisi leher tergantung pada tali pinggang

“Ditemukan di lantai dua sebuah warkop 512,” kata Kepala Satuan Reserse Kriminal (Kasat Lantas) Kepolisian Resor Kota (Polresta) Banda Aceh, Komisaris Polisi (Kompol) Muhammad Ryan Citra Yudha, saat dikonfirmasi, pada Selasa (4/1/2022).

1. Mahasiswa asal Aceh yang kuliah di Jakarta

Mahasiswa Ditemukan Tewas Gantung Diri di Lantai 2 Warung Kopi di AcehIlustrasi Bunuh Diri (IDN Times/Mardya Shakti)

Adapun korban dikatakan Ryan, seorang mahasiswa berinsial SR (23) warga Kabupaten Bireuen, Aceh. Dia selama ini berdomisili di Kelurahan Kebon Manggis, Kecamatan Matraman, Kota Jakarta Timur, Jakarta.

“Dari keterangan saksi, korban merupakan mahasiswa salah satu perguruan tinggi di Jakarta dan keseharian korban dari keterangan saksi korban banyak diam dan sering duduk sendiri,” kata Ryan.

Baca Juga: Banjir di Aceh Utara Rendam 14 Kecamatan, Satu Warga Meninggal

2. Korban pertama kali ditemukan oleh sang ayah

Mahasiswa Ditemukan Tewas Gantung Diri di Lantai 2 Warung Kopi di AcehIlustrasi jenazah (IDN Times/Sukma Shakti)

Ryan mengatakan, korban pertama kali ditemukan oleh saksi, tak lain adalah ayahnya. Ketika itu, ayah korban yang ingin masuk ke kamar, mendapati pintu dengan kondisi terkunci dari dalam dan lampu terlihat mati.

Saksi sempat mengetuk dan beberapa kali memanggil nama korbanm namun tidak ada jawaban. Tindakan tersebut malah menarik perhatian penghuni kamar lainnya, bernama Nizam.

Ayah korban lalu membuka pintu kamar dengan cara mencungkilnya. Setelah berhasil membukanya, ayah korban berteriak melihat posisi anaknya di kamar yang telah tergantung dengan tali pinggang melilit bagian leher.

“Setelah tubuh korban dilepaskan dari ikatan tali pinggang, ayah korban meletakan tubuh korban di lantai dan saudara nizam turun ke bawah memberitahukan temannya,” jelas Ryan.

3. Kuat dugaan korban mengakhiri hidupnya dengan menggantung diri

Mahasiswa Ditemukan Tewas Gantung Diri di Lantai 2 Warung Kopi di Acehilustrasi bunuh diri (IDN Times/Arief Rahmat)

Temuan tubuh korban yang telah meninggal dalam kondisi tergantung kemudian dilaporkan para penghuni kamar ke Kepolisian Sektor (Polsek) Darul Imarah. Hasil pemeriksaan tempat kejadian perkara (TKP) dan para saksi, tidak ditemukan adanya tanda-tanda bekas kekerasan pada tubuh korban. Kuat dugaan, korban mengakhiri hidupnya dengan cara gantung diri menggunakan tali pinggang untuk mengikat lehernya.

Meski demikian, Ryan menyampaikan, tubuh korban tidak dilakukan autopsi sesuai permintaan keluarga yang telah membuat surat pernyataan penolakan proses identifikasi. Pihak keluarga mengaku telah ikhlas atas kematian korban.

Jasad korban telah dibawa oleh keluarganya untuk dimakamkan di tempat pemakaman yang ada di kampung halaman mereka di Kabupaten Bireuen.

Belum diketahui secara pasti apa penyebab mahasiswa salah satu perguruan tinggi di Jakarta asal Aceh tersebut mengakhiri hidupnya.

“Masih dalam penyelidikan --kasus bunuh diri--,” tutupnya.

____________________________________________________________________

Mari bersama cegah perilaku bunuh diri 

Bunuh diri merupakan masalah kesehatan jiwa serius yang sering diabaikan masyarakat. Jika kamu membutuhkan pertolongan atau mengenal seseorang yang membutuhkan bantuan, kamu bisa menghubungi layanan konseling pencegahan bunuh diri, di nomor telepon gawat darurat (emergency) hotline (021) 500–454 atau 119, bebas pulsa.

Menurut data dari Kementerian Kesehatan RI, saat ini sudah terdapat lebih dari 3.000 Puskesmas yang memiliki layanan kesehatan jiwa. Kamu bisa menghubungi atau langsung mendatangi Puskesmas terdekat untuk mengetahui apakah mereka melayani kesehatan jiwa. Bagi pemegang BPJS, konsultasi kejiwaan di Puskesmas tidak dikenakan biaya alias gratis. Jika belum memiliki BPJS, kamu tetap bisa berkonsultasi dengan biaya administrasi sebesar Rp5.000.

Selain itu, Kemenkes RI juga menyiapkan 5 RS jiwa rujukan yang dilengkapi dengan layanan konseling kesehatan jiwa dan pencegahan bunuh diri. RS jiwa tersebut ialah:

RSJ Amino Gondohutomo Semarang, nomor telepon (024) 6722565
RSJ Marzoeki Mahdi Bogor, nomor telepon (0251) 8324024, 8324025, 8320467
RSJ Soeharto Heerdjan Jakarta, nomor telepon (021) 5682841
RSJ Prof Dr Soerojo Magelang, nomor telepon (0293) 363601
RSJ Radjiman Wediodiningrat Malang, nomor telepon (0341) 423444

NGO Indonesia pencegahan bunuh diri:
Jangan Bunuh diri || telp: (021) 9696 9293 || email: janganbunuhdiri@yahoo.com
Organisasi INTO THE LIGHT || message via page FB: Into The Light Indonesia (@IntoTheLightID) || direct message via Twitter: @IntoTheLightID
Kementrian Kesehatan Indonesia || telp: (021) 500454

Baca Juga: Pemerintah Aceh Mulai Salurkan Bantuan Masa Panik untuk Korban Banjir

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya