Bebas dari Penjara, Ahok Disarankan Tidak Kembali ke Dunia Politik

Bebas murni dari Mako Brimob, Kelapa Dua hari ini

Jakarta, IDN Times - Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok resmi bebas dari penjara, Kamis (24/1) pagi.

Ia sudah mendekam sekitar 20 bulan di Rumah Tahanan Mako Brimob Kelapa Dua, Depok karena dinyatakan bersalah melakukan penodaan agama.

Publik pun dibuat penasaran, ke mana langkah Gubernur DKI Jakarta 2014-2017 itu setelah kembali menghirup udara bebas. Sejumlah kalangan menginginkannya kembali terjun ke politik dan masuk partai tertentu, namun tak sedikit pula yang menyebutnya akan berbisnis.

Pengamat politik Indonesian Public Institute (IPI) Jerry Massie menyarankan agar Ahok tak kembali ke politik dulu. Apa sebabnya?

1. Ahok disarankan 'puasa’ politik dahulu

Bebas dari Penjara, Ahok Disarankan Tidak Kembali ke Dunia PolitikInstagram/@basukibtp

Jerry menyarankan agar Ahok puasa politik dulu, Seandainya ada tawaran bergabung menjadintim sukses salah satu kubu atau partai, Jerry menyarankan Ahok untuk tak mengambilnya.

"Jangan dulu afiliasi politik sama Jokowi maupun Prabowo. Kendati dipinang, lupakan dulu. Lantaran saat ini lagi sensitif dan suhu politiknya agak panas," ujar Jerry, Rabu (23/1).

2. Jerry menilai Ahok tak perlu gabung kubu Jokowi maupun Prabowo

Bebas dari Penjara, Ahok Disarankan Tidak Kembali ke Dunia Politik(Ahok tengah menandatangani dokumen pembebasan) Instagram/@basukibtp

Lebih lanjut, Jerry mengatakan Ahok tak perlu tergesa-gesa seandainya ingin kembali ke dunia politik mengingat suhu yang sedang meninggi tengah berlangsung.  

"Ini bisa punya dampak yang kurang baik. Cuti politik untuk sementara dulu dengan berbagai pertimbangan,” kata Jerry.

Baca Juga: Kalapas LP Cipinang Bantah Ahok Dapat Perlakukan Istimewa

3. Ahok bebas hari ini

Bebas dari Penjara, Ahok Disarankan Tidak Kembali ke Dunia PolitikIDN Times/Helmi Shemi

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Yasonna Laoly menyatakan, Ahok akan dibebaskan pada jam kerja. Ia bebas murni dan tidak menggunakan fasilitas pembebasan bersyarat.

"Nanti kan dia bebas murni, karena dia tidak mau (mengambil) PB (pembebasan bersyarat), ya udah kita keluarin dia di tanggal 24 Januari. Nanti, prosedur administratifnya diselesaikan di (Lapas) Cipinang, sedangkan pembebasannya di Mako (Brimob Kelapa Dua)," kata Yasonna ketika ditemui di kantor Kemenkum HAM pada Selasa (22/1).

4. Bebasnya Ahok tak perlu dibesar-besarkan

Bebas dari Penjara, Ahok Disarankan Tidak Kembali ke Dunia PolitikInstagram/@basukibtp

Yasonna juga mengimbau kepada publik, agar bebasnya mantan Bupati Belitung Timur tersebut tidak dibesar-besarkan.

"Ya, biasa aja kok. Ini kan orang keluar dari lapas dan menyelesaikan masa tahanannya. Jadi, hal yang biasa. Janganlah (dibesar-besarkan)," kata Yasonna.

5. Ahok sampaikan permintaan maaf

Bebas dari Penjara, Ahok Disarankan Tidak Kembali ke Dunia PolitikInstagram/@basukibtp

Pada Kamis (17/1), Ahok menulis surat yang ditujukan kepada publik khususnya Ahokers (pendukung Ahok) menjelang berakhirnya masa tahanan. Dalam surat tersebut, Ahok menyampaikan banyak pesan dan curahan isi hatinya. Salah satu isi surat tersebut tertulis bahwa dirinya ingin meminta maaf kepada banyak pihak atas kesalahan yang ia lakukan di masa lampau.

“Pada kesempatan ini saya juga mau sampaikan kepada Ahokers, PNS DKI, para pembenciku sekalipun, aku mau sampaikan mohon maaf atas segala tutur kata, sikap, perbuatan yang sengaja maupun tidak sengaja menyakiti hati dan perasaan saudara dan anggota keluarganya,” katanya dalam surat tersebut.

Baca Juga: Ahok Resmi Bebas dan Tinggalkan Mako Brimob

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya