Comscore Tracker

3 Prinsip yang Bisa Kamu Terapkan dalam Persahabatan

Efektif bikin awet Guys

Medan, IDN Times – Persahabatan atau Ash Shahabah dalam bahasa Arab menjadi bagian penting dalam kehidupan. Setiap orang pasti memiliki sahabat. Baik dalam jumlah banyak atau sedikit.

Dinamik dalam persahabatan juga hal yang biasa. Namun ada yang memicu konflik hingga berujung rusaknya persahabatan . 

Mau persahabatan mu awet? Yuk intip tips yang mungkin bisa kamu terapkan. Tentunya harus sungguh-sungguh dan dari hati yah guys!

1. Jujur

3 Prinsip yang Bisa Kamu Terapkan dalam Persahabatanpixabay.com

Dalam kehidupan, kejujuran adalah harga mati yang harus dibayar. Kejujuran juga jadi kunci awetnya persahabatan.

Dari kejujuran juga bakal muncul rasa saling percaya. Dalam persahabatan, ini yang tak bisa ditawar-tawar. Kalau bohong sudah masuk dalam persahabatan, bisa sulit. Kepercayaan sahabat bisa luntur. Meskipun kebohongan yang kita lakukan sudah dimanfaatkan.

Kejujuran juga bisa menjadi sumber rezeki. Misalnya saja, karena sahabat kita sudah percaya dengan kejujuran kita, dia tak segan-segan untuk meminta kita memberikan sesuatu seperti pekerjaan. Karena dia sudah percaya dengan kejujuran kita.

Jadi jangan sampai tidak jujur dengan sahabat kita ya.

2. Sadar diri

3 Prinsip yang Bisa Kamu Terapkan dalam Persahabatanpexels.com/graham wizardo

Untuk tips yang satu ini terkadang sering terlupakan. Sadar diri tak kalah pentingnya dengan kejujuran. Seorang sahabat harus paham betul konsep ini.

Sadar diri tak jauh beda dengan sejauh mana kita bisa mengintrospeksi diri kita sendiri. Apakah kita memang benar-benar sudah menjadi sahabat yang bisa diandalkan, atau malah kita hanya menjadi beban.

Konsep ini mengajarkan kita untuk bersikap. Misalnya menjaga tingkah laku agar tidak menyinggung perasaan sahabat. Tidak iri jika sahabat punya kelebihan.

Sadar diri tidak diajarkan di sekolahan atau kampus. Konsep ini hanya bisa dipelajari selama kita hidup. Jika merasa tidak pantas untuk sesuatu hal bukan untuk menghindarinya. Tapi cobalah belajar, introspeksi dan sadari kekurangan. Dari situ kita bakal meningkatkan kemampuan sadar diri kita.

3. Tahu diuntung

3 Prinsip yang Bisa Kamu Terapkan dalam Persahabatanunsplash.com/Duy Pham

Ini nih konsep yang kadang kita lupakan dalam persahabatan. Kalau tak punya konsep ini, sudah barang tentu persahabaan tidak akan  awet.

Sederhana saja sebenarnya. Tidak sulit juga untuk dilakukan.

Misalnya, sahabat sudah sering membantu kita dalam berbagai hal. Ketika dia membutuhkan bantuan, seperti sudah keharusan kita untuk mengiyakan untuk membantunya.

Ingat, dalam persahabatan ada konsep ‘saling’.  Saling membantu, saling menutupi kekurangan, saling memahami.

 Semoga saja tips ini bisa membuat kalian makin awet dengan sahabat.

Baca Juga: 9 Variasi Hijab Laudya Cynthia Bella yang Anggun dan Trendi

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya