Comscore Tracker

5 Tips Ketika Kamu Kehilangan Motivasi untuk Apapun

Memiliki motivasi yang kuat memberimu energi untuk bertumbuh

Seperti yang kita ketahui, untuk melakukan segala sesuatu berawal dari motivasi. Namun, terkadang kita kehilangan motivasi begitu saja. Banyak faktor yang membuat kita kehilangan motivasi, dari faktor internal sampai eksternal.

Diri kamu yang malas, atau lingkungan yang negatif turut berpengaruh terhadap tinggi rendahnya motivasi. Maka, kamu penting sekali untuk menumbuhkan motivasi hidup.

Ketika kamu kehilangan motivasi untuk melakukan apapun, kamu bisa menerapkan 5 tips berikut ini! 

1. Maafkan kesalahan yang sudah kamu perbuat dan usir self criticism

5 Tips Ketika Kamu Kehilangan Motivasi untuk ApapunIlustrasi perempuan (Pixels.com/cottonbro)

Kehilangan motivasi biasanya dikarenakan pernah gagal. Maka, ketika gagal hal yang harus kamu lakukan yang pertama adalah memaafkan dirimu sendiri. Kegagalan adalah hal yang wajar, jadi sangat buruk ketika kamu menghakimi dirimu sendiri. Ketika gagal, tidak menutup kemungkinan akan muncul self criticism yang selalu menganggap diri kamu lemah, tidak mampu, dan tidak cukup.

Ketika kamu sudah memaafkan kesalahan yang kamu lakukan, kamu tidak akan berlarut dalam kesedihan, lalu kamu akan mulai merajut motivasimu kembali. Salahsatunya motivasi untuk mencapai impianmu. 

2. Mengingat kembali tujuan dan alasan harus melakukan sesuatu

5 Tips Ketika Kamu Kehilangan Motivasi untuk ApapunIlustrasi bekerja (pexels.com/ThisIsAnginering)

Misalnya ketika kamu malas untuk menulis artikel, malas untuk olahraga, atau malas untuk belajar. Nah! Di saat seperti itu, kamu perlu mengingat kembali tujuan kamu mengapa kamu perlu melakukan hal tersebut. Mengingat kembali tujuanmu akan menjadi pendorong yang menumbuhkan kembali motivasi untuk melakukan sesuatu yang memang seharusnya kamu lakukan.

Misalnya kamu ingin berhenti meroko, tapi tidak memiliki motivasi yang kuat untuk berhenti. Maka, kamu perlu mengingat alasan kenapa kamu harus berhenti, jika kamu memiliki alasan yang kuat. Kamu akan mudah untuk berhenti. 

Baca Juga: Kebakaran di Polda Sumut, Berkas Penting Dipastikan Tak Hangus

3. Visualisasikan kesuksesan, kegagalan, dan penyesalan

5 Tips Ketika Kamu Kehilangan Motivasi untuk Apapunilustrasi merenung (pexels.com/Mikhail Nilov)

Memvisualkan artinya kamu menjadikan suatu konsep seolah-olah terlihat. Kamu dapat membayangkan manisnya kesukesan lalu membayangkan pahitnya kegagalan. Maka, kamu akan tumbuh motivasi karena takut pahitnya akan kegagalan dan tergiur manisnya kesuksesan.

Misalnya saat kamu memvisualisasikan memiliki mobil yang kamu impikan, maka kamu akan menciptakan motivasi dari dalam. Kamu bisa melakukan memvisualisasikan keinginan atau kesuksesan yang kamu inginkan ketika kamu selalu menunda-nunda atau kehilangan motivasi. 

4. Hindari pengaruh negatif

5 Tips Ketika Kamu Kehilangan Motivasi untuk ApapunIlustrasi pertemanan (Pixels.com/Mart Production)

 Tidak dipungkiri hilangnya motivasi biasa dikarenakan faktor eksternal. Lingkungan di mana kamu berada akan mempengaruhimu suasan hati, lho! Jika kamu berada dilingkungan yang terus bertumbuh, membicarakan berbagai rencana, dan melakukan hal-hal baru, kamu akan ikut tumbuh dan menginternalisasikan apa yang kamu lihat atau kamu dengar.

Berada dilingkungan yang positif akan memberimu energi positif pula dan dapat menumbuhkan motivasi untuk meraih apa yang kamu mau. Pastikan ruang kamu dikelilingi orang yang dapat memotivasi mu lebih baik lagi. 

5. Beristirahat saat dibutuhkan

5 Tips Ketika Kamu Kehilangan Motivasi untuk ApapunIlustrasi perempuan sedang membac (Pixels.com/George Milton)

Banyak yang mengira bahwa kesuksesan bisa diraih hanya dalam satu malam, sehingga mereka lupa tidur, makan, dan lupa refreshing. Kita tahu bahwa kesuksesan dicapai dengan berbagai perjuangan dan waktu yang cukup panjang. Jadi, pastikan kamu memiliki waktu untuk istirahat.

Ketika kamu istirahat kamu akan mendapat energi baru dan dapat memiliki waktu untuk mengevaluasi apa yang sudah dilakukan dan motivasi untuk kembali melakukan sesuatu akan terkumpul.

Memiliki motivasi yang kuat akan membuatmu bertumbuh. Jadi, ketika kamu kehilangan motivasi kamu bisa terapkan, nih 5 tips di atas. Semoga bermanfaat. 

Baca Juga: Polda Sumut Sita Kakatua Jambul Kuning dari Rumah Bos Judi Online

Aneu Rizky Yuliana Photo Community Writer Aneu Rizky Yuliana

A girl without others.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya