Comscore Tracker

5 Cara agar Kebiasaan Buruk Tidak Terulang Kembali 

Kebiasaan buruk harus kamu hilangkan

Setiap orang mungkin memiliki kebiasaan buruk yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain. Kebiasaan buruk yang dilakukan setiap hari akan berdampak pada masa depan seseorang. Pastinya kamu tidak ingin hal tersebut terjadi.

Berikut 5 cara agar kebiasaan buruk tidak terulang kembali. Siapa tahu bisa mengubah hidupmu lebih baik.

1. Menghilangkan petunjuk 

5 Cara agar Kebiasaan Buruk Tidak Terulang Kembali Ilustrasi cowok yang ingin membuang barang (Pexels.com/Mikhail Nilov)

Dengan menghilangkan petunjuk pada suatu kebiasaan buruk dapat membuat seseorang tidak sadar dengan kebiasaan tersebut. Dan buat barang-barang yang membuatmu melakukan kebiasaan buruk dangan menyembunyikan di tempat yang tidak dapat kamu jangkau. Soalnya kebiasaan manusia jika melihat suatu petunjuk dia akan melakukan kegiatan sesuai petunjuk yang dia lihat.

2. Pikirkan kerugian jika melakukan kebiasaan buruk 

5 Cara agar Kebiasaan Buruk Tidak Terulang Kembali Ilustrasi pria yang sedang berpikir (Pexels.com/Athena)

Sebelum melakukan kebiasaan pikirkan manfaat dan ruginya, jika rugi lebih besar daripada manfaatnya maka tinggalkan kebiasaan tersebut dan beralih pada kebiasaan baik.

Kamu harus mengubah pola pikir tentang suatu kebiasaan, pikirkan manfaat dari kebiasaan untuk masa depan.

Baca Juga: 5 Novel Tentang Hubungan Ayah dan Anak, Penuh Haru dan Tangis

3. Membuat kebiasaan itu menjadi sulit 

5 Cara agar Kebiasaan Buruk Tidak Terulang Kembali Ilustrasi wanita yang pusing (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Seseorang akan malas bergerak jika suatu perilaku sulit di lakukan, untuk itu buatlah kebiasaan buruk menjadi lebih sulit agar kamu malas untuk melakukannya. Contohnya jika kamu orang yang suka melihat media sosial hingga lupa waktu, kamu dapat menghapus aplikasi media sosial kamu. Karena engan itu kamu akan merasa lebih malas harus mengunduh aplikasi serta harus login di akun kamu.

4. Berada pada lingkungan yang positif

5 Cara agar Kebiasaan Buruk Tidak Terulang Kembali Ilustrasi komunitas positif (Pexels.com/Dio Hasbi Saniskoro)

Lingkungan sangat berpengaruh pada kebiasaan seseorang. Carilah teman yang mengigatkan atau menegur kamu jika berada pada kebiasaan buruk, sehingga membantu kamu untuk menghentikan kebiasaan yang buruk.

Dengan lingkungan yang positif maka kita yang berada pada lingkungan tersebut juga ikut pada kebiasaannya.

5. Membuat rencana yang matang 

5 Cara agar Kebiasaan Buruk Tidak Terulang Kembali Ilustrasi wanita yang menulis rencana (Pexels.com/ Vlada Karpovich)

Dengan adanya rencana seseorang lebih terarah dalam melakukan sesuatu. Buat rencanamu lebih realistis agar kamu tahu kapan dan dimana akan melakukannya, dengan ini seseorang sulit berada pada kebiasaan buruk. Dan lebih baik mengubah sedikit-sedikit tapi tuntas, daripada sekaligus tapi macet di tengah jalan.

Untuk menghilangkan kebiasaan buruk memang tidak mudah perlu banyak waktu. Daripada menyesal nantinya, maka mulailah menerapkan 5 cara agar kebiasaan buruk tidak terulang kembali.

Baca Juga: 7 Tip yang Bisa Membantu Kamu Menemukan Passion

akbar_putri Photo Community Writer akbar_putri

Mahasiswi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya