Comscore Tracker

Musuh Jadi Baik! 5 Alasan Ceramah no Jutsu Naruto Sering Berhasil

Naruto memang ahli menyadarkan musuhnya

Satu hal yang unik dari serial Naruto adalah musuh-musuh yang bisa menjadi baik di ending-nya. Bukan tanpa alasan. Itu semua karena jurus Naruto.

Tentu bukan karena dihajar Rasengan, atau jurus andalan Naruto lainnya. Melainkan karena ceramah no jutsu. Emang ada jurus seperti itu?

Ya, tentunya tidak termasuk dalam jurus. Sebutan ceramah no jutsu juga buatan fans Indonesia. Itu karena Naruto punya kemampuan menceramahi musuhnya hingga sadar dan berbalik jadi baik. Naruto seperti pendahulunya Asura dan Hashirama yang juga suka mengayomi penjahatnya.

Kira-kira kenapa ceramah no jutsu berhasil? Simak 5 alasannya.

1. Musuh-musuh Naruto kebanyakan sebenarnya tidak jahat. Hanya salah jalan

Musuh Jadi Baik! 5 Alasan Ceramah no Jutsu Naruto Sering Berhasilaminoapps.com

Ini yang sering disinggung oleh para penggemar, yaitu musuh-musuh di Naruto. Rata-rata musuh di Naruto memang tidak sepenuhnya jahat, dalam artian tujuan mereka rata-rata ya perdamaian juga, namun dengan cara yang salah saja.

Mereka yang berhasil terjebak dengan Ceramah no Jutsu juga rata-rata musuh Naruto yang tujuannya menjadi jahat adalah kedamaian versi mereka (yang sebenarnya salah) misalkan Nagato, Obito, atau Sasuke

2. Jurus ini keluar saat lawannya mengalami hal buruk

Musuh Jadi Baik! 5 Alasan Ceramah no Jutsu Naruto Sering Berhasilcrunchyroll.com/naruto-shippuden

Ketika seseorang mengalami hal buruk dan masuk ke fase bingung serta depresi awal, maka dia akan mendengar beberapa ucapan orang lain dengan serius.

Naruto hampir tak pernah menggunakan Ceramah no Jutsu ke lawannya saat baru bertarung, biasanya dia menggunakannya di akhir pertarungan.

Ceramah no Jutsu baru berhasil ke Nagato setelah secara teknis dia kehilangan gurunya, Jiraiya dan setelah Naruto menyadari seberapa penting Nagato bagi Jiraiya dari novelnya.

Teknik ini juga berhasil ke Obito setelah dia kalah dari kekuatan "kerjasama" Naruto dan aliansinya.

Zabuza kena Ceramah no Jutsu setelah kematian Haku, serta Zabuza sadar kalau kata-kata Naruto ada benarnya juga.

Gaara juga kena teknik ini setelah dia dikalahkan oleh Naruto lalu keduanya sudah tidak berdaya, melihat Naruto masih berusaha melawannya dengan segala kekurangan dan kisah lama Naruto yang mirip dengannya, Gaara pun luluh.

Coba dia langsung menggunakan Ceramah no Jutsu di awal, pasti tidak akan berhasil. Memang ini jurus pamungkas sekali.

Baca Juga: Selalu Menolak, 6 Alasan Jiraiya Sangat Pantas Jadi Hokage di Naruto

3. Naruto berbicara dari "posisi" yang sama

Musuh Jadi Baik! 5 Alasan Ceramah no Jutsu Naruto Sering Berhasilcrunchyroll.com/naruto-shippuden

Kalau kamu tidak punya uang lalu diceramahi oleh orang kaya untuk menabung, pasti kamu kesal. Tapi bagaimana kalau yang menceramahi juga tidak punya uang? Kemungkinan besar kamu dengarkan ceramahnya karena ada di posisi yang sama.

Nah begitu juga dengan Naruto, dia selalu menceramahi orang yang posisinya sama atau setidaknya mirip.

Obito dan Naruto jelas mirip, Gaara dan Naruto juga punya masa lalu yang serupa, sesama Jinchuuriki juga, sedangkan Sasuke dan Naruto sama-sama "sendirian".

Semakin mirip posisi Naruto dengan targetnya, maka teknik ini akan semakin kuat dampaknya.

Ini juga tampaknya alasan Boruto tidak efektif kalau mencoba menceramahi musuh. Saat ini, Boruto punya segalanya. Orang tua yang masih hidup, status anak Hokage, keluarga bahagia, dan bahkan ekonomi yang bisa dibilang berada. 

4. Ceramah no Jutsu punya tujuan baik untuk kedua pihak

Musuh Jadi Baik! 5 Alasan Ceramah no Jutsu Naruto Sering Berhasilinstagram.com/naruto

Naruto tidak mau menang sendiri, karena itu dia mengajak lawannya berdamai di akhir.

Semua pembicaraan Ceramah no Jutsu biasanya dimulai dengan memuji kekurangan dari lawannya (yang menjadi sumber kebenciannya) misalkan beban Jinchuuriki, takdir, atau hidup sendirian itu bukan kekurangan.

Selanjutnya Naruto biasanya "menawarkan" janji manis untuk kedua pihak, paling besar sih janji Naruto ke Neji untuk mengubah Hyuga.

Nah dalam kasus Ceramah no Jutsu Hashirama juga dia berhasil membujuk Madara membantunya membuat desa agar Senju dan Uchiha bisa hidup dalam harmoni, kemenangan kedua pihak, seharusnya sih.

5. Saat berbicara, Naruto menunjukan gestur damai tanpa perlawanan

Musuh Jadi Baik! 5 Alasan Ceramah no Jutsu Naruto Sering Berhasilcrunchyroll.com/naruto-shippuden

Saat menggunakan Ceramah no Jutsu, Naruto tidak menunjukan tanda-tanda perlawanan alias dia sudah memasrahkan dirinya di sini.

Naruto tidak berbicara sambil memegang kunai, tidak. Tapi dia menunjukan gestur damai di mana lawannya juga menjadi tenang.

Tentu saja Naruto tidak benar-benar pasrah karena kalau lawannya melawan balik lagi Naruto bisa menghindar atau menahannya, tapi intinya Naruto mencoba sesantai mungkin saat berbicara sehingga lawannya jadi tenang saat mendengarkan.

Nah, bagaimana menurut kamu jurus andalan Naruto ini?

Artikel ini sebelumnya sudah tayang di Duniaku dengan judul 5 Alasan Kenapa Ceramah no Jutsu Naruto Sering Berhasil

Baca Juga: Termasuk Naruto, 7 Pengguna Kombinasi Langka Yin-Yang 

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya