Comscore Tracker

Yuk Kenali Jenis Kunci Pengaman Mobil, Harga dan Bentuknya

Mengenal Jenis Kunci Pengaman Mobil, dari Harga dan Bentukny

Memilih kunci pengaman mobil anti maling memang tidak bisa sembarangan. Salah memilih justru bisa menimbulkan penyesalan di kemudian hari.

Fungsi utama kunci pengaman mobil adalah untuk mengunci pergerakan roda kemudi. Ada juga yang mengunci roda kemudi dan pedal gas sekaligus, membuat mobil sulit dijalankan meski mesin telah hidup.

Kunci pengaman mobil atau lebih sering dikenal orang awam dengan pengaman stir mobil, cukup banyak jenisnya di pasaran. Biasanya, saat membeli mobil baru pihak dealer menyertakan kunci stir mobil ini sebagai bonus.

Dikutip dari Seva.id. jika ingin membeli sendiri kunci pengaman mobil, sebaiknya mengenali dulu beberapa jenisnya. Yuk simak:

1. Kunci stir mobil alarm

Yuk Kenali Jenis Kunci Pengaman Mobil, Harga dan BentuknyaSumber Gambar: www.ceriwis.com

Jenis kunci berikut ini memiliki alarm. Biasanya berbentuk batang yang terkunci menyilang pada permukaan roda kemudi. Sistem penguncian sangat efektif dan dapat diaplikasikan pada berbagai ukuran roda kemudi.

Kunci jenis ini peka terhadap guncangan dan saat terjadi kemalingan maka alarmnya akan berbunyi. Merek yang banyak dijual adalah Hipowerlok, dengan harga sekitar Rp500 ribu.

2. Kunci model batang

Yuk Kenali Jenis Kunci Pengaman Mobil, Harga dan BentuknyaKunci model batang (bukalapak.com)

Biasanya berwarna kuning dengan bagian kepala pengunci warna hitam. Bentuknya berupa batangan besi dibalut karet, sepanjang 40 centimeter. Sayangnya, kunci model ini hanya mengunci bagian roda kemudi bagian atas.

Kunci pengaman model ini sering dijadikan bonus pembelian kendaraan. Merek yang terkenal adalah Armored Bar. Jika kamu ingin membeli sendiri, kisaran harganya Rp100 ribu. 

3. Pengaman mobil anti maling

Yuk Kenali Jenis Kunci Pengaman Mobil, Harga dan BentuknyaPengaman mobil anti maling (bukalapak.com)

Kunci pengaman mobil anti maling berikutnya, berjenis batangan juga, namun dapat mengunci roda kemudi dan pedal gas. Hal ini memungkinkan mobil susah dijalankan karena pedal gas terkunci bersamaan dengan kemudi. 

Meski cukup efektif namun diameter kunci pengaman mobil anti maling yang kecil dianggap terlalu riskan untuk mengamankan kendaraan dari pencurian. 

Beberapa merek kunci yang beredar di pasaran antara lain Hipowerlok, Yale dan 3 Pin. Harganya di toko daring berkisar Rp250 ribuan.

4. Model tongkat baseball

Yuk Kenali Jenis Kunci Pengaman Mobil, Harga dan Bentuknyailustrasi Kunci Pengaman Mobil (shutterstock.com)

Kunci pengaman stir berikutnya bermodel tongkat baseball. Bentuknya panjang dan bulat dengan panjangnya sekitar 60 centimeter. Beberapa ada yang menyebut bentuknya mirip tongkat petugas keamanan.

Meski terlihat kokoh, namun kunci pengaman stir ini hanya mengunci roda kemudi bagian atas saja. Dari sisi keamanan, kunci pengaman stir ini terlihat kurang efisien mencegah kemalingan. 

Beberapa merek yang beredar di pasaran antara lain Safetylock, Kenmaster dan, Krisbow. Kisaran harganya, sekitar Rp130 ribuan. 

Selain itu, sistem pengunci alat pengaman stir mobil juga ada yang berbasis anak kunci dan angka kombinasi. 

Model pengaman dengan anak kunci dianggap lebih praktis. Sementara angka kombinasi cukup merepotkan jika pemiliknya lupa kombinasi angka untuk membuka kuncinya.

Nah itulah jenis kunci pengaman mobil. Semoga bermanfaat ya.

Baca Juga: 5 Cara Bikin Lampu Rem Sepeda Motor Kesayangmu Lebih Awet

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya