Comscore Tracker

Kreatif! Anak SMP Ubah Kulit Durian Jadi Hand Sanitizer 

YP Shafiyyatul Amaliah raih medali emas di Kuala Lumpur

Medan, IDN Times – Buah durian salah satu buah yang memiliki banyak penggemar walau baunya yang menyengat. Bicara tentang buah Durian, kota Medan merupakan kota yang tepat untuk menikmati buah ini.

Selain dagingnya yang lembut dan enak. Ternyata, tak hanya rasanya saja yang nikmat serta kandungan nutrisi yang bermanfaat tinggi. Nah, kamu tahu gak kalau kulit durian juga dapat menjadikan suatu pembersih tangan atau sering disebut Hand Sanitizer.

Salah satu sekolah SMP swasta di kota Medan melakukan penelitian tentang kulit durian, sehingga menciptakan hand sanitizer dari ekstrak kulit durian.

1. Olahan limbah kulit durian jadi pembersih tangan

Kreatif! Anak SMP Ubah Kulit Durian Jadi Hand Sanitizer IDN Times/Indah Permata Sari

Prestasi membanggakan ditorehkan pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) Yayasan Pendidikan Shafiyyatul Amaliyyah kota Medan. Permasalahan limbah kulit durian yang semakin meningkat, mendorong mereka buat cairan pembersih tangan yang bersumber ekstrak kulit durian.

“Anak-anak ini melaksanakan penelitian yang merupakan satu program yang ada di SMP Shafiyyatul Amaliyyah dalam ekskul penelitian” ungkap Wakil Kepala Sekolah SMP YPSA Medan, Syahmuda Manurung.

Baca Juga: String Art Karya Seni Anak Medan Unik dengan Paku dan Benang 

2. Ekstrak kulit durian mengandung senyawa anti bakteri

Kreatif! Anak SMP Ubah Kulit Durian Jadi Hand Sanitizer IDN Times/Indah Permata Sari

Ekstrak kulit durian yang mengandung senyawa anti bakteri, seperti tanin, triterpenoid, alkoloid dan plevonoid, diyakini lebih efektif dalam mengatasi sejumlah bakteri berbahaya.

Untuk memperoleh ekstrak murni kulit durian, para pelajar ini melalukan sejumlah tahapan mulai dari memotong kulit durian kecil-kecil hingga diuapkan.

“Dalam peneltian anak-anak mengutarakan apa yang harus mereka teliti dan ini memang didampingi oleh guru pendamping,” tambahnya.

3. Berhasil meraih medali emas di Kuala Lumpur, Malaysia

Kreatif! Anak SMP Ubah Kulit Durian Jadi Hand Sanitizer IDN Times/Indah Permata Sari

Inovasi cairan pembersih kulit durian ini berhasil meraih medali emas, dalam kategori Personal Care Product di ajang World Young Inventors Exhibition 2019 Kuala Lumpur Malaysia.

Cairan pembersih tangan yang diberi nama Hakudu ini, sudah memiliki hak paten. Para pelajar ini hanya berharap inovasi mereka dapat dipasarkan.

“Anak-anak ingin meneliti limbah dari kulit durian, kenapa karena Medan terkenal dengan durian, maka anak-anak meneliti dan menyampaikan kepada pebimbingnya untuk membuat Hand Sanitizer,” tuturnya.

Nah, gimana? kalau biasanya kamu selesai makan buah durian dengan bau yang menyengat, kali ini kamu pakai hand sanitizer dengan kulit duriannya. Kreatif ya guys.

Baca Juga: Yuk Lihat Keseruan Road To WWIM 2019 di Kota Medan

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya