10 Potret Spesies Hewan Paling Unik dan Aneh, Pernah Lihat?

Dari burung mirip katak, hingga laba-laba burung merak!

Kita semua tahu bahwa alam semesta dengan seluruh isinya, sangatlah kaya akan keragamannya. Alam menyimpan keindahan dan keunikannya sendiri. Di antara keragamannya dari seluruh makhluk hidup yang ada, ternyata masih banyak jenis spesies hewan unik, aneh, bahkan langka yang belum pernah kita lihat sebelumnya.

Ini membuktikan bahwa alam tidak terlihat hanya hitam putih saja. Namun penuh warna, yang mungkin tidak bisa kita jelaskan dengan akal sehat. Sebab, alam masih sangat banyak menyimpan rahasia. Untuk itu, ada baiknya kamu mengetahui jenis spesies hewan yang paling unik dan aneh dari berbagai penjuru dunia seperti di bawah ini. Lihat, yuk!

1. Udang mantis

10 Potret Spesies Hewan Paling Unik dan Aneh, Pernah Lihat? udang mantis (instagram.com/strangest_wildlife)

Pernah lihat udang seperti ini? Sangat unik dengan pola warnanya yang indah, ya. Udang mantis adalah atau Stomatopoda adalah Crustacea laut, anggota Ordo Stomatopoda. Udang ini ditemukan dengan ukuran terbesar dengan panjang 46 cm di Indian River dekat Fort Pierce, Florida USA.

Spesies udang mantis menggunakan cakar yang kuat untuk menyerang mangsanya.

2. Frogmouth Bird

10 Potret Spesies Hewan Paling Unik dan Aneh, Pernah Lihat? Frogmouth Bird seperti katak (instagram.com/strangest_wildlife)

Tentunya ada banyak sekali jenis burung, dengan beragam warna dengan nama yang berbeda. Namun, jenis burung Frogmouth Bird sangatlah berbeda dari burung yang pernah kamu lihat.

Coba kamu perhatikan gambarnya, paruh besarnya terkait rata dan menganga seperti seekor katak yang besar. Paruh besarnya itu, dipergunakan untuk menangkap serangga. Bagaimana menurut kamu, lucu atau aneh?

3. Gurita dumbo

10 Potret Spesies Hewan Paling Unik dan Aneh, Pernah Lihat? gurita dumbo j (instagram.com/strangest_wildlife)

Kamu pasti pernah melihat gurita dengan bentuk kakinya yang banyak. Tapi gurita dumbo, penampilannya sangat berbeda dan terlihat aneh, ya. Dan nama Dumbo ini berasal dari kemiripannya dari karakter film Disney tahun 1941.

Memiliki sirip mirip seperti telinga yang menonjol dari mata keatas. Apa pendapat kamu tentang gurita dumbo yang unik ini?

4. Laba-laba merak jantan

10 Potret Spesies Hewan Paling Unik dan Aneh, Pernah Lihat? laba-laba merak jantan (instagram.com/strangest_wildlife)

Mungkin karena hampir mirip warnanya, seperti burung merak. Jadi, dikenal dengan nama laba-laba burung merak. Ketika spesies kecil ini mengangkat sayapnya, maka akan terlihat seperti kipas warna-warni yang unik dan indah.

Keindahan warna dari laba-laba ini, dipergunakan untuk menarik perhatian sang betina. Bahkan, baru-baru ini laba-laba merak jantan mampu meluncur di udara, loh. Jangan-jangan di rumah kamu ada bentuk laba-laba seperti ini!

Baca Juga: 8 Hewan Ini Suka Berpura-pura Menjadi Hewan Lain, Bisa Mirip Banget!

5. Belalang bunga

10 Potret Spesies Hewan Paling Unik dan Aneh, Pernah Lihat? belalang (instagram.com/strangest_wildlife)

Ini adalah potret belalang bunga, yang merupakan spesies belalang sembah yang meniru bunga. Suatu bentuk kamuflase dengan warna dan pola yang indah, untuk memikat mangsanya. Sebagian besar spesies mantis bunga ini termasuk dalam famili Hymenopodidae.

Perilakunya sama seperti belalang yang kita temui. Namun, banyak dari belalang sembah ini, memiliki tampilan deimatic untuk mengejutkan atau menunda pemangsa potensial.

6. Kapibara

10 Potret Spesies Hewan Paling Unik dan Aneh, Pernah Lihat? hewan pengerat terbesar di dunia (instagram.com/strangest_wildlife)

Kapibara adalah jenis hewan pengerat terbesar di dunia, kerabat dekat dari marmut atau kelinci. Berasal dari Amerika Selatan, penghuni sabana hutan lebat, dan hidup di alam yang dekat dengan perairan. Spesies ini bersifat sangat sosial, loh.

Oleh sebab itu dapat ditemukan dalam kelompok sebanyak seratus ekor. Namun, biasanya hidup dalam kelompok 10 hingga 20 ekor saja.

7. Troll Haired

10 Potret Spesies Hewan Paling Unik dan Aneh, Pernah Lihat? Troll Haired sejenis serangga (instagram.com/strangest_wildlife)

Selanjutnya, ini adalah salah satu serangga paling keren yang pernah ditemui. Makhluk kecil yang tidak dikenal, yang memiliki panjang hanya lima milimeter. Ditemukan di hutan hujan Suriname oleh ahli ekologi, sebanyak 60 spesies baru dalam ekspedisi penelitian pada tahun 2012.

Dan foto jenis serangga ini telah ditampilkan di National Geografic. Jadi, gaya rambut aneh serangga ini sebenarnya adalah sekresi lilin dari perutnya, yang dianggap sebagai mekanisme pertahanan untuk mengalihkan perhatian dari pemangsanya. Bagaimana menurutmu spesies serangga ini?

8. Naga berduri

10 Potret Spesies Hewan Paling Unik dan Aneh, Pernah Lihat? naga berduri adalah kadal Australia (instagram.com/strangest_wildlife)

Spesies berikut ini adalah kadal Australia, naga berduri yang bisa berkamuflase. Mungkin yang biasanya kamu tahu, naga itu hanya ada di film-film. Tapi pada kenyataanya naga itu ada, loh. Seperti naga berduri ini, dikenal juga dengan nama setan berduri, setan gunung kadal berduri atau Moloch.

Naga berduri ini memiliki panjang hingga 20 cm dan bisa bertahan hidup selama 20 tahun. Sebagian besar warnanya adalah coklat gurun. Namun, bisa menyamar menjadi warna pucat saat cuaca panas, dan berubah menjadi warna lebih gelap jika cuaca dingin.

9. Love Train

10 Potret Spesies Hewan Paling Unik dan Aneh, Pernah Lihat? love train Australia (biographic.com)

Memang jenis spesies ini terlihat seperti landak, ya. Love Train adalah hewan mamalia mungil tinggal di sebuah pulau lepas pantai selatan Australia. Dan merupakan subspesies dari echidna berparuh pendek di daratan Australia Termasuk salah satu hewan yang mendapat julukan makhluk teraneh di dunia.

Sebab, Love Train tertutup dengan rambut tajam dan berongga yang terlihat seperti landak. Tidak hanya itu keanehannya, Love Train juga mempunyai lidah seperti trenggiling dan tidak bergigi. Dan merupakan salah satu dari sedikit spesies mamalia yang bertelur. Jenis mamalia bertelur?

10. Penyu Mary River

10 Potret Spesies Hewan Paling Unik dan Aneh, Pernah Lihat? penyu mary river Australia (instagram.com/strangest_wildlife)

Penyu Mary River adalah spesies Australia yang berpisah dari spesies hidup lainnya sekitar 40 juta tahun yang lalu. Penyu ini tentu sangat berbeda warnanya, dari yang pernah kita lihat pada umumnya. Memiliki ciri khas yang ikonik yang berambut hijau atau "Mohawk."

Ada sekitar 15 juta spesies hewan di planet kita, dan ada juga yang mengatakan lebih banyak lagi. Hanya 2 juta spesies yang diketahui atau telah diklarifikasikan. Sejauh ini, setiap tahun spesies baru ditemukan, dijelaskan, dan diberi nama seperti hewan-hewan di atas.

Seperti Afrika, dikenal sebagai Benua dengan satwa liar paling beragam dan spesies hewan terbanyak. Jika kita lihat dari negaranya, Indonesia disebut sebagai negara dengan keanekaragaman hayati terbanyak di dunia dan memiliki jumlah spesies mamalia terbesar di planet kita, loh!

Baca Juga: 10 Hewan Ini Memiliki Bagian Tubuh yang Berbeda dari Hewan Lainnya!

Salma Wati Photo Community Writer Salma Wati

Let it flow in its own time

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.