Comscore Tracker

Alasan Kucing Diberi Pakan Basah daripada Kering, Ini Takarannya

Ada plus dan minusnya makanan basah atau kering

Medan, IDN Times - Memelihara kucing tidak bisa sembarangan. Salah satu yang harus kamu perhatikan adalah makanannya. 

Ada dua jenis makanan hewan. Pakan basah dan kering. Dokter hewan menyarankan kucing lebih sering diberikan makanan basah. 

Dilansir dari halodoc, kucing hewan karnivora yang sebaiknya tak diberikan banyak asupan karbohidrat. Apalagi pakan kering bisa menyebabkan obesitas. Sebaliknya pakan basah mengandung lebih banyak air yang sejatinya lebih dibutuhkan kucing karena rentan dehidrasi. Nah, berikut yang perlu kamu tahu soal pakan basah dan kering untuk kucing. 

 

 

1. Pertimbangan memilih pakan basah dan kering

Alasan Kucing Diberi Pakan Basah daripada Kering, Ini Takarannyakucing saat makan dengan porsi jumbo (instagram.com/gallerysioyen)

Sebenarnya pakan basah dan kering bagi kucing ada plus dan minusnya. Ada kucing yang suka makanan kering dibanding basah. Sehingga akan lebih banyak makan jika kering. Bisa juga dikombinasikan, tapi takarannya harus pas. 

Nah, kamu harus berhasil menentukan rasio basah-kering dan menentukan jumlah kalori makanan. Dari situ bisa menentukan kandungan gizi yang lengkap dan seimbang.

Baca Juga: Awas Keliru, 7 Spesies Kucing Liar Ini Mirip Kucing Piaraan di Rumah 

2. Berat badan kucing bisa jadi pedoman

Alasan Kucing Diberi Pakan Basah daripada Kering, Ini TakarannyaInstagram.com/mayonaisethecat

Nah, untuk mengetahui takarannya, berat badan kucing menjadi pedoman untuk takarannya. Misalnya berat kucing 6 kilogram, tentu berbeda takarannya dengan kucing yang lebih kecil. Kucing yang kelebihan berat badan harus diberi makan sesuai dengan berat badan idealnya, bukan berat badannya yang sebenarnya.

Selain itu usia dan tingkat aktivitas juga berperan menentukan seberapa kalori yang dibutuhkan. Dibanding kucing dewasa atau kucing tua, anak kucing lebih membutuhkan kalori. Apalagi yang aktif. Kalori ekstra dibutuhkan seekor kucing untuk memproduksi ASI dan tetap sehat.

3. Daftar kalori yang dibutuhkan kucing berdasar usia dan beratnya

Alasan Kucing Diberi Pakan Basah daripada Kering, Ini TakarannyaPixabay.com/ArtTower

Seberapa banyak kalori yang dibutuhkan kucing? Kamu bisa lebih akurat jika mencari tahunya. Dilansir Halodoc, ini perkiraannya.

-Pakan untuk anak kucing membutuhkan sekitar 60-65 kilo kalori (kkal) per 0,5 kilogram berat badan(setelah disapih).

-Kucing dengan berat 2 kilogram membutuhkan sekitar 160-170 kilo kalori per hari. Sementara berat 4 kilogram membutuhkan sekitar 225-250 kilo kalori per hari, berat 5 kilogram membutuhkan 250-290 kilo kalori per hari dan berat 7 kilogram membutuhkan 280-370 kilo kalori per hari.

-Kucing dewasa obesitas dengan berat badan 7,2 kilogram membutuhkan 324 kilo kalori per hari, sedangkan kucing obesitas dengan berat badan 8,6 kilogram membutuhkan 353 kilo kalori perhari

-Jika kucing tersebut mengikuti program diet, jumlah kalori yang diberikan biasanya akan dikurangi sebanyak 40-50 kilo kalori per hari. Pastikan kamu berkonsultasi dengan dokter hewan sebelum melakukan program diet untuk kucing obesitas.

-Kucing hamil atau menyusui dengan berat 2,26 kilogram membutuhkan sebanyak 336 kilo kalori setiap hari. Lalu, kucing betina hamil atau menyusui dengan berat 4,5 kilogram butuh 603 kilo kalori, berat 6,8 kilogram butuh 851 kilo kalori, dan berat 9 kilogram butuh 1.091 kilo kalori per hari

Baca Juga: 5 Perlakuan Manusia pada Kucing yang Sering Dibenci Kucing, Yuk Sadar!

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya