Salat Id di Masjid Raya, Jamaah Rebutan Foto Bareng Sultan Deli

Masjid Raya Al Mashun Medan dipadati jamaah

Medan, IDN Times - Jamaah salat Idul Fitri 1443 Hijriyah di Masjid Raya Al-Mashun di Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara, pada Senin (2/5/2022) pagi terlihat membludak hingga ke halaman. Sebagian warga juga memilih salat di jalan persis depan pintu masuk ke masjid.

Setelah dua tahun diperketat aturan Salat Idul Fitri dalam masa pandemi Covid-19, tahun ini warga di tanah Melayu Deli itu antusias untuk beribadah salat Idul Fitri secara berjamaah di masjid raya tersebut.
Salat Id di Masjid Raya, Jamaah Rebutan Foto Bareng Sultan DeliSuasana Idul Fitri di Masjid Al Mashun (IDN Times/Yurika Febrianti)
Pantauan IDN Times, jamaah yang hendak memasuki masjid diwajibkan memakai masker, lalu dicek suhu tubuh. Kemudian, wastafel untuk mencuci tangan juga disediakan di pekarangan masjid.
 
Aparat TNI- Satpol PP juga menjaga pintu masuk ke dalam masjid sembari mengawasi pedagang asongan berjualan didalam kawasan Masjid. 
Salat Id di Masjid Raya, Jamaah Rebutan Foto Bareng Sultan DeliSuasana salat Idul Fitri di Masjid Al-Mashun (IDN TImes/Yurika Febrianti)
Selain itu di dalam masjid, jamaah terlihat merapatkan shaf salat namun tetap menggunakan masker sebagai salah satu protokol kesehatan pencegahan Covid-19. 
Hal itu terlihat sama di luar ruangan Masjid.
 
Salat Idul Fitri di Masjid Raya Al-Mashun dimulai pukul 08.00 WIB dan selesai Pukul 08:30 WIB.
 
Usai salat, para warga masih ada yang menetap di area pekarangan Masjid untuk silaturahmi maupun berswafoto dengan anggota keluarga.
 
Turut hadir Sultan Deli dalam salat Idul Fitri yang bernama lengkap Seripaduka Baginda Tuanku Sultan Mahmud Aria Lamantjiji Perkasa Alam Shah atau cukup disingkat Tuanku Aji.
 
Sultan Deli yang masih berusia 23 tahun ini jadi sasaran foto bareng para jamaah usai salat id.
Salat Id di Masjid Raya, Jamaah Rebutan Foto Bareng Sultan DeliSultan Deli jadi sasaran foto bareng para jamaah. (IDN Times/Yurika Febrianti)

Zira warga katamso mengatakan, jamaah salat idul fitri tahun ini lebih membludak dari pada tahun sebelumnya. Terpantau jamaah salat mengular hingga ke luar Masjid.

"Lebih ramai tahun ini dari tahun lalu salat eid nya," katanya

Baca Juga: Sejarah Taman Sri Deli yang Kini Sepi, Dulu Tempat Nongkrong Sultan

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya