Tak Punya Mobil Mewah, Segini Harta Kekayaan Kapolda Sumut Irjen Panca

Total kekayaan Panca mencapai Rp8,6 miliar

Medan, IDN Times – Para petinggi Polri mulai dari jajaran paling atas hingga Kapolres dipanggil Presiden Joko ‘Jokowi’ Widodo ke Istana negara, Jumat (14/10/2022).  Salah satu poin yang dikritisi Jokowi adalah soal gaya hidup mewah para polisi.

Jokowi menilai, gaya hidup mewah itu menimbulkan kecemburuan sosial di tengah krisis ekonomi yang melanda.

"Ini yang semua Kapolda, Kapolres, Pejabat utama semua harus tahu bahwa keadaan ini harus mengerti sehingga memiliki sense of crisis yang sama. Hati-hati dengan ini, hati-hati," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat (14/10/2022).

Jokowi meminta para polisi tidak memamerkan kemewahan ke tengah publik. Mengingat, polisi adalah pengayom dan pelindung masyarakat.

"Saya terlalu banyak mendapat laporan sehingga kembali lagi gaya hidup, urusan kecil-kecil tetapi bisa mengganggu kepercayaan terhadap Polri, urusan mobil, motor gede, sepatunya apa, bajunya apa dilihat masyarakat sekarang ini," tutur dia.

Soal kritik Jokowi, memantik keingintahuan publik, sejauh mana kekayaan para polisi di Indonesia. Kali ini, IDN Times mencoba mengulik sejauh mana kekayaan Irjen Ridwan Zulkarnain Panca Putra Simanjuntak, Kapolda Sumatra Utara.

Simak ulasannya.

1. Panca memiliki kekayaan hingga Rp8,6 miliar

Tak Punya Mobil Mewah, Segini Harta Kekayaan Kapolda Sumut Irjen PancaKapolda Sumatera Utara Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak (kiri) menginterogasi salah satu tersangka penyalagunaan alat swab tes cepat antigen bekas saat rilis kasus di Polda Sumatera Utara, Medan, Sumatera Utara, Kamis (2942021). (ANTARA FOTO/Adiva Niki)

Irjen Panca memang tidak pernah disorot publik pernah memamerkan kekayaannya. Sejak menjabat Kapolda Sumut pada Maret 2021 lalu, Irjen Panca tercatat memiliki kekayaan mencapai Rp8,6 miliar.

Ini terungkap dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) Panca periodik Maret 2021.

Nilai kekayaan Panca diperoleh dari kepemilikan tanah dan bangunan, alat transportasi, harta bergerak lainnya dan kas.

2. Punya tanah dan bangunan di Tangsel dan Semarang senilai Rp7 miliar

Tak Punya Mobil Mewah, Segini Harta Kekayaan Kapolda Sumut Irjen PancaKapolda Sumut Irjen Panca Putra Simanjuntak. (Dok Polda Sumut)

Dari data LHKPN itu, Panca memiliki tanah dan bangunan di Semarang dan Tangerang Selatan. Luas aset di Semarang masing-masing; tanah 254 meter dan bangunan 180 m2. Nilai tanah dan dan bangunan di Semarang nilainya mencapai Rp4 miliar

Sementara untuk tanah dan bangunan di Kota Tangerang Selatan, Jakarta, Panca memiliki luas tanah 250 m2 dan bangunan 180 m2 dengan nilai Rp3 miliar.

3. Tak Punya mobil mewah, Panca hanya memiliki Toyota Harier dan Honda CRV

Tak Punya Mobil Mewah, Segini Harta Kekayaan Kapolda Sumut Irjen PancaKapolda Sumut Irjen Panca Putra Simanjuntak (Dok. IDN Times)

Panca tercatat hanya memiliki dua unit mobil, itupun bukan kategori mewah yang harganya lebih dari Rp500 juta.

Panca hanya punya Toyota Harier 2010 dan Honda CRV 2014. Nilainya masing-masing Rp175 juta untuk Toyota Harier dan Rp250 juta untuk Honda CRV. Bahkan jika ditotal kedua mobilnya tak menyentuh angka Rp500 juta.

Data LHKPN menunjukkan Panca memiliki Rp105 juta harta bergerak lainnya dan Kas dan setara kas Rp1,105 miliar.Total keseluruhan kekayaan Panca adalah Rp8,635 miliar.

Nama Panca sempat terseret dalam bagan konsorsium 303 yang merebak saat kasus Ferdy Sambo. Namun Panca membantahnya. 

Baca Juga: Intip Harta Kekayaan Kapolda Kaltara Irjen Daniel Adityajaya, Rp6,18 M

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya