Sidak di Samsat, Edy Rahmayadi Soroti Soal Calo dan Jam Pelayanan 

Minta loket pelayanan buka paling lama pukul 07.30 WIB

Medan, IDN Times – Libur lebaran pegawai telah usai. Gubernur Sumatera Utara Edy melakukan inspeksi mendadak di sejumlah kantor unit pemerintahan.

Edy pertama kali ke Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Medan Utara. Dia mau melihat bagaimana kinerja para Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bertugas di sana pasca libur lebaran.

Baca Juga: Libur Usai, Tingkat Kehadiran ASN di Simalungun Belum 100 Persen

1. Banyak loket yang masih lengang, padahal masyarakat sudah antre

Sidak di Samsat, Edy Rahmayadi Soroti Soal Calo dan Jam Pelayanan Veri Ardian/Humas Pemprov Sumut

Edy bersama rombongan tiba di sana sekira pukul 08.00 WIB. Namun tampaknya Edy kesal melihat kondisi di Samsat. Loket-loket pelayanan masih tutup. Padahal sudah ada sejumlah warga yang mengantre. Bahkan ada yang mengaku sudah datang sejak pukul 07.00 WIB.

Edy juga mengecek satu per satu ruangan yang ada di sana. Dia juga memerhatikan kelengkapan papan informasi untuk masyarakat. Mantan Pangkostrad itu mengatakan, pelayanan kurang maksimal.

"Kalau bisa loketnya sudah harus buka pukul 07.00 atau paling lama 07.30," kata Edy.

2. Temukan ASN yang lama hadir

Sidak di Samsat, Edy Rahmayadi Soroti Soal Calo dan Jam Pelayanan Veri Ardian/Humas Pemprov Sumut

Dia juga menegaskan agar para pegawai  Dinas Pendapatan (Dispenda) yang bertugas di Samsat bisa hadir lebih awal. Karena Edy sempat menemukan beberapa pegawai yang datang nyaris pukul 08.00.

"Jangan sampai telat layani masyarakat," katanya.

3. Soroti soal calo yang berkeliaran di Samsat

Sidak di Samsat, Edy Rahmayadi Soroti Soal Calo dan Jam Pelayanan Veri Ardian/Humas Pemprov Sumut

Edy juga menyoroti soal informasi masih ada  calo yang berkeliaran di Samsat. Namun saat dikonfirmasi, para pegawai disana kompak mengatakan bahwa calo sudah tidak ada lagi.

"Layanan di sini nanti kita akan evaluasi, salah satunya soal waktu layanan dan keefektifan layanan petugas yang ada. Kalau terlalu banyak, akan dirampingkan," tegasnya.

Begitupun, kata dia, secara umum, layanan masyarakat di sana berjalan dengan baik dan tertib. Koordinasi antara petugas Dispenda dan pihak kepolisian juga berjalan dengan baik dalam melayani masyarakat.

Baca Juga: Sanksi Ini Menanti PNS Jika Bolos Usai Libur Lebaran

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya