Relokasi Tahap III Pengungsi Sinabung, 892 Rumah Akan Dibangun Agustus

Dibangun pakai dana hibah BNPB Rp161 Miliar

Medan, IDN Times – Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah  menemui  Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo, di Jakarta, Jumat (19/7) lalu. Ijeck, sapaan akrabnya, membahas soal relokasi tahap III pengungsi Gunung Sinabung, Karo, Sumatera Utara.

Hingga saat ini, sebagian pengungsi belum mendapatkan relokasi. Gunung Sinabung hingga kini masih aktif dan beberapa kali mengeluarkan erupsi besar selama 2019.

1. Relokasi tahap III bakal bangun 892 unit rumah

Relokasi Tahap III Pengungsi Sinabung, 892 Rumah Akan Dibangun AgustusIDN Times/Prayugo Utomo

Untuk relokasi tahap III, pembangunan akan dilakukan di kawasan relokasi Siosar. Jumlah rumah yang akan di bangun sebanyak 892 unit.

Pembangunannya menggunakan dana hibah dari BNPB sebesar Rp161 miliar. Ground breaking akan dilakukan pada 4 Agustus 2019 mendatang.

“Untuk itu kami mengundang Bapak Kepala BNPB untuk hadir sekaligus melakukan peletakan batu pertama. Merupakan kehormatan bagi kami jika Bapak berkenan hadir dalam acara tersebut,” ujar Ijeck.

Baca Juga: Hotel Bintang Empat Pertama di Balige, 4 Fakta tentang Hotel Labersa

2. Status Sinabung turun ke Level III Siaga

Relokasi Tahap III Pengungsi Sinabung, 892 Rumah Akan Dibangun AgustusIDN Times/Prayugo Utomo

Status Gunung Api Sinabung turun. Sebelumnya, status Sinabung berada di Level IV (awas) dan turun ke Level III (siaga) sejak Senin (20/5) lalu.

Pengungsi yang berada di lima desa pun diizinkan pulang. Mereka berasal dari Desa Tiga Pancur, Jeraya,  Pintu Besi, Kuta Tengah dan Kuta Guguh. Kelima desa merupakan desa terakhir yang dipulangkan sejak mengungsi pada 2013.

Totalnya ada sekitar 1070 KK yang kembali ke kampungnya.  Pemerintah juga tengah berupaya mencarikan dana untuk perbaikan fasilitas umum di lima desa itu.

3. Siapkan patok batas zona merah

Relokasi Tahap III Pengungsi Sinabung, 892 Rumah Akan Dibangun Agustusstraitstimes.com

Proses relokasi pengungsi ditargetkan rampung pada Oktober 2019. Sejak statusnya turun, radius zona merah berubah dari 7 Km menjadi 5 Km. Patok batas zona merah juga masih dipersiapkan.

Erupsi sinabung juga belakangan cukup normal. Meski pun pada awal Juni lalu, kolom abu mencapai ketinggian 7000 meter.

4. Pertemuan juga bahas soal banjir Kota medan

Relokasi Tahap III Pengungsi Sinabung, 892 Rumah Akan Dibangun AgustusIDN Times/Istimewa

Dalam pertemuan tersebut juga dibahas tentang percepatan pencairan dana hibah BNPB/Kemenkeu yang sudah direkomendasikan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, dan sudah diverifikasi BNPB sejak tahun lalu. Khususnya untuk pengendalian banjir rob dan sungai-sungai yang melintas di Kota Medan.

“Diharapkan, dana tersebut dapat segera dicairkan, sehingga penanganan banjir di Kota Medan dan sekitarnya dapat segera dilakukan,” ujar Ijeck.

5. Sumut rawan bencana, percepatan pembangunan gudang logistik juga jadi sorotan

Relokasi Tahap III Pengungsi Sinabung, 892 Rumah Akan Dibangun AgustusANTARA FOTO/Arif Firmansyah

Dalam pertemuan itu, BNPB dan Pemprov Sumut juga membahas soal percepatan pembangunan gudang logistik. Itu dilakukan karena Sumut merupakan salah satu daerah yang rawan bencana, terutama bencana banjir dan longsor.

Percepatan pembangunan Gudang Logistik Regional Sumatera di atas lahan seluas 3-5 hektare oleh BNPB di sekitar Bandara Kualanamu, menjadi sorotan. Diharapkan pembangunannya dapat terealisasi sehingga dapat segera dimanfaatkan.

Sementara itu, Kepala BNPB Doni Monardo mengatakn, BNPB mendukung setiap upaya percepatan penanggulangan bencana, termasuk di Sumut. Karena penanggulangan bencana dan penanganan pengungsi dengan cepat dan tepat, serta efektif dan efisien merupakan tugas dari BNPB.

Doni Monardo juga menjelaskan tentang apa saja yang harus disiapkan untuk penanggulangan bencana di pusat. Serta memberikan saran-saran, apa saja yang mesti disiapkan untuk penanggulangan bencana di daerah, baik dari sisi prosedur serta perlengkapan.

Baca Juga: Ini Panduan Wisata Seru ke Danau Toba Dari Berangkat Sampai Pulang 

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya