Ramadan dan Idulfitri 2021, PLN Sumut Siagakan 2.672 Personel

Siaga cuaca buruk yang mengganggu jaringan ketenagalistrikan

Medan, IDN Times – Jelang Ramadan dan Idulfitri 2021 PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sumatra Utara menggelar apel siaga, Rabu (8/4/2021). Apel ini digelar untuk memastikan keandalan sistem ketenagalistrikan selama masyarakat menjalankan ibadah Ramadan.

“Sub Sistem Sumatera Utara diperkirakan memiliki cadangan 20 persen dari beban puncak pada bulan April 2021. Meskipun cadangan cukup, kita tidak boleh lengah. Keandalan jaringan dan kesiapan personil yang mumpuni harus kita perkuat,” ujar General Manager PLN UIW Sumut Pandapotan Manurung dalam keterangan resminya.

1. Sebanyak 222 posko jaga disiagakan

Ramadan dan Idulfitri 2021, PLN Sumut Siagakan 2.672 PersonelApel siaga PLN UIW Sumut jelang Ramadan dan Idul Fitri 2021. (Dok PLN UIW Sumut)

Untuk menjaga keandalan listrik dan merespon keluhan, PLN Sumut sudah menyiapkan 222 Posko Siaga, 2.672 Personil Pelayanan Teknik, dan juga 50 Personil PDKB tersebar di seluruh wilayah kerja PLN UIW Sumut.

Para personel akan bersiaga menjaga 488 penyulang yang menyuplai listrik ke rumah pelanggan.

Baca Juga: Geber EBT, PLN Sumut Teken Kesepakatan Dengan PLTBg Pasir Mandoge

2. Infrastruktur pendukung juga disiagakan

Ramadan dan Idulfitri 2021, PLN Sumut Siagakan 2.672 PersonelApel siaga PLN UIW Sumut jelang Ramadan dan Idul Fitri 2021. (Dok PLN UIW Sumut)

PLN UIW Sumut juga menyiapkan infrastruktur pendukung. Mulai dari  97 unit genset mobile, 9 unit UPS, dan 59 Unit Gardu Bergerak, untuk mengantisipasi gangguan yang mungkin terjadi pada sistem jaringan PLN.

Saat gelar peralatan, General Manager PLN UIW Sumut Pandapotan Manurung juga memeriksa dan memastikan setiap peralatan yang digunakan petugas di lapangan lengkap dan aman untuk digunakan. Pandapotan juga mengingatkan pentingnya kesehatan dan keselataman kerja saat bertugas melayani pelanggan.

3. Kondisi cuaca ekstrem jadi tantangan

Ramadan dan Idulfitri 2021, PLN Sumut Siagakan 2.672 PersonelPetugas PLN sedang memulihkan listrik saat banjir di Kota Semarang. Dok. PLN IUD Jateng dan DIY.

Pandapotan juga mengingatkan soal potensi cuaca ekstrem yang masih cukup tinggi.  Kondisi ini menjadi tantangan bagi para petugas yang ada di lapangan.  

“Kondisi cuaca yang tidak menentu dan cenderung ekstrem membuat kita harus selalu siaga dan waspada. Pastikan bahwa jaringan PLN aman dan tidak membahayakan pelanggan,” ungkapnya.

Dia juga mengingatkan supaya para personel tetap menjalankan protokol kesehatan di mas pandemik COVID-19. Terlebih personel PDKB dan Pelayanan Teknik yang selalu bekerja di tengah resiko yang tinggi.

“Dengan persiapan yang baik diharapkan PLN UIW Sumut dapat memberikan pelayanan terbaik untuk seluruh pelanggan PLN UIW Sumut, khususnya umat muslim yang akan menjalani ibadah Ramadhan dan Idul Fitri 2021,” pungkasnya.

Baca Juga: Tunggakan Listrik Dinas Kelautan, Kejari Sibolga Lakukan Mediasi

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya