Comscore Tracker

Edy Rahmayadi Heran, Warga Tidak Hafal Lagu Nasional Saat Razia Masker

Edy: Masa orang Malaysia kita suruh menghafal

Medan, IDN Times – Angka COVID-19 di Sumatra Utara kian meningkat saban hari. Berbagai upaya sudah dilakukan untuk memutus mata rantainya. Namun belum ada tanda-tanda penurunan.

Justru pandemik meluas. Daerah yang sebelumnya zona hijau, kini juga sudah terpapar. Seperti Kepulauan Nias yang peningkatannya cukup drastis, hingga berencana akan diisolasi.

Operasi Yustisi penindakan terhadap masyarakat yang tidak memakai masker pun digalakkan. Memasuki hari kedua razia, masih banyak masyarakat yang terjaring karena tidak menggunkan masker.

1. Kata Gubernur Edy, masyarakat belum sepenuhnya mematuhi protokol kesehatan

Edy Rahmayadi Heran, Warga Tidak Hafal Lagu Nasional Saat Razia MaskerGubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi, bersama unsur Forkopimda meninjau langsung operasi yustisi razia masker di kawasan Lapangan Merdeka Medan, Selasa (14/9/2020). (Veri Ardian/Humas Sumut)

Gubernur Edy Rahmayadi bersama unsur Forkopimda lainnya meninjau pelaksanaan operasi Yustisi di kawasan Lapangan Merdeka Medan, Selasa (15/9/2020). Dia masih menemukan banyak pelanggar tidak memakai masker.

“Belum mematuhi. Makanya masih banyak yang dihukum. Obat kita yaitu pendisiplinan protokol kesehatan. Itu obat untuk covid 19. Tapi masih kita lihat begitu banyak rakyat yang harus dengan hukuman,” ujar Edy disela pemantauan.

Untuk di awal, petugas masih memberlakukan sanksi sosial dan tindakan fisik serta penahanan KTP. Ke depan akan diberlakukan sanksi denda sampai Rp300 ribu jika melanggar.

Baca Juga: Gubernur Edy Rahmayadi Klaim Sumut Masih Punya Seribu Kamar Isolasi

2. Gubernur Edy pun heran, masih banyak masyarakat yang tidak hafal lagu nasional saat dihukum

Edy Rahmayadi Heran, Warga Tidak Hafal Lagu Nasional Saat Razia MaskerGubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi, bersama unsur Forkopimda meninjau langsung operasi yustisi razia masker di kawasan Lapangan Merdeka Medan, Selasa (14/9/2020). (Veri Ardian/Humas Sumut)

Meski sudah diberlakukan hukuman, masih banyak juga masyarakat yang membandel. Mereka tertangkap tidak menggunakan masker.

Banyak masyarakat yang dihukum dengan menyanyikan lagu nasional. Namun sayangnya, banyak yang tidak hafal. Ini juga yang membuat Edy Rahmayadi keheranan. Mereka lebih memilih hukuman menyapu.

“Jadi, lagu wajib aja rakyat kita masih seperti itu. Ini yang harus kita introspeksi diri. Kalau bukan kita yang menghafal lagu itu, masa orang Malaysia kita suruh menghafal, orang Thailand kita suruh menghafal, apalagi orang Amerika. Ini tolong disosialisasikan edukasikan kepada seluruh masyarakat kita,” tukasnya.

3. Razia tempat hiburan malam dan lokasi usaha akan digalakkan

Edy Rahmayadi Heran, Warga Tidak Hafal Lagu Nasional Saat Razia MaskerPetugas gabungan siap menindak masyarakat yang tidak menggunakan masker. (IDN Times/Prayugo Utomo)

Saat ini, kata Edy, ada 1.400 titik lokasi penegakan yustisi di seluruh Sumut. Operasi akan dilakukan dalam dua pekan ke depan. Jika belum ada penurunan angka kasus, kemungkinan akan kembali diperpanjang.

Pemprov Sumut juga akan menggalakkan razia tempat hiburan malam. Begitu juga di tempat usaha lainnya. Jika ada yang melanggar protokol, pihaknya tidak segan akan memberlakukan sanksi hingga kepada penutupan.

“Sudah ada pergubnya dan akan ditingkatkan menjadi perda. Di sini ada wakil DPR. Yang tidak mematuhi protokol kesehatan, atur jarak di tempat hiburan kah, rumah makankah,  temapt ekgiatan – kegiatan lain itu akan kita tindak. Termasuk tidak menggunakan masker.  Perusahaan – perusahaan yang tidak mengindahkan akan kita berikan teguran keras tertulis. masih dia lakukan sampai ke tingkat penutupan temapt tersebut,” pungkasnya.

Kasus COVID-19 di Sumut kian memprihatinkan. Terhitung hari ini, kasus COVID-19 di Sumut mencapai 8.559 orang. Bertambah 832 orang dalam sepekan terakhir.

Sedangkan jumlah suspek berjumlah 958 orang. Jumlah pasien sembuh tercatat 5.162 orang.

Pasien meninggal tercatat 361 orang atau bertambah 20 orang dalam sepekan. Spesimen yang diperiksa sudah mencapai 59.117 sampel.

Baca Juga: Gak Patuhi Protokol, Pemprov Sumut akan Tutup Tempat Hiburan Malam

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya