Comscore Tracker

Dukun Palsu Labuhanbatuatu, Tipu Warga Ngaku Temukan Harta Karun

Korban rugi jutaan rupiah

Labuhanbatu, IDN Times - Seorang perempuan bernama Ijah (54) harus berurusan dengan polisi. Warga Kabupaten Labuhanbatu, Sumatra Utara itu, menipu masyarakat dengan modus menjadi dukun. 

Dia mengkalim diri bisa menyembuhkan dan memiliki harta karun. Masyarakat yang menjadi korban, merugi jutaan rupiah. 

1. Korban dikelabui, di rumahnya disebut ada harta karun

Dukun Palsu Labuhanbatuatu, Tipu Warga Ngaku Temukan Harta KarunIlustrasi dukun (yukepo.com)

Ijah ditangkap polisi. Kapolsek Bilah Hulu AKP Ramses Panjaitan mengatakan peristiwa terjadi di rumah korban LM (38) di Desa Aek Nabara, Kecamatan Bilah Hulu, 29 Mei 2022 sekira pukul 09.00.

"Saat itu, pelaku datang ke rumah korban untuk mengobati orang tua perempuan korban yang sedang dalam keadaan sakit,” ujar Ramses dalam keterangan tertulisnya, Jumat (3/6/2022). 

Saat tengah melakukan ritual pengobatan, Ijah menyebut jika di rumah itu ada harta karun. Dia mengimingi bisa menarik harta karun itu ke luar. Pelaku lalu melakukan ritual untuk dapat mengambil harta karun itu.

Baca Juga: Korupsi Pengadaan CCTV, Kadishub Binjai Dituntut 5 Tahun Penjara

2. Korban percaya dan menyerahkan mahar yang diminta dukun palsu

Dukun Palsu Labuhanbatuatu, Tipu Warga Ngaku Temukan Harta Karunhead-fi.org

Saat ritual, dukun palsu itu  menyuruh korban agar memakau mukena. Lantas dia diajak ke dalam kamar. Pelaku kemudian memintanya duduk membelakangi. Saat itu, pelaku meletakkan sejumlah perhiasan yang sudah disiapkan ke dalam kain putih. 

Pelaku selanjutnya menaburi korban dengan bunga dan menepuk punggung korban. Pelaku lalu menyuruh korban membalikkan badan.

Kemudian pelaku menyuruh korban membuka kain putih yang menutupi tampah.

"Kemudian pelaku dan korban serta orang tua korban duduk di ruang tengah untuk membuka kain putih yang berisi benda berupa perhiasan emas yang berbentuk kalung , gelang, cincin, emas batangan, koin emas, uang logam. Lalu pelaku meminta mahar berupa uang sebesar Rp6.333.000,” ujar Ramses. 

3. Korban tertipu, ternyata emasnya palsu

Dukun Palsu Labuhanbatuatu, Tipu Warga Ngaku Temukan Harta Karunilustrasi harta karun (rd.com)

Di awal korban tidak curiga. Namun setelah diamati, mereka tertipu. emas itu rupanya palsu. 

Lantas, korban kemudian melapor ke polisi. Petugas kemudian melakukan penyelidikan. Ijah ditangkap di kediamannya di kawasan Kecamatan Bilah hulu. "Kini pelaku masih menjalani pemeriksaan di Polres Labuhanbatu," pungkasnya. 

Baca Juga: Pejuang Thrifting di Medan, Ada yang Sekedar Hobi Hingga Raup Cuan

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya