Comscore Tracker

Dinilai Hina SBY dan AHY, Prof Yusuf L Henuk Dilaporkan ke Polisi

Cuitan dosen USU ini bikin kader Demokrat berang

Medan, IDN Times – Partai Demokrat langsung merespon cuitan Guru Besar Universitas Sumatra Utara Yusuf Leonard Henuk  yang dianggap menghina Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono dan Susilo Bambang Yudhoyono dengan pelaporan polisi. Surat Tanda Terima Laporan Polisi dengan nomor : STTLP/75/I/2021/SUMUT/SPKT 'I'. STTLP ini pun, menjadi pesan beruntun di grup Whatsapp Jurnalis Kota Medan.

Ketua DPC Demokrat Kota Medan Burhanuddin Sitepu yang dikonfirmasi awak media pun membenarkan jika pihaknya sudah melaporkan Yusuf.

1. Demokrat Medan minta polisi periksa kejiwaan Yusuf

Dinilai Hina SBY dan AHY, Prof Yusuf L Henuk Dilaporkan ke PolisiANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Burhanuddin meminta, polisi terlebih dahulu memeriksa kejiwaan guru besar Fakultas Pertanian USU itu. Sebelum akhirnya melanjutkan ke tahap berikutnya.

"Pertama saya sampaikan, sebelum diperiksa. Ini masalah kejiwaan harus diperiksa dulu. Saya tidak mengajari juru periksanya. Tapi, perlu ditanyakan kejiwaannya dulu. Kalau misalnya, dia (Prof.Yusuf) kurang waras jangan diteruskan, saya bilang," ungkap Burhanuddin, Rabu (13/1/2021).

Jika pun nantinya proses hukum akan berlanjut, Demokrat sudah siap mengawal kasusnya. "Tapi, betul-betul waras kita mau melihat keabsahan seseorang profesornya itu. Karena, tidak mencerminkan guru besar. Yang di dalamnya seorang pendidikan. Jangan dicedarai, gara-gara satu profesor, rusak yang lain," tutur Burhanuddin.

Baca Juga: [BREAKING] Wali Kota Siantar Terpilih Asner Silalahi Meninggal Dunia

2. Demokrat merasa Prof Yunus sudah merendahkan AHY dan SBY

Dinilai Hina SBY dan AHY, Prof Yusuf L Henuk Dilaporkan ke PolisiCuitan Yusuf L Henuk di twitter. (Sumber: @ProfYLH)

Burhanuddin pun menganggap jika cuitan yang dibuat oleh Yusuf L Henuk sudah meresahkan. Apalagi, bagi Demokrat SBY sudah banyak berkontribusi kepada negara selama 10 tahun dia menjabat sebagai presiden.

‎"Mohon maaf lah, bagaimana figur pak SBY itu. Pemimpin negara 10 tahun itu. Yang sebelum dan sekarang. Kalau dia (Prof.Yunus) waras, ada unsur politisnya. Kalau gak (waras), sah-sah saja berkata seperti itu," jelas Burhanuddin‎.

3. Cuitan Yusuf sudah membuat marah kader Demokrat

Dinilai Hina SBY dan AHY, Prof Yusuf L Henuk Dilaporkan ke PolisiCuitan Yusuf L Henuk lainnya yang juga menyentil nama SBY. (Sumber: @ProfYLH)

Burhanuddin pun mengatakan jika apa yang dilakukan Yusuf sudah membuat para kader Demokrat berang.

"Saya suruh lah anggota menanggapi itu. Bagaimana soal pemberitaan ini. Menurut kawan-kawan suatu penghinaan ini. Itu pencemaran nama baik, meremahkan. Sudah unsurnya, tidak mengenakkan. Saya sampaikan kepada mereka, kalian mempunyai hak melaporkan tindak profesor ini terhadap bapak SBY," jelasnya.‎

Sesungguhnya, lanjut Burhanuddin, apa yang dilakukan Yusuf dinilai sangat tidak layak. Apalagi dia berasal dari USU yang diketahui menjadi sala satu kampus terbaik di Indonesia.

"Setelah kami telusuri profesor dari USU. Tepatnya, fakultas pertanian. Lebih lanjut, ditelusuri pindah dari NTT. Artinya, saya mendengar dan menyampaikan kawan-kawan kader partai. Sepakat lah dilaporkan ke Polda Sumut. Supaya, ditelusuri laporan ini," sebut Burhanuddin.

‎ Sebelumnya Yusuf beranggapan, apa yang dilakukannya adalah menjalankan tugas sebagai guru besar untuk memberikan pencerahan. Namun sayangnya, kebanyakan cuitan Yusuf memang menyasar SBY dan AHY.

Yusuf pun mengaku siap jika harus berhadapan dengan hukum jika polemik ini dilaporkan. “Silahkan dua mau bawa ke UU ITE, saya gak masalah. Pengadilan kan bukan berarti habis. kita masih ada banding kasasi. Saya bertahan pada posisi saya kalau saya pendidik. Saya punya sumber bacaan kuat,” ujar Yusuf.

Dia juga  balik menantang akan melaporkan balik orang-orang yang melontar komentar negatif saat membalas cuitannya.

“Divisi hukumnya bilang saya sakit jiwa. Lah emang saya sakit jiwa? Saya kan tidak sakit jiwa, saya masih sehat. Kalau dia mau bela AHY , kemarin dia bilang saya guru binatang,” ujar Yusuf.

Berikut cuitan Prof.Yusuf menyerang SBY dan AHY di akun twitternya: "Yth.@SBYudhoyono,tahu dirilah kau sudah mantan jadi jangan sok mengajari @jokowi soal pembangunan proyek strategis nasional,karena kau memang gagal&telah dijuluki:"Bapak Mangkrak Indonesia", jadi tak pantas kau ajari @jokowi "ikan berenang", karena pasti malu kalipun kau, paham!," cuitnya Prof. Yusuf.

Kemudian, kembali menyampaikan cuitan terhadap Ketua Umum Partai Demokrat, AHY : " YthKetua Umum @ PDemokrat, @AgusYudhoyono, @ProfYLH udah harus buktikan memang kau BODOH sekali, karena sepanjang sejarah jatuhnya pesawat di Indonesia tak pernah ada" GOVERNMENT ERROR "penyebabnya. Tapi" 7 FAKTOR "(http://indonesiabaik.id/infografis /7-faktor-penyebab-jatuhnya-pesawat).Maaf kau bodoh turunan, belajar lagi AHY!" Tulis Leonard. 

Baca Juga: Sebut AHY Bodoh dan Tantang SBY, Ini Alasan Guru Besar USU Yusuf Henuk

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya