Comscore Tracker

[BREAKING] WOW! ODP Corona di Sumut Mencapai 3.080 Orang

Naik drastis dari hari sebelumnya!

Medan, IDN Times – Data terkait COVID-19 atau corona di Sumatera Utara kembali melonjak. Utamanya pada Orang Dalam Pemantauan (ODP).

Per Kamis (26/3) pukul 17.00 WIB, jumlah ODP yang terdata sebanyak 3.080 orang. Naik 35,8 persen dari hari sebelumnya 1.976 orang.

“Tetap melaksanakan social distancing yang saat ini sudah diterjemahkan menjadi physical distancing.Masyarakat harus paham betul penyakit ini. Jadi tidak perlu ada kepanikan-kepanikan. Bila dirinya tidak enak badan dengan gejala-gejala yang mirip dengan influenza, maka kita berharap mereka segera mengakses fasilitas layanan kesehatan untuk berkonsultasi,” ungkap Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumatera Utara (Sumut) Aris Yudhariansyah, Kamis (26/3).

Hingga saat ini juga, ada 9 kasus positif COVID-19 di Sumatera Utara. Satu di antaranya adalah dokter paru-paru yang meninggal pada Selasa (17/3) lalu.

Sementara itu, ada dua orang lainnya yang meninggal dunia dalam status Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Namun gugus tugas tidak mengumumkannya.

“Kami masih menunggu informasi hasil laboratoriumnya,” ujar Aris saat dikonfirmasi lewat pesan singkat.

Peningkatan angka juga terjadi pada jumlah PDP. Saat ini ada 71 PDP yang tengah dirawat di sejumlah rumah sakit. Pada hari sebelumnya jumlah PDP hanya 55 orang atau naik 22,5 persen.

Selain itu ada 6 pasien yang dinyatakan negatif COVID-19 dan masih di rawat di rumah sakit. Kemudian ada 3 pasien negatif yang sudah pulang. Data orang yang negatif di rawat dan sudah pulang tidak mengalami perubahan dari sebelumnya.

Hingga kini pihaknya juga masih mempertimbangkan untuk mengungkap identitas ODP. Lantaran, jika dibuka, masyarakat bisa juga melakukan peantauan terhadap ODP yang masih membandel tidak melakukan isolasi mandiri.

“Kami masih berkonsultasi dengan pihak hukum, bagaimana kita secara aman untuk membuka ODP dengan tujuan yang baik. Tujuannya supaya ODP mengkarantina diri secara sukarela,” pungkasnya.

Untuk di Sumatera Utara, masyarakat bisa mengakses beberapa call centre untuk berkonsultasi terkait COVID-19. Antara lain di  0852 -6131 7122 dan Call Centre : 0821 6490 2482 serta call center di setiap kabupaten kota.

Baca Juga: ODP Corona di Sumut Nyaris Tembus 2 Ribu, #DiRumahAja Ya!

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya