[BREAKING] Kericuhan Lapas Langkat Diduga Dipicu Napi yang Dianiaya

Narasumber sebut ada Napi yang dihajar sampai keluar kotoran

Langkat, IDN Times – Pertanyaan soal penyebab kerusuhan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkoba, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara mulai terungkap. Kerusuhan pada Kamis (16/5) siang disebabkan pemberontakan Narapidana yang geram.

Mereka diduga berang karena ada rekan mereka yang dianiaya oleh Petugas Lapas (Sipir). Seorang Napi yang bisa  dihubungi membeberkan kronologis dugan penganiayaan terhadap Napi tersebut.

Kejadian penganiayan itu berlangsung sekira pukul 12.00 WIB. Seorang napi yang biasa dipanggil Ajo, dianiaya dengan  brutal oleh petugas Lapas berinisial A.

“Dipukuli mereka itu Napi. Sampai keluar kotorannya. Makanya ngamuk, sampai rusuh kayak gini jadinya,” ujar Napi berinisial G.

Alasan petugas menghajar salah seorang Napi, lantaran diduga menggunakan narkoba di Lapas. Sayangnya kenapa petugas harus menganiaya untuk mendapatkan pengakuan.

Napi tersebut juga dianiaya dihadapan Napi lainnya. Dia mendapat tendangan, cekikan dan bogem dari oetugas lapas. Tak pelak, kata G, Napi tersebut babak belur.

“Di depan Blok T5 dia dipukuli diinjak-injak. Semua Napi ngamuk, karena mereka sudah kelewatan. Mereka main pukul, tunjang. Ditangkapi semua hape sama dia. Petugas Lapas ini arogan,” ujar Napi yang sudah tinggal di Lapas selama dua tahun itu.

Hingga saat ini kata G, kondisi Lapas hancur. Tak ada barang yang selamat. Beberapa orang pegawai Lapas juga sempat tertahan di salah satu ruangan. Namun para  Napi menyelamatkan mereka hingga keluar dari Lapas .

Kabarnya, sekira 200 orang Napi kabur dari Lapas. Polisi juga sudah melakukan razia di seputar Kabupaten Langkat. Personel TNI dari Batalyon Raider 100 juga sudah bergerak ke lokasi.

Baca Juga: Napi Lapas Langkat Berontak, Motor Dibakar, Mobil Ambulans Terguling 

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya