Comscore Tracker

Bawa 8 Kg Sabu di Mess Tanjung Balai, 2 Kurir Dihukum 18 Tahun Penjara

Keduanya ditangkap pada September 2020 lalu

Medan, IDN Times – Pengadilan Negeri Medan mengganjar dua kurir yang kedapatan menyimpan delapan kilogram sabu-sabu di dalam Mess Pemko Tanjung Balai, Jalan Karya Jaya, Kecamatan Medan Johor 26 September 2020 lalu.

Dua terdakwa Jimmy Sitorus Pane alias Jimmy (51) dan Chairuddin Panjaitan Alias Rudi (31) diganjar hukuman 18 tahun penjara. Hakim menyatakan keduanya bersalah telah melanggar  Pasal 114 Ayat 1 Undang Undang Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika.

Putusan ini dibacakan oleh majelis hakim yang diketuai Tarmizi dalam persidangan yang digelar di Cakra III pengadilan Negeri Medan, Rabu (7/4/2021) sore.

"Menjatuhkan pidana penjara terhadap terdakwa selama 18 tahun. Menghukum terdakwa membayar denda sebesar Rp 1 miliar subsider 4 bulan kurungan," sebut Tarmizi dalam sidang yang digelar secara virtual itu.

1. Terdakwa mendapat keringanan karena mengakui perbuatannya

Bawa 8 Kg Sabu di Mess Tanjung Balai, 2 Kurir Dihukum 18 Tahun PenjaraIlustrasi Pengguna Narkoba (IDN Times/Mardya Shakti)

Dalam amar putusannya, majelis hakim mengungkap sejumlah pertimbangan. Hal yang memberatkan kedua terdakwa adalah karena dianggap tidak mendukung program pemerintah dalam memberantas peredaran Narkotika.

Sementara itu, hal yang meringankan keduanya adalah , mereka mengakui perbuatannya dan berjanji tidak akan mengulangi kembali.

Putusan majelis hakim sama dengan tuntutan jaksa Chandra Naibaho. Yang membedakannya hanya pada subsider denda. Sebelumnya JPU menuntut 6 bulan kurungan. Dengan putusan tersebut, Jaksa Penuntut Umum dan kedua terdakwa menyatakan pikir-pikir.

Baca Juga: Bawa 2 Kg Sabu, Warga Sumsel Tertangkap di Bandara Kualanamu

2. Bermula dari perintah dari orang yang tidak dikenal untuk mengantar paket sabu-sabu

Bawa 8 Kg Sabu di Mess Tanjung Balai, 2 Kurir Dihukum 18 Tahun PenjaraIlustrasi Narkoba (IDN Times/Sukma Shakti)

Kedua terdakwa diadili bermula dari perkara pada 25 September 2020 lalu. Terdakwa Jimmy disuruh oleh seorang laki-laki yang tidak dikenal untuk mengambil dua kaleng roti besar. Di dalamnya sudah terdapat 10 bungkus sabu-sabu dalam kemasan teh bertulisan Mandarin yang telah diletakkan di Jalan Mesjid Tanjungbalai.

Kemudian Jimmy dan Chairuddin membawa dua kaleng berisi sabu-sabu itu ke Kota Medan. Keduanya kemudian menginap di mess Tanjungbalai, Jalan Karya Jaya, Medan Johor. Kaleng sabu-sabu itu disimpan di dalam lemari.

3. Ditangkap saat mengantarkan sabu-sabu

Bawa 8 Kg Sabu di Mess Tanjung Balai, 2 Kurir Dihukum 18 Tahun PenjaraIDN Times/Sukma Shakti

Sekira pukul 19.00 WIB, mereka kemudian mengantarkan 2 Kg sabu-sabu kepada seseorang bernama Ijal yang kini masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) di Jalan Sisingamangaraja Medan.

Selanjutnya mereka juga kembali mengantarkan 3 Kg sabu di Jalan SM Raja sekitar pukul 20.00 WIB. Saat meletakkan bungkusan sabu di atas aspal  , polisi menangkapnya. Polisi kemudian menemukan 2 kaleng roti besar yang di dalamnya terdapat 5 bungkus plastik teh cina berisikan narkotika jenis sabu seberat 5 kg di penginapan Mess Pemko Tanjung Balai.

Baca Juga: Razia Lapas Pemuda di Langkat, Banyak Benda Terlarang Ditemukan

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya