Comscore Tracker

PLN dan Immut Gerebek Kampung Nelayan, Begini Hasilnya

Berharap masyarakat semakin peduli terhadap lingkungan

Medan, IDN Times - PT PLN Persero menggelar Gerakan Bersih Kampung (Gerebek) di Kampung Nelayan, Kelurahan Nelayan Indah, Kecamatan Medan Labuhan, Senin (24/7).

Kegiatan ini, digagas  PT PLN UP3 Medan Utara bersama Ikatan Muda Mudi Medan Utara (Immut). Karena melihat sungai di sekitar kawasan Kampung Nelayan ini mengalami pendangkalan akibat sedimentasi sampah yang dibawa aliran sungai.

Kondisi ini pun membuat air di kawasan hilir itu tercemar dan membuat kehidupan masyarakat di sekitar aliran sungai, terancam dengan berbagai penyakit.

1. Kegiatan sengaja dilakukan di Kampung Nelayan karena melihat semakin banyak sampah yang menyebabkan sungai semakin dangkal

PLN dan Immut Gerebek Kampung Nelayan, Begini HasilnyaIDN Times/Masdalena Napitupulu

Riza Azhari, Manajer PLN UP3 Medan Utara mengatakan kegiatan tersebut sengaja dilakukan di Kampung Nelayan. 

"Jadi kami melihat disini daerah aliran sungai. Semakin banyak sampah yang menyebabkan sungai semakin dangkal," katanya.

Baca Juga: Putri Handayani, Perempuan Pendaki Gunung Tertinggi Dunia Asal Sumut

2. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini bisa memicu kepedulian menciptakan lingkungan yang sehat

PLN dan Immut Gerebek Kampung Nelayan, Begini HasilnyaIDN Times/Masdalena Napitupulu

Lanjutnya, PLN selaku salah satu perusahaan berstatus BUMN memiliki kepentingan untuk ikut berpartisipasi terhadap kebersihan di tengah masyarakat.

"Hal ini karena kebersihan merupakan salah satu program yang sejalan program pemerintah untuk menciptakan masyarakat yang sehat," ujar Riza.

Ia berharap, dengan adanya kegiatan ini bisa memicu kepedulian menciptakan lingkungan yang sehat. "Agar tidak muncul berbagai penyakit ditengah masyarakat," ujar Riza.

3. Yudha: Bantuan peralatan kebersihan merupakan hal yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat

PLN dan Immut Gerebek Kampung Nelayan, Begini HasilnyaIDN Times/Masdalena Napitupulu

Yudha Lesmana selaku Ketua Ikatan Muda-Mudi Medan Utara (IMMUT), mengatakan pihaknya sangat berterima kasih atas kepedulian dari pihak PLN terhadap kebersihan di kampung tersebut.

Menurut Yudha, bantuan-bantuan pembangunan bak sampah dan bantuan peralatan kebersihan merupakan hal yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat untuk mendukung program Gerebek di Kampung Nelayan Indah tersebut.

Ia juga berharap, agar kerjasama-kerjasama seperti ini dapat terus kita jalin agar kualitas kesehatan masyarakat semakin meningkat.

Baca Juga: Tips Daki Gunung ala Putri Handayani, Pendaki 4 Gunung Tertinggi Dunia

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya