Comscore Tracker

Bioskop Belum Dibuka, Insan Film di Medan Resah

Medan satu-satunya kota besar yang bioskopnya belum buka

Medan, IDN Times- Sejumlah kota-kota besar di Indonesia sudah kembali membuka bioskop dengan menerapaan protokol kesehatan. Namun, berbeda dengan Kota Medan. Hingga kini, belum ada tanda-tanda bioskop akan kembali beroperasi.

Marcomm Manager Sun Plaza Yokie saat dikonfirmasi, menyampaikan hingga saat ini pembukaan bioskop masih dilarang.

"Belum diiizinkan beroperasional. Sesuai dengan surat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang diberikan, sejauh ini dari Pemda belum ada keputusan untuk pembukaan," kata Yokie, Selasa (1/6/2021).

1. Daniel menyayangkan sikap pemerintah daerah yang tidak memberi izin untuk pembukaan bioskop di Kota Medan

Bioskop Belum Dibuka, Insan Film di Medan ResahIlustrasi. Bioskop di Jakarta mulai dibuka pada Rabu (21/10/2929) (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Kritikus Film, dr Daniel yang juga merupakan stakeholder film nasional, menyayangkan sikap pemerintah daerah yang tidak memberi izin untuk pembukaan bioskop di Kota Medan. Ia menilai, pemerintah daerah tidak memperhatikan insan perfilman di masa pandemik COVID-19 ini. 

"Sebenarnya di bulan November 2020 sudah pernah ada rapat yang diberitakan soal pembukaan bioskop, tapi kemudian tidak diberikan izin oleh pemerintah daerah. Ini ya buruk sekali," kata Daniel kepada IDN Times, Selasa (1/6).

Menurutnya, perkembangan industri ekonomi kreatif cukup banyak menyumbang pendapatan daerah, nasional dan juga dari sisi budaya. Namun, insan perfilman Kota Medan yang sejak lama memang seperti tidak dipandang oleh pemerintah daerah.

Baca Juga: Kota Lain Sudah, GPBSI Heran Bioskop di Medan Kok Belum Dibuka

2. Daniel juga mengaku heran dengan dibukanya hiburan malam, restoran dan pusat keramaian lainnya

Bioskop Belum Dibuka, Insan Film di Medan ResahIlustrasi Suasana Restoran (IDN Times/Besse Fadhilah)

Daniel juga mengaku heran dengan dibukanya hiburan malam serta restoran dan pusat keramaian lainnya. "Padahal dari segi keamanan para stakeholder perfilman nasional juga didukung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang sudah berkampanye soal protokol kesehatan dan keamanan bioskop ini, yang notabene juga lebih baik daripada hiburan malam atau bahkan restoran dan pusat keramaian lainnya," katanya. 

"Ini sebenarnya yang paling kita pertanyakan, hanya saja memang tidak pernah ada kesempatan untuk menyampaikan langsung pada pemerintah daerah," ucap pria yang juga anggota Dewan Kesenian Medan komite film atau sinematografi itu.

3. Berharap kepada pemerintah daerah agar memberikan izin untuk pembukaan bioskop dengan menerapkan protokol kesehatan

Bioskop Belum Dibuka, Insan Film di Medan ResahBioskop di Jakarta mulai dibuka pada Rabu (21/10/2929) (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Daniel berharap kepada pemerintah daerah agar memberikan izin untuk pembukaan bioskop dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat di Kota Medan.  

"Berharap bioskop di Medan bisa segera dibuka kembali. Agar pemerintah daerah mau lebih membuka mata terhadap perkembangan kesenian di Medan termasuk pembukaan bioskop. Perlu dicatat, bahwa hanya Medan satu-satunya kota besar di Indonesia yang bioskopnya sama sekali belum dibuka," ucapnya.

Baca Juga: 10 Bioskop Paling Angker di Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya