Comscore Tracker

Lapangan Merdeka Ditutup, Wakil Wali Kota Akan Panggil Kadis Terkait

Aulia mengaku tak mengetahui soal penutupan Lapangan Merdeka

Medan, IDN Times - Wakil Wali Kota Medan, H. Aulia Rachman yang baru dilantik terpantau sedang menikmati akhir pekan paginya berolahraga bersama sang istri Shaula Ardianti di sekitaran Lapangan Merdeka Medan, pada Minggu (28/2/2021).

Saat dilokasi, Lapangan Merdeka yang biasa menjadi tempat titik kumpul untuk olahraga di akhir pekan, ini ditutup sementara dengan mengatasnamakan Pemerintah Kota Medan sejak tanggal 23 Februari sampai dengan batas yang belum ditentukan.

Namun, saat ditanya, pendamping Bobby ini mengaku tak mengetahui tentang ditutupnya Lapangan Merdeka Medan.

"Tadi pagi baru kita tahu ini ditutup, pas ketepatan ada Camat, Sekcam, Lurah juga di sini kita tanyakkan kenapa Lapangan Merdeka ditutup. Ternyata ada laporan dari masyarakat kepada pihak yang berwajib dengan adanya senam, yang katanya senam tersebut tidak mengikuti protokol kesehatan. Jadi, kita minta nanti Camat tolong negosiasi ulang dengan pihak keamanan yang terkait," ucapnya pada IDN Times, Minggu (28/2/2021).

1. Aulia khawatir kerumunan di luar lapangan merdeka jadi rawan kecelakaan

Lapangan Merdeka Ditutup, Wakil Wali Kota Akan Panggil Kadis TerkaitWakil Wali Kota Medan, Aulia Rachman saat sedang berolahraga di luar Lapangan Merdeka bersama sang Istri Shaula Ardianti(Dok. Istimewa)

Dari pantauan IDN Times, suasana yang terlihat, para warga di lokasi ramai berkumpul di jalanan sekitar Lapangan Merdeka yakni pengguna sepeda motor, mobil, bermain sepeda, bahkan ada yang membawa anak-anak berjalan kaki untuk berolahraga keliling luar Lapangan Merdeka.

Aulia khawatir dengan ditutupnya Lapangan Merdeka, maka warga kota Medan yang ramai di sekitaran lokasi menjadi rawan kecelakaan.

"Karena tadi saya lihat langsung dijalan, orang berolahraga dijalan ramai. Kita takutkan ada kendaraan ugal-ugalan bisa menyebab terjadi kecelakaan hingga memakan korban," tutur Aulia.

Baca Juga: Pimpin Medan! 7 Potret Kekompakan Bobby Nasution dan Aulia Rahman

2. Spanduk mengatasnamakan Pemerintah Kota Medan, tanpa sepengetahuan Wali Kota dan Wakil Wali Kota

Lapangan Merdeka Ditutup, Wakil Wali Kota Akan Panggil Kadis TerkaitSpanduk kecil terpampang disetiap pintu masuk Lapangan Merdeka (IDN Times/ Indah Permata Sari)

Spanduk yang terpampang disetiap sisi pintu masuk Lapangan Merdeka Medan bertuliskan larangan mengatasnamakan Pemko Medan. Namun, Aulia mengaku bahwa ia dan Bobby tak mengetahui Lapangan Merdeka ditutup sementara.

Dari hal tersebut, Aulia mengatakan "Takut ada bahasa pelintiran yang dibuat 'Wah ini Wali Kota baru dilantik udah menutup lapangan merdeka'. Nah, ini yang kita takutkan. Kita sendri sebagai Kepala Daerah tidak tahu menahu hal ini. Kita lihat dispanduknya Pemko Medan. Berarti Pemko Medan ini kebijakan dari kita, sementara kita sebagai Kepala Daerah tidak tahu ini ditutup," jelasnya.

Masih dalam penjelasannya, penutupan sementara ini seharusnya ada laporan kepada Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan.

"Harusnya mereka report ke kita. Jangan ada hal-hal ini di luar sepengetahuan kita hingga bola panas itu kenak ke kita," ungkapnya.

3. Dinas terkait akan dipanggil untuk klarifikasi penutupan sementara Lapangan Merdeka Medan

Lapangan Merdeka Ditutup, Wakil Wali Kota Akan Panggil Kadis TerkaitWakil Wali Kota Medan, Aulia Rachman (Dok. Istimewa)

Aulia juga mengatakan, besok akan memanggil Dinas terkait dalam hal penutupan sementara Lapangan Merdeka Medan untuk dapat mengklarifikasi hal tersebut.

"Jadi, besok kita mau panggil dan mau cek kenapa hal ini terjadi kalau memang kita bisa sampaikan ke aparat, sudahlah kasihkan orang senam didalam tapi ikuti protokol kesehatan. Supaya masyarakat juga tidak berpikir yang negatif. Ini yang pengen kita sampaikan kepada Dinas yang menutup ini," tutur Aulia.

Nantinya, akan ada negosiasi ulang pada pihak aparat keamanan untuk aturan pemerintah diperpanjang protokol kesehatan masa pandemik COVID-19.

"Kita coba akan tanyakkan supaya negosiasi ulang pada pihak aparat keamanan karena memang kita serba salah aturan pemerintah di perpanjang protokol masa pandemik COVID-19. Satu sisi olahraga dibutuhkan untuk meningkatkan imunutas, seandainya masyarakat nanyak ini kenapa ditutup sementara tempat hiburan boleh dibuka dari jam segini sampai jam segini. Ini tutup total hanya ditutup hari minggu. Kita mau jawab apa ? Ini dinegosiasikan ulang supaya orang bisa berolahraga didalam dengan baik. Kasihan ini orang olahraga dipinggir jalan gini," jelas pendamping Bobby ini.

4. Aulia berharap warga Medan bekerja sama patuhi prokes

Lapangan Merdeka Ditutup, Wakil Wali Kota Akan Panggil Kadis TerkaitWakil Wali Kota Medan, Aulia Rachman (Dok. Istimewa)

Aulia berharap, warga kota Medan juga dapat bekerjasama untuk mematuhi aturan protokol kesehatan saat masa pandemik COVID-19.

"Kalau pun senam mau dilaksanakan, silahkan. Tapi ikuti protokol kesehatan berjarak depan 2 meter, belakang 2 meter jaraknya kiri 2 meter kanan 2 meter. Nah, ini kan sudah memenuhi protokol kesehatan," jelasnya.

Baca Juga: Jadi Ibu PKK Medan, 9 Pesona Kahiyang Ayu Berpakaian Tradisional

Topic:

  • Indah Permatasari
  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya